Ahad, 19 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Sejumlah UMKM Lokal Bagikan Tips Berjualan Daring Saat Pandemi

Posted by: 1246 viewer

Sejumlah UMKM Lokal Bagikan Tips Berjualan Daring  Saat Pandemi
Pelaku UMKM/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Sejumlah pelaku UMKM lokal membagikan kiat atau tips berjualan online di tengah pandemi dengan memanfaatkan jaringan lokapasar (marketplace) yang dinilai sangat membantu.

Produsen Songket PaSH Kiagus Adit dari Palembang mengungkapkan bahwa meski penjualannya sempat menurun hingga 60 persen di awal pandemi, namun pemanfaatan platform Tokopedia membuat penjualannya kembali stabil.

Tak hanya itu, pemilik usaha Ikan Asin Medan Tanoto Frans juga mengatakan bahwa kini lebih dari 85 persen penjualan usahanya berasal dari Tokopedia. Omzet bulanannya pun saat ini telah mencapai hingga ratusan juta rupiah.

IKLAN INFOBRAND.ID

Untuk itu, kata dia lagi, sebagai pelaku UMKM yang sukses di e-commerce, Frans dan Adit pun membagikan tips untuk berjualan online di tengah pandemi.

"Kalau saya yang pertama pilih produk. Produk itu kita harus pilih yang betul-betul bagus, yang betul-betul terjamin kualitasnya," kata Frans saat diskusi daring, Kamis (16/9/2021).

Kedua pahami konsumen. Konsumen maunya seperti apa. Ketiga berani mencoba, dan selanjutnya paling akhir ya terus berinovasi.

Selain itu, Adit juga memberikan beberapa tips bagi para pelaku UMKM yang ingin memulai berdagang melalui e-commerce.

"Pertama cari tahu produk yang paling laku lalu lakukan analisis kompetitor untuk menentukan harga. Setelah itu ciptakan brand awareness. Salah satunya dengan beriklan lewat fitur yang tersedia misal TopAds atau pasang harga yang lebih murah," kata Adit.

IKLAN INFOBRAND.ID

Adit juga menjelaskan, kecepatan dalam merespon chat pelanggan juga menjadi kunci sukses dalam berjualan online. Sebab, pelanggan akan lebih senang jika bisa langsung mendapatkan respon dari penjual.

Sementara itu bagi masyarakat yang masih ragu untuk berjualan di tengah pandemi, Adit dan Frans berpesan bahwa hal yang paling penting adalah memulai untuk berjualan.

"Dari pengalaman saya kayak selogan Tokopedia. Mulai dulu saja. Nggak usah takut, mulai dulu saja. Masalah hasil itu belakangan," kata Frans.

"Setelah kita mulai, imbangi dengan ngulik fitur-fitur yang ada dari Tokopedia. Karena saya yakin fitur-fitur yang disediakan Tokopedia itu pasti berguna semua," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...