Ahad, 05 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tokopedia E-Commerce Paling Sering Digunakan untuk Berjualan Online

Posted by: 2989 viewer

Tokopedia E-Commerce Paling Sering Digunakan untuk Berjualan Online
Tokopedia.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Tokopedia menduduki peringkat teratas, sebesar 49% sebagai e-commerce yang paling sering digunakan sebagai media berjualan online. Selanjutnya disusul Shopee dan Lazada diperingkat kedua dan ketiga, dengan nilai 45% dan 3%.

Demikian terungkap dalam Studi Internal DSIInnovate (DailySocial). Ketiga eCommerce tersebut tercatat memiliki serangkaian strategi untuk memikat para konsumennya. Tokopedia misalnya, menghadirkan kampanye sesuai kebiasaan atau tradisi lokal, seperti promo akhir bulan setiap tanggal gajian lewat program "Waktu Indonesia Belanja".

Sementara itu, Shopee dan Lazada menghadirkan Singles Date Sale seperti 2.2 dan 3.3, yang awalnya diperkenalkan oleh 11.11 Alibaba. Sementara itu, Bukalapak pada tahun lalu menghadirkan promo cashback melalui program 11.11 untuk penjualan komputer, konsol game, dan mainan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Itu artinya, perkembangan bisnis eCommerce dengan serangkaian strateginya, telah memberikan kontribusi penting bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Dalam laporan DSInnovate, salah satu kontribusi eCommerce adalah memberikan dampak sosial-ekonomi bagi pelaku usaha, termasuk UMKM, melalui jangkauan pasar yang lebih luas.

Penggunaan e-commerce terhitung menguntungkan bagi UMKM, terutama yang baru memulai bisnis. Dari sisi biaya operasional, eCommerce membantu mengurangi biaya operasional, termasuk sewa toko, etalase produk, strategi pemasaran dan logistik, serta rantai pasokan. Penjual tidak lagi membutuhkan biaya pemasaran yang cenderung mahal dan rawan kegagalan.

“Mereka hanya perlu aktif berpromosi di media sosial dan memaksimalkan penjualan lewat platform e-commerce,” demikian dikutip dari laporan DSInnovate.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...