JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bencana wabah virus Corona (COVID-19) yang terjadi di Indonesia berdampak pada masyarakat luas. Dampaknya pun telah dirasakan oleh banyak pihak, terutama karena mengancam pada permasalahan ekonomi dan kesehatan.
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari laman Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, kasus positif virus Corona di Indonesia masih terus bertambah hingga saat ini. Meski begitu, angka kesembuhan juga terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
Tercatat hingga 4 Juni 2020, ada 28.818 kasus positif Corona di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 8.892 Pasien dinyatakan sembuh dan 1.721 orang meninggal dunia. Data ini terus diperbarui setiap harinya dengan cut off data pukul 12.00 WIB.
Melihat kondisi tersebut, banyak perusahaan melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam upaya memerangi wabah virus Corona yang semakin masif terjadi di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membangun citra positif perusahaan di mata publik.
Sebagai bentuk dukungan atas dedikasi perusahaan-perusahaan yang telah menggelar kegiatan CSR-nya, INFOBRAND.ID bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia untuk pertama kalinya menghadirkan INDONESIA TOP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY OF THE YEAR 2020.
“Apresiasi ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia yang telah menggelar kegiatan CSR guna membantu masyarakat dan instansi kesehatan dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang tentunya akan memberikan dampak positif baik kepada perusahaan maupun masyarakat,” ungkap CEO TRAS N CO Indonesia sekaligus penggagas INDONESIA TOP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY OF THE YEAR 2020, Tri Raharjo dalam Online Press Conference INDONESIA TOP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY OF THE YEAR 2020 yang digelar secara virtual pada Jumat (5/6).
Menurut Tri Raharjo, penghargaan INDONESIA TOP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY OF THE YEAR 2020 merupakan bukti nyata atas komitmen perusahaan dalam memerangi virus Corona yang semakin masif terjadi di Indonesia.
“Dalam memerangi virus Corona di Indonesia, perusahaan dapat berlomba-lomba melakukan kegiatan CSR. Ini penting, karena dapat memperkuat brand perusahaan di mata stakeholder. Dengan kegiatan CSR, tentunya ini juga akan mengurangi kesulitan masyarakat dalam menghadapi dampak bencana virus Corona di Indonesia,” jelasnya.
Untuk menentukan perusahaan peraih INDONESIA TOP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY OF THE YEAR 2020, INFOBRAND.ID bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia telah melakukan survei Corporate Social Responsibility dalam penanganan pandemi Covid-19 yang diselenggarakan pada bulan Maret – Mei 2020, terhadap lebih dari 500 perusahaan tersurvei di Indonesia melalui tiga parameter penilaian: CSR Concept, CSR Impact dan CSR Donation Value.
Adapun 100 pemenang Top Corporate Social Responsibility of the year 2020 yang terdiri dari perusahaan BUMN/BUMD (20%) dan perusahaan swasta (80%), Tri mencatat bahwa total donasi yang berhasil didonasikan mencapai lebih dari Rp1,2 triliun. Dimana Alat Pelindung Diri (APD) mendominasi sebesar 33,33% yang kemudian disusul donasi dalam bentuk alat kebersihan dan kesehatan 29,29%, uang tunai 13,13%, sembako & makanan 13,13% serta donasi dalam bentuk produk 11,12%.
Sementara lokasi yang dituju untuk target aksi sosial ini sendiri meliputi rumah sakit rujukan & tenaga medis, yayasan, fasilitas umum serta masyarakat terdampak dengan sebaran wilayah Jabodetabek dan nasional.
Adapun perusahaan-perusahaan peraih INDONESIA TOP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY OF THE YEAR 2020 yaitu PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, PT MECCAYA Pharmaceutical, PT Softex Indonesia, PT Telkom Indonesia, AICE Group, PT SiCepat Ekspress Indonesia, PT Taspen (Persero) dan 93 perusahaan lainnya.
“Dengan apresiasi ini diharapkan dapat menjadi bentuk dukungan kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk terus melakukan aksi CSR atas kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sosial, khususnya dalam menghadapi pandemi COVID-19,” tutupnya.