INFOBRAND.ID- Telkom Indonesia lewat program CSR Digitalisasi Sebagai Solusi Akselerasi Peningkatan Kualitas Pendidikan di Wilayah 3 T mendapat penghargaan TOP CSR Award 2023 di gelaran INFOBRAND.ID yang bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia.
Menurut Adrian Sani Harahap selaku Senior Manager Rumah BUMN menegaskan bahwa sampai saat ini Telkom turut serta di dalam program jasa reward kategori sosial jasa initiative. “Sampai saat ini kita memiliki tema terkait digitalisasi desa-desa 3T, terutama dalam hal pendidikan. Di sini Telkom sebagai BUMN memiliki peran sebagai agen development harus secara terus menerus konsisten melakukan pembangunan. Baik dalam pengembangan manusia, budaya, masyarakat dan lain-lain,” ujarnya
Adrian menambahkan bahwa seiring apa yang sudah dilakukan Telkom yang bergerak di bidang ICT, akan tetap fokus di satu hal, yaitu digitalisasi. ”Nah, kalau kita berbicara tentang ekosistem pendidikan sendiri ada tiga hal, sektor pelajar, guru dan sarana,” ujarnya
Terkait dengan hal tersebut, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memiliki keinginan untuk dapat terus berkontribusi dalam bidang pendidikan di Indonesia. Harapannya agar pendidikan di Tanah Air semakin maju dan berkembang.
"Disini Telkom hadir dalam sarananya, memperkuat baik dari device-nya, platform serta aplikasi. Harapannya kedepan Telkom selalu ikut serta untuk memajukan Indonesia, memajukan dunia pendidikan agar kita bisa memiliki pendidikan lebih baik lagi,” tegasnya.
Ditanya mengenai peta jalan (road map) 2060 tentang zero emission, Adrian menegaskan bahwa sampai saat ini Telkom sudah mulai melakukan beberapa program, salah satunya penguatan energi terbarukan zero emission.
“Kita akan memulai program terkait dengan wise management. Sudah ada beberapa hal dan kegiatan yang kita telah kita inisiasi di tahun ini. Salah satunya kita itu memperbaiki wise management tidak hanya terkait eletronik yang memang relevan dengan PT. Telkom, tetapi wise management yang ada di gedung kita.
Masih menurut Kita ketahui bersama Telkom memiliki kantor pusat di Jl. Gatot Subroto, yang jumlah pegawainya cukup banyak pastinya kesehariannya itu wise-nya sangat tinggi. “Telkom akan hadir memperbaiki wise management dan juga program energi terbarukan zero emission termasuk kita membangun pembangkit listrik dari sumber tenaga mikrohidro untuk daerah-daerah, untuk lebih memperkuat energi terbarukan,” pungkasnya.
Dari hasil penilaian yang dilakukan, papar Tri Raharjo, Program Corporate Social Responsibility (CSR) sudah menjadi bagian penting dari penyusunan program setiap perusahaan di Indonesia. CSR yang dijalankan juga cukup beragam mulai dari kegiatan sosial, bantuan bencana alam, pemberian beasiswa hingga pemberdayaan masyarakat. Namun yang pasti, imbuh Tri Raharjo, Program CSR yang baik dan berkualitas pastinya memiliki tujuan berkelanjutan dan nilai-nilai kebermanfaatan yang luas.
“Untuk itulah kami melakukan serangkaian penilaian program CSR Perusahaan-perusahaan di Indonesia. Untuk menilai dampak positif dari kegiatan perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan melalui Corporate Social Responsibility (CSR).
Tri Raharjo memaparkan, Peraih penghargaan TOP Corporate Social Responsibility of the Year 2023 dinilai berdasarkan metode penilaian dengan menggunakan tiga parameter yaitu; CSR Concept, CSR Impact, dan CSR Donation Value,” jelasnya.