Sabtu, 18 Oktober 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

Jeep Tanggapi Desain yang Ditiru Merek Mobil China

Jeep Indonesia menganggap desainnya yang banyak ditiru merek China sebagai bentuk pujian dan tetap percaya diri dengan pasar dan ikoniknya.

Jeep Tanggapi Desain yang Ditiru Merek Mobil China Jeep menanggapi tren desain yang banyak ditiru oleh mobil China, tetap percaya diri dengan ciri khas dan pasar setianya.

INFOBRAND.ID, Jakarta - Merek otomotif China kini semakin meluas di pasar Indonesia, dengan beberapa produsen menawarkan mobil dengan desain yang mirip dengan Jeep, merek legendaris asal Amerika Serikat. Selain itu, harga yang ditawarkan juga jauh lebih terjangkau. Lantas, bagaimana tanggapan Jeep terhadap fenomena ini?

IKLAN INFOBRAND.ID

IBOS EXPO 2025

Menurut Ario Soerjo, Chief Operating Officer (COO) Jeep Indonesia, kondisi tersebut justru dianggap sebagai bentuk penghargaan. Ia menegaskan bahwa melihat desain Jeep banyak ditiru oleh merek lain adalah sesuatu yang positif, karena itu menunjukkan kekuatan dan daya tarik merek Jeep yang sulit dipandang sebelah mata.

“Kita selalu beranggapan kalau kita ditiru itu merupakan salah satu pujian tertinggi. Jadi kita tidak menganggap orang yang bikin barang mirip kita sebuah ancaman atau sebuah kompetisi. Karena balik lagi, there is only one Jeep,” ujar Ario.

Jeep: Ikonik dan Memiliki Pasar Sendiri

Ario menjelaskan bahwa Jeep merupakan merek yang sangat ikonik, dengan desain yang sudah dikenal luas. Hal ini membuat banyak pihak ingin meniru atau memproduksi kendaraan dengan tampilan serupa. Namun, ia menegaskan bahwa meskipun ada merek lain yang mencoba untuk menghadirkan produk dengan desain yang mirip, Jeep tetap memiliki keunikan yang tak tergantikan.

IKLAN INFOBRAND.ID

TOP INNOVATION CHOICE AWARD 2025

“Jadi Jeep itu hanya ada Jeep, yang lain mungkin mirip, mungkin meniru. Itu adalah salah satu sanjungan buat kita. Bahwa sampai ditiru atau sampai dibuat karena mereka ingin menjadi seperti kita,” tambahnya.

Sebagai merek yang sudah memiliki penggemar setia, Jeep juga dikenal dengan desainnya yang ikonik. Menurut Ario, hampir setiap orang, terutama pria, pernah memimpikan memiliki mobil Jeep, bahkan sejak kecil. Desain Jeep yang macho dan menarik perhatian ini menjadi simbol yang diidamkan banyak orang.

“Hampir semua orang laki-laki, ada satu waktu dari kecil sampai besar pasti ingin punya Jeep. Bukan merek lain. Karena sangat macho dan ikonik banget. Bahkan anak kecil sudah taruh posternya di kamar mereka,” ungkap Ario.

IKLAN INFOBRAND.ID

JASA PRESS RELEASE

Pasar Jeep yang Tidak Terganggu oleh Kompetisi

Meski ada beberapa brand lain yang berusaha menghadirkan desain mirip Jeep, Ario memastikan bahwa hal tersebut tidak memengaruhi pasar Jeep Indonesia. Menurutnya, ceruk pasar Jeep sangat spesifik, dan konsumen yang memilih Jeep adalah mereka yang memang sudah terkesan dengan merek ini, bukan sekadar mencari kendaraan dengan desain serupa.

"Ceruk pasar kita juga beda. Artinya yang mau beli Jeep itu benar-benar dia mau beli Jeep, bukan ingin punya kendaraan yang kayak Jeep. Jeep is Jeep,” tutup Ario.

Dengan demikian, meskipun desain Jeep banyak ditiru oleh beberapa produsen mobil, Ario menegaskan bahwa hal ini tidak mengurangi kekuatan merek Jeep yang sudah memiliki penggemar dan pasar setianya sendiri. Jeep tetap menjadi pilihan utama bagi mereka yang mencari kendaraan dengan desain ikonik, khas, dan memiliki nilai lebih.


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV