Kamis, 02 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tren Daur Ulang Semakin Marak, Pengguna Aplikasi Plasticpay Meningkat Hingga 7x Lipat

Posted by: 2069 viewer

Tren Daur Ulang Semakin Marak, Pengguna Aplikasi Plasticpay Meningkat Hingga 7x Lipat
Produk Upcycle Plasticpay

JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Plasticpay Teknologi Daurulang yang merupakan sebuah perusahaan platform perubahan perilaku sosial berbasis digital sekaligus sebagai entitas usaha dari PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV), terus menggencarkan kolaborasi aksi dengan berbagai pihak baik tingkat pemerintahan maupun swasta untuk mengumpulkan sampah botol plastik secara digital menggunakan aplikasi. Alhasil selama tahun 2021, pengguna aplikasi Plasticpay sudah mencapai lebih dari 16.400 user, atau meningkat hampir 7 kali lipat dibandingkan tahun 2020 yang hanya lebih dari 2.300 user.

Suhendra Setiadi, selaku CEO Plasticpay mengatakan, “Dengan semakin banyak pihak yang ikut menggaungkan aksi pengolahan sampah plastik bersama Plasticpay, sehingga lokasi collection point atau dropbox Plasticpay semakin menyebar. Sehingga hal ini turut meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap sampah plastik, yang juga terlihat dari adanya peningkatan pengguna aplikasi Plasticpay yang cukup tinggi dalam satu tahun terakhir.”

Hingga   Februari   2022,   Plasticpay   telah memasang sekitar 260 dropbox sampah botol plastik serta 8 unit Reverse Vending Machine (RVM) yang tersebar di sejumlah wilayah di Jabodetabek. Dari jumlah tersebut, Plasticpay berhasil mengumpulkan lebih dari 27 ton sampah botol plastik untuk di daur ulang oleh entitas induk yaitu PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV). Ke depan, Plasticpay akan terus meningkatkan jumlah dropbox serta memperluas jaringan distribusi memasuki kota-kota lain di Indonesia. Dimana untuk tahun 2022, Plasticpay menargetkan dapat menambah 800 dropbox dan 40 RVM, serta akan memasuki kota lain untuk menjangkau lebih banyak masyarakat yang mengelola sampah secara digital.

IKLAN INFOBRAND.ID

Lebih lanjut Suhendra menjelaskan bahwa dalam rangka meningkatkan recycle rate di Indonesia, Plasticpay juga telah memperluas jenis sampah botol plastik yang dapat ditukarkan melalui dropbox plasticpay. Saat ini, dropbox Plasticpay telah memfasilitasi penukaran sampah plastik jenis Polypropylene (PP), Polyethylene Terephthalate (PET), dan juga High-Density Polyethylene (HDPE). Hal ini sebagai salah satu upaya Plasticpay dalam meningkatkan tingkat daur ulang serta meningkatkan produk upcycle dari sampah plastik, sebagai komitmen dalam mendukung dan menciptakan ekonomi sirkular di Indonesia.

Saat ini, Plasticpay telah berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti Le Minerale, Alfamart, Kopi Gadjah, Caffino, Milklife, 5Days, Sahabat Sirkulasi Semesta, Bank Syariah Indonesia, Danone-Aqua, Chatime, Gojek, Bukalapak, dan Tropical. Melalui kolaborasi tersebut, dapat menjadi salah satu bentuk Corporate Communication Campaign serta pemenuhan SDG nomor 12 dan 17 bagi perusahaan, dimana kegiatan tersebut dapat menjadi bagian dalam sustainability report bagi perusahaan yang terlibat.

“Diharapkan dengan semakin banyak masyarakat yang sadar terhadap pentingnya memilah sampah dan menukarkannya ke gerakan yang mengelola sampah plastik, sehingga recycling rate kita bisa semakin tinggi dan lingkungan semakin bersih. Di sisi lain program circular economy bisa terwujud dan menyeluruh di masyarakat,” tutup Suhendra.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...