Sabtu, 18 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Wow, Transaksi Agen BRILink Tembus Rp1.400 Triliun dalam Satu Tahun

Posted by: 851 viewer

Wow, Transaksi Agen BRILink Tembus Rp1.400 Triliun dalam Satu Tahun
Gedung BRI/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Sunarso mengklaim nilai transaksi nasabah melalui Agen BRILink di seluruh Indonesia mencapai lebih dari Rp1.400 triliun dalam satu tahun.

Menurut dia, transaksi digital memang memiliki kecenderungan naik, namun transaksi melalui agen BRILink dalam setahun lebih dari Rp1.400 triliun. 

"Itu fakta dan realitas," kata dia dalam webinar "Tren Perbankan di Tahun 2023" di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

IKLAN INFOBRAND.ID

Oleh karena itu, lanjut dia, BRI akan terus menerapkan konsep hybrid banking dalam proses bisnisnya, sebagaimana tampak dari kegiatan operasional BRILink yang hadir secara konvensional, tapi proses bisnisnya berjalan secara digital.

Saat ini BRI memiliki lebih dari 590 ribu agen BRILink di seluruh Indonesia.

"BRI tidak bisa mendigitalisasi layanan perbankan secara keseluruhan karena beberapa nasabah yang berusia tua cenderung tidak bisa mengakses layanan secara digital," ujarnya.

Dengan hybrid bank, BRI mendigitalisasi layanan inti terutama untuk nasabah di kota yang berusia muda, sehingga BRI tidak tertinggal tren penggunaan layanan perbankan digital, tapi BRI juga mempertahankan layanan perbankan konvensional.

Agen BRILink yang mampu hadir di kehidupan sehari-hari nasabah di pedesaan pun dipilih oleh nasabah BRI, terutama nasabah pemilik usaha ultra mikro dan mikro di pedesaan, yang dibidik menjadi sumber pertumbuhan baru BRI setelah terciptanya holding Ultra Mikro (UMi).

IKLAN INFOBRAND.ID

Layanan perbankan secara hibrid diterapkan BRI setelah mengadakan survei yang menunjukkan bahwa sebagian besar nasabah BRI sudah familiar dengan platform digital, meskipun penetrasi ponsel kecil, literasi keuangan masih rendah, dan pengetahuan terhadap produk keuangan di luar produk tabungan perbankan juga minim.

"Mereka juga sebetulnya terbuka pada produk keuangan di luar produk perbankan. Misalnya produk asuransi, mereka sudah bisa masuk ke nasabah BRI di pedesaan," jelasnya.

Pembayaran secara tunai dengan uang kertas atau logam juga masih dominan menjadi pilihan nasabah.

"Kemudian nasabah BRI juga masih membutuhkan institusi yang melekat di masyarakat setempat, karena mayoritas pelaku usaha mikro dan mikro di desa mereka tidak punya aliran uang yang stabil sehingga kadang nasabah lebih memilih mendapatkan layanan dari agen," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...