Jum'at, 10 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Rayakan Hari Kartini, Bukalapak Gelar Program Memajukan UMKM Perempuan

Posted by: 1503 viewer

Rayakan Hari Kartini, Bukalapak Gelar Program Memajukan UMKM Perempuan
Salah satu pelaku UMUM Perempuan Indonesia menjadi mitra Bukalapak. (Foto: Bukalapak)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Memperingati Hari Kartini, E-commerce marketplace terkemuka di Indonesia, Bukalapak, menggelar rangkaian program dan inisiatif untuk semakin memajukan kapabilitas UMKM perempuan di Indonesia agar semakin dapat bersaing di pasar digital yang semakin kompetitif. Kegiatan tersebut juga merupakan komitmen Bukalapak untuk terus memberdayakan para pelaku usaha tanah air yang menjadi tulang punggung perekonomian bangsa.

Bekerjasama dengan UN Women Indonesia, Bukalapak menggelar bincang online inspirasional sebagai bagian dari program Rabu Lokal yang bertajuk “Strategi Bukalapak Dukung Kartini-nya Produk Lokal” di akun Instagram Bukalapak secara live, Rabu (21/4/2021). Dengan mengundang para pelaku usaha perempuan serta perwakilan dari UN Women Indonesia, di mana Bukalapak menjadi bagian dari komunitas Women’s Empowerment Principles (WEPs), melalui kesempatan itu pula, Bukalapak mengimplementasikan prinsip WEPs, salah satunya dengan mendukung perjalanan wirausaha wanita dalam mempromosikan produk dan jasa lokal yang mereka jual.

WEPs sendiri merupakan sekumpulan prinsip panduan untuk perusahaan tentang cara mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan wanita di tempat kerja, marketplace, dan komunitas perusahaannya. Didirikan oleh UN Global Compact dan UN Women, WEPs dibuat atas standar ketenagakerjaan dan hak asasi manusia internasional dan didasarkan pada pengakuan bahwa perusahaan juga harus bertanggung jawab atas kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di dalam perusahaannya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Siti Sufintri Rahayu, VP of Corporate Affairs Bukalapak menyatakan komitmen Bukalapak untuk memberdayakan para perempuan di seluruh ekosistemnya, termasuk manajemen, karyawan, serta Pelapak dan Mitra Bukalapak yang bertujuan untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebagai e-commerce yang tumbuh di dalam negeri, menurutnya, Bukalapak akan senantiasa menghadirkan dan mengembangkan platform teknologi yang aman dan nyaman demi mendorong potensi yang dimiliki oleh para pelaku usaha kecil dan menengah, termasuk tentunya para UMKM perempuan, sehingga mereka dapat berkontribusi meningkatkan inklusi ekonomi dengan juga memberdayakan lingkungan sekitarnya.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah menyatakan lebih dari 50% UMKM dimiliki perempuan. Oleh karena itu, pemilik usaha perempuan perlu terus diberdayakan untuk meningkatkan potensinya. Demi meningkatkan potensi dan memperkuat ketahanan UMKM Indonesia, Bukalapak juga secara rutin mengadakan sesi edukasi bagi para pelaku usaha perempuan, yakni Webinar Srikandi Komunitas Bukalapak.

Bertepatan dengan Hari Kartini hari ini, webinar Srikandi Komunitas Bukalapak bekerjasama dengan Bank Commonwealth mengambil judul “Taktik Marketing Bikin Produk Lokal Dicintai Banyak Pembeli”. Dengan adanya sesi ini, Bukalapak ingin membuka potensi para pelapak dan wirausaha perempuan di seluruh Indonesia dalam mengembangkan lapaknya.

Webinar ini menghadirkan Uma Hapsari selaku Founder & CEO @amazara.id dan Arresto Ario, Head of Communication Strategy Commonwealth Bank. Inisiatif kolaboratif ini juga merupakan bagian dari program WISE (Womenpreneur Indonesia for Sustainability and Empowerment) yang dicanangkan oleh Bank Commonwealth dengan tujuan meningkatkan literasi keuangan dan pemberdayaan di bidang bisnis di kalangan pelaku usaha perempuan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Bantu Korban Banjir Sulsel, Pupuk Indonesia Salurkan 80 Ton Beras

Bantu Korban Banjir Sulsel, Pupuk Indonesia Salurkan 80 Ton Beras
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir bandang dan longsor akibat cuaca ekstrem yang te...


Kolaborasi, The Stones Hotel-TMMIN Hadirkan Shuttle Ramah Lingkungan

Kolaborasi, The Stones Hotel-TMMIN Hadirkan Shuttle Ramah Lingkungan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Legian Bali, Autograph Collection bersama dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi menjalin kolaborasi dal...


Fuso Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024

Fuso Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC)...


Ini Peran Inovasi dalam Menciptakan Brand Unggul

Ini Peran Inovasi dalam Menciptakan Brand Unggul
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era persaingan yang semakin sengit, brand-brand kini menghadapi tantangan besar untuk tidak hanya bertahan, tetapi juga unt...