Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Perilaku Konsumen di Era Digital

Posted by: 7278 viewer

Perilaku Konsumen di Era Digital
Perilaku konsumen.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Gelombang disrupsi akibat perkembangan teknologi digital juga dipengaruhi oleh perubahan perulaku konsumen dalam memilih sebuah produk. Tidak hanya itu, adanya perubahan generasi yang kian mendominasi market, membuat pilihan konsumen akan sebuah produk menjadi benar-benar berubah.

Seperti hadirnya marketplace sebagai tempat belanja online, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk, konsumen akan terlebih dahulu melakukan review. Sementara, hadirnya generasi Z atau milenial dan generasi Y yang mendominasi market, memiliki perilaku belanja yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya.

Berbagai perubahan tersebut tentunya harus menjadi perhatian pelaku bisnis dan brand, agar produknya relevan dengan kelompok konsumen yang saat ini mendominasi pasar. Hal ini tentu harus disadari oleh para marketer, sehingga strategi yang ditetapkan dalam mengembangkan usaha bisa kompatibel dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan tersebut.

IKLAN INFOBRAND.ID

Nah, apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam berbelanja secara digital, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhinya? Berikut ada 4 aspek yang bisa di ulas lebih lanjut :

  1. Membandingkan Kualitas dengan Melihat Review

Seperti yang kerap kita lakukan, sebagian besar konsumen saat ini akan mencari tahu memgenai kualitas dari produk yang dibutuhkan dari review yang ada di internet. Biasanya mereka akan memanfaatkan halaman pencarian Google, media sosial, atau kolom testimonial yang terdapat pada toko online Anda. Oleh karena itu, untuk bisa lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor, pastikan Anda selalu menjaga kualitas produk dan layanan yang terbaik kepada pelanggan.

  1. Tidak Mau Ribet

Harga murah tidak lagi menjadi satu-satunya daya tarik pelanggan. Bisa jadi kemudahan dalam pemesanan dan metode pembayaran lebih disukai oleh konsumen. Tren pembayaran cashless atau non-tunai tengah naik daun, mengharuskan setiap pedagang menyediakan pembayaran yang lebih mudah. Fitur-fitur canggih yang ada pada sistem kasir online akan mempersingkat waktu pemesanan, menyediakan metode pembayaran yang mudah.

  1. Membeli Sesuai dengan Kebutuhan atau Permintaan

Banyaknya penjual yang memberikan produk yang mudah dimodifikasi sesuai selera konsumen mendorong meningkatnya tren produk sesuai dengan kebutuhan atau keinginan. Karena itu menghadirkan produk sesuai dengan permintaan atau on demand menjadi keunggulan. Misalnya, ketika brand usaha menyediakan menu ayam panggang dengan berbagai macam level kepedasan atau jumlah potongan. Melalui produk atau layanan yang telah ‘disesuaikan’ dengan kebutuhan pelanggan, konsumen bisa memberikan kepuasan tersendiri sehingga berdampak pada loyalitas pelanggan tersebut.

  1. Selalu Update Style

Melalui internet informasi menyebar dengan sangat cepat. Hal itu ternyata berimbas pada perubahan tren yang juga terjadi dengan sangat cepat. Internet juga kerap kali membuat sebuah tren menjadi trending, yang mendorong konsumen untuk mengikuti tren yang tengah terjadi, terlebih generasi milenial yang cenderung selalu ingin terlihat up-to-date. Dengan perilaku konsumen yang semakin berbeda, sebagai pengusaha ataupun pemilik brand owner perlu menentukan strategi pemasaran secara tepat.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...