Jum'at, 17 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Viral di Ranah Digital jadi Strategi Jitu jadi Brand Pilihan Konsumen

Posted by: 2152 viewer

Viral di Ranah Digital jadi Strategi Jitu jadi Brand Pilihan Konsumen
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia memberikan sambutan dalam kegiatan Top Digital PR Award dan Brand Choice Award 2021.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan. Tak terkecuali dalam bisnis dan perusahaan, seiring perkembangan teknologi digital, perusahaan dan praktisi brand dituntut untuk adaptif, aktif di ranah digital dan memanfaatkan berbagai platform digital dalam menjalankan bisnisnya. Tujuannya tentu saja untuk efektifitas proses, jika tidak mengikuti perkembangan tersebut, perusahaan akan tertinggal.

Demikian, diungkapkan oleh Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, saat membuka kegiatan Top Digital PR Award 2021 dan Brand Choice Award 2021 yang digelar, Kamis 30/9/2021), jika melihat perkembangan pertumbuhan internet di Indonesia, menurut data We Are Sosical, hingga Januari 2021, jumlah pengguna internet mencapai 202,6 juta dari 274,9 jumlah penduduk Indonesia. Bisa dikatakan 73,7% penduduk Indonesia saat ini telah terhubung ke internet. Hal itu harus menjadi pertimbangan utama bagaimana perusahaan mulai melakukan aktivitas Public Relation atau membangun reputasi di ranah internet.

Tidak hanya itu, masih dari We Are Social, untuk aktivitas e-commerce, setiap bulan pengguna internet usia 16-64 tahun, sebanyak 93% mencari produk di internet untuk dibeli, dan 87,3% mengunjungi marketplace atau e-commerce untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Dan tercatat, sepanjang tahun 2020, terdapat 138,1 juta transaksi di e-commerce dengan nilai transaksi mencapai 30,31 miliar USD.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sementara dari riset yang pernah dilakukan oleh TRAS N CO Indonesia, mengcapture ada sebanyak 126 juta lebih transaksi penjualan yang terjadi melalui Official Store dari brand-brand di dua marketplace teratas. Dimana survei tersebut kami lakukan terhadap 4.425 official store yang terdaftar secara resmi di Marketplace dengan rata-rata rating yang didapatkan oleh official store diangka 4,77 dari 5.

Karena itu, membangun branding di ranah digital kini semakin penting. Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan, dan yang paling efektif di era digital ini adalah mem-viralkan brand atau bisnis di ranah digital. Barang kali kita ingat salah satu brand yang pernah viral, salah satu restoran cepat saji yang menggandeng K-Pop hingga membuat menunya viral dan diserbu oleh konsumen. Cara-cara seperti itu sangat efektif untuk mendongkrak brand awareness sehingga produk cepat dikenal dan menjadi pilihan konsumen.

Untuk mengetahui perusahaan-perusahaan yang berhasil membangun reputasi di internet, dan brand pilihan konsumen di ranah digital, TRAS N CO Indonesia melakukan riset dan penelitian Digital PR Index dan Brand Choice Index. Riset Digital PR Index, yang dilakukan pada bulan Juni-Agustus 2021, dengan metode Desk Reserch terhadap 747 perusahaan Emiten dan 557 perusahaan Non Emiten dari berbagai industri, dengan tiga parameter penilaian, yaitu; Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect, dan Digital Awareness Aspect.

Sementara Riset Brand Choice Index, dilakukan pada bulan Juni – Agustus 2021, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand ter-riset, dengan pendekatan metodologi desk research dengan mengacu pada tiga aspek penilaian digital, yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect, Digital Consumer Reviews & Rating Aspect.

Dari riset tersebut, selanjutnya kami menentukan pemenang yang berhak mendapatkan penghargaan Top Digital PR Award 2021 dan Brand Choice Award 2021. Melalui penghargaan ini, diharapkan tolok ukur bagaimana sebuah perusahaan memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat. Dan barometer brand-brand pilihan konsumen di ranah digital.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Selamat kami ucapkan kepada Bapak dan Ibu yang telah terpilih untuk mendapatkan penghargaan “TOP DIGITAL PR AWARD 2021 & BRAND CHOICE AWARD 2021”. Terus aktif dan kreatif di ranah digital, untuk menjadi perusahaan dan brand terbaik dan menjadi pilihan konsumen Indonesia,” tutup Tri Raharjo.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Lalu, DBS Indonesia Gelontorkan Pendanaan Transisi Hijau Rp6,1 Triliun

Tahun Lalu, DBS Indonesia Gelontorkan Pendanaan Transisi Hijau Rp6,1 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank DBS Indonesia menyalurkan dana sebesar Rp6,1 triliun di tahun 2023 untuk berbagai proyek hijau dan berkelanjutan kepad...


Segera Mengaspal, BAIC X55-II Siap Tantang Omoda 5 di Tanah Air

Segera Mengaspal, BAIC X55-II Siap Tantang Omoda 5 di Tanah Air
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Persaingan kendaraan asal China semakin kompetitif di pasar otomotif Indonesia, berkat hadirnya brand baru dari Beijing Automo...


Suka Memotret Makanan? Samsung Luncurkan Galaxy A35 5G Buat Kamu

Suka Memotret Makanan? Samsung Luncurkan Galaxy A35 5G Buat Kamu
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Samsung Electronics Indonesia meluncurkan Galaxy A35 5G dengan keunggulan fitur Food Mode untuk mendukung gaya hidup masyaraka...


Catat, Ini Jadwal Peluncuran Ponsel Gaming Infinix GT 20 Pro 5G

Catat, Ini Jadwal Peluncuran Ponsel Gaming Infinix GT 20 Pro 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel cerdas Infinix, mengumumkan akan segera meluncurkan lini ponsel pintar "gaming" terbarunya, yaitu Infin...