Sabtu, 18 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Optimalkan Layanan Pelanggan, BRI Gunakan Kecerdasan Buatan

Posted by: 660 viewer

Optimalkan Layanan Pelanggan, BRI Gunakan Kecerdasan Buatan
Bank BRI/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank BRI menggunakan beberapa strategi perusahaan untuk semakin mengoptimalkan layanan kepada nasabah, salah satunya dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) generatif.

Chief Digital and Information Officer Bank Rakyat Indonesia (BRI) Arga Nugraha mengungkapkan, AI generatif yang digunakan BRI mulai dari pemanfaatan AI generatif untuk meningkatkan layanan chatbot hingga otomasi ruang kerja menjadi beberapa langkah yang tengah dikembangkan Bank BUMN tersebut.

"Untuk peningkatan chatbot, kami akan manfaatkan AI generatif untuk mengembangkan rasa "lifelikeness"-nya. Menurut temuan kami banyak nasabah yang malas untuk berkomunikasi dengan chatbot dan akhirnya menelepon 'customer service' karena respons (chatbot) terasa seperti robot," kata Arga di Jakarta, kemarin.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dia menambahkan, perlahan tapi pasti dengan memanfaatkan AI generatif, kini chatbot yang dimiliki BRI di ruang digital sudah semakin baik memberikan solusi atas pertanyaan nasabah.

Dengan begitu, dia berharap melalui pengembangan yang lebih jauh, chatbot tersebut nantinya bisa mengurangi beban kerja pegawai "customer service" untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya bisa diselesaikan lewat chatbot.

Arfa kembali menerangkan, pemanfaatan AI generatif yang ingin diadopsi di BRI ialah memanfaatkan kecerdasan buatan untuk menciptakan Automated Content Generation. Menurut dia, AI generatif dapat membantu BRI untuk menciptakan konten lebih terasa interaktif dan variatif.

"Jadi ini fungsinya nanti mungkin di sosial media kita membantu membuat konten tulisan atau visual yang lebih menarik. Ini bisa jadi cara baru untuk berkomunikasi langsung dengan nasabah," jelasnya.

BRI, dikatakan Arga lagi, juga ingin memanfaatkan AI generatif untuk membuat otomasi ruang kerja sehingga pegawai bisa memberikan layanan dengan lebih efektif.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Salah satu otomasi yang mungkin dapat dikerjakan AI generatif ialah dengan membuat pekerjaan presentasi," paparnya mencontohkan.

Maklum, biasanya untuk menciptakan diagram atau grafik dibuat secara manual, maka saat AI generatif diterapkan dan diberi instruksi yang jelas, maka waktu yang harus digunakan untuk membuat konten presentasi secara manual jadi bisa lebih dihemat.

"Biasanya kita menghabiskan waktu untuk mengetik presentasi, dengan AI generatif setelah diberikan instruksi jelas itu semua akan jadi dengan cepat dan materi untuk nasabah jadi lebih mudah disampaikan dengan adanya penerapan AI ini," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...