Ahad, 05 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Talkshow GenPI X We The Youth: Anak Muda Berperan Penting Kembangkan Pariwisata

Posted by: 2591 viewer

Talkshow GenPI X We The Youth: Anak Muda Berperan Penting Kembangkan Pariwisata
Menpar Arief Yahya

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menekankan pentingnya peranan anak muda (the youth) dalam mengembangkan sektor pariwisata. Hal ini disampaikan dalam talkshow "YOUTH x Public Figure: Bapak Arief Yahya x Erix Soekamti" berlangsung di XXI Epicentrum Studio I Jakarta (29/06).

Acara talkshow ‘YOUTH x Public Figure Vol. 4’ kali ini merupakan hasil sinergi antara Generasi Pesona Indonesia (GenPI) dengan  We The Youth sebagai wadah anak muda berpendapat, bertukar pikiran, dan berdialog melalui berbagai platform kekinian yang relevan. Penyelenggaraan acara YOUTH x Public Figure tersebut secara rutin digelar dengan mengangkat tema-tema aktual dan menjadi sorotan anak-anak muda.
 
Dalam talkshow YOUTH x Public Figure Vol. 4 yang mengangkat tema “Waktu Indonesia Berlibur” akan ditampilkan dua public figure, yaitu Menpar Arief Yahya dan Erix Soekamti, anak muda yang sukses sebagai content creator, dan dipandu oleh moderator Akbarry.

Menpar Arief Yahya mengatakan, Kemenpar tengah mengembangkan program strategis pariwisata yang melibatkan anak muda yaitu destinasi digital dan nomandic tourism. Dua program ini sebagai strategi untuk merebut wisatawan manegara (wisman) yang tahun ini mentargetkan 17 juta wisman dan 20 juta wisman pada 2019.

Destinasi digital adalah destinasi yang populer di dunia maya, viral di media sosial, dan hits di Instagram. Generasi milenial atau lebih populer disebut ‘Kids Zaman Now’ sering menyebut diferensiasi produk destinasi baru ini dengan istilah “instagrammable’. Sementara itu nomadic tourism, kata Menpar Arief, sebagai solusi dalam mengatasi keterbasan unsur 3 A (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas) khususnya untuk sarana amenitas atau akomodasi yang sifatnya bisa dipindah-pindah dan bentuknya bermacam-macam seperti glamp camp, home pod, dan caravan. Sedangkan aksesibilitasnya adalah  sea plane dengan mudah membawa wisatawan dari pulau ke pulau di Indonesia jumlah mencapai 17 ribu lebih.  

“Target Kemenpar ingin membangun 100 pasar digital di 34 provinsi dan 10 nomadic tourism (glamp camp, home pod, dan caravan) di destinasi unggulan,” kata Menpar Arief. Saat ini jumlah backpacker yang kebanyakan adalah generasi millennials di seluruh dunia mencapai 39,7 juta orang yang  terbagi dalam 3 kelompok besar, yaitu Flashpacker atau digital nomad memiliki potensi sekitar 5 juta orang yang menetap sementara di suatu destinasi sembari bekerja; Glampacker atau milenial nomad mencapai 27 juta orang dengan mengembara di berbagai destinasi dunia; dan Luxpacker atau Luxurious nomad  sebanyak 7,7 juta orang lebih suka mengembara untuk melupakan hiruk-pikuk aktivitas dunia.

Acara talkshow YOUTH x Public Figure  oleh GenPI X We The Youth tersebut diharapkan akan memberikan gambaran kepada anak muda bahwa Kemenpar aktif menggandeng anak muda secara nyata. Adanya engagement  Menpar dengan anak muda di bidang pariwisata dan keterlibatan anak muda tersebut diwujudkan dalam pemenangan award, kegiatan GenPI daerah, dan destinasi digital.
 
Kolaborasi GenPI dan We The Youth dalam penyelenggaraan acara talkshow YOUTH x Public Figure Vol.4  menurut rencana akan ditindaklajuti dengan pembuatan pilot project destinasi digital di Jakarta yang lokasi dan temanya segera ditentukan kemudian.
 
Seperti diketahui We The Youth secara rutin menggelar kegiatan online dan off line  di antaranya talkshow YOUTH x Public Figure yang kini memasuki volume ke-4. Volume satu dan dua telah berlangsung belum lama ini dan akan berlanjut dengan volume 3 dengan menampilkan public figure Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Reza Rahadian pada 12 Mei 2018 mendatang.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...