Senin, 13 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Perkuat Positioning Sebagai Bank Digital yang Eksklusif Melayani UMKM, Ini Strategi yang Dilakukan AMAR Bank

Posted by: 752 viewer

Perkuat Positioning Sebagai Bank Digital yang Eksklusif Melayani UMKM, Ini Strategi yang Dilakukan AMAR Bank
Amar Bank

INFOBRAND.ID-Amar Bank berkomitmen untuk memosisikan diri sebagai bank digital terkemuka yang secara eksklusif melayani segmen UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Untuk mencapai objektif itu AMAR telah mengimplementasikan pilar "Plug-and-Play" Embedded Banking & Financing, yang melekatan layanan perbankan digital ke dalam aplikasi pihak ketiga.

Pendekatan strategis itu menawarkan beberapa keuntungan, termasuk pengalaman manajemen keuangan yang seamless bagi nasabah. Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu lagi beralih antara beberapa aplikasi atau platform untuk melakukan transaksi keuangan. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengalaman nasabah yang dipersonalisasi sesuai dengan preferensi individu, sehingga meningkatkan nilai yang diberikan oleh AMAR. Fitur ini telah diluncurkan melalui kolaborasi dengan mitra strategis AMAR, Investree.

Investree sebagai pemegang saham minoritas diharapkan dapat meningkatkan nilai Amar Bank dan menciptakan peluang ekspansi yang signifikan di sektor SME (Small Medium Enterpeise), yang memungkinkan AMAR untuk memperluas ekosistemnya dan meningkatkan aktivitas pemberian pinjaman secara signifikan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada tahun 2022, sebesar 49,38% dari total pinjaman AMAR dialokasikan untuk sektor Mikro, sedangkan segmen UKM masing-masing hanya berkontribusi sebesar 0,04% dan 4,44% dari total pinjaman yang diberikan. Angka ini menunjukkan adanya potensi besar untuk pengembangan bisnis, terutama dalam hal penyaluran kredit kepada segmen SME.

Selain itu, AMAR juga memiliki produk unggulan sebagai senjata Utama, Tunaiku. Pada tahun 2022, AMAR berfokus meningkatkan layanan Tunaiku dan produk lainnya. Terlepas dari pemberian pinjaman yang berhati-hati, strategi ini terbukti bijaksana karena memungkinkan Amar Bank untuk memprioritaskan efisiensi. Pendekatan ini telah berhasil, dengan menghasilkan perubahan positif pada hasil laba bersih pada kuartal pertama tahun 2023 dan diharapkan dapat berkelanjutan dan stabil dalam beberapa tahun mendatang. Jumlah penyaluran pinjaman Tunaiku mengalami pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 84% dari tahun 2015-2022 dan diharapkan akan terus berkembang.

Sementara untuk perbankan digital AMAR, per 31 Desember 2022, telah mencatat pertumbuhan yang signifikan, dengan peningkatan pengguna aktif sebesar 513% dan peningkatan pengunduhan sebesar 317%. Selain itu, jumlah dana pihak ketiga yang dihimpun melalui saluran digital dari nasabah melonjak sebesar 89% dibandingkan tahun 2021.

Perbankan digital AMAR juga berhasil meningkatkan proporsi dana murah, yang dikenal sebagai CASA (Current Account and Savings Account), dibandingkan dengan total simpanan. Peningkatan dana murah ini diharapkan akan mendorong peningkatan simpanan AMAR dan rasio CASA, sehingga meningkatkan likuiditas bank. NHKSI memproyeksikan pertumbuhan CASA Ratio sebesar 22,44% dan perkembangan simpanan AMAR hingga tahun 2025.

Dituturkan Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank, “Selain mencapai tingkat profitabilitas yang mengesankan, AMAR juga berhasil meningkatkan efisiensinya secara signifikan dengan menurunkan beban bunga, terutama dari deposito berjangka, yang sebelumnya menekan penurunan pendapatan bunga. Kami berhasil menurunkan beban bunga sebesar 61,4% YoY menjadi Rp 18.544 miliar pada kuartal pertama 2023, sementara pendapatan operasional lainnya mengalami pertumbuhan yang signifikan sebesar 61,8% YoY menjadi Rp93.092 Miliar. Dengan pencapaian positif ini dan komitmen kami untuk menyediakan solusi keuangan digital yang inovatif seperti Tunaiku, layanan perbankan digital, serta collaborative embedded banking dan financing, kami terus yakin dengan kemampuan kami untuk menghadapi tantangan yang lebih besar serta memberdayakan individu dan UMKM, terutama mereka yang memiliki akses terbatas ke layanan keuangan."

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut Laporan Inisiasi NH Korindo Sekuritas Indonesia, pertumbuhan AMAR yang berkelanjutan dan stabil, serta peningkatan pelaksanaan oleh Amar Bank melalui Tunaiku dan Collaborative Embedded Banking dan Financing, dapat mendukung dan memperkuat penilaian target harganya.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Adidas Indonesia Kembali Rayakan Move For The Planet

Adidas Indonesia Kembali Rayakan Move For The Planet
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand fesyen olahraga asal Jerman Adidas kembali merayakan Move For The Planet yang tahun ini memasuki perayaan kedua sejak pe...


Semen Baturaja Distribusikan Air Bersih untuk Korban Banjir OKU

Semen Baturaja Distribusikan Air Bersih untuk Korban Banjir OKU
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Semen Baturaja (SMBR) mendistribusikan sebanyak 107.500 liter air bersih untuk korban banjir di Kabupaten Ogan Komering Ulu...


Tingkatkan Keterampilan Pengguna, Google Cloud Sediakan Platform Pelatihan Daring

Tingkatkan Keterampilan Pengguna, Google Cloud Sediakan Platform Pelatihan Daring
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Google Cloud menyediakan platform pelatihan daring Cloud Skills Boost bagi mereka yang ingin mengasah keterampilan di bidang t...


Memasuki Tahun Ke- 3 di Indonesia, AIRSCREAM UK Hadir di JIVE Expo 2024

Memasuki Tahun Ke- 3 di Indonesia, AIRSCREAM UK Hadir di JIVE Expo 2024
INFOBRAND.ID-Jakarta – AIRSCREAM UK dengan bangga mengumumkan ekspansi dan pertumbuhan bisnis mereka di pasar rokok elektrik di seluruh negeri....