Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Mengenal Lebih Jauh Pengertian Brand Preference & Brand Equality

Posted by: 1363 viewer

Mengenal Lebih Jauh Pengertian Brand Preference &  Brand Equality
Preference Brand ilustrasi

INFOBRAND.ID- Parameter yang menunjukkan seberapa kuat merek di pasar berdasarkan tingkat kesukaan pelanggan terhadap merek.

Ketika pelanggan memilih suatu merek di atas merek lain secara konsisten, sekalipun merek kita punya banyak kompetitor. Oleh karena pelanggan sendiri sudah mencoba berbagai produk dari merek-merek lain. Tahu betul lebih-kurangnya seperti apa. Hingga akhirnya memutuskan untuk memilih merek kita.

Jadi istilahnya, setiap dihadapkan pada suatu keputusan, pelanggan dengan brand preference yang baik akan setia memilih merek kita. Oleh karena itu di satu sisi, brand preference dianggap sejalan dengan brand loyalty. Karena memang brand loyalty menjadi penentu kenapa pelanggan lebih memilih merek kita ketimbang kompetitor.

IKLAN INFOBRAND.ID

Di satu sisi juga, preferensi pelanggan dalam memilih merek kita, lama-kelamaan akan berbuah pada brand loyalty. Jikalau terjadi secara konsisten, bisnis niscaya akan sukses dan berkelanjutan.

Sementara brand equity membicarakan tentang nilai dari suatu merek, sehingga dikatakan bernilai positif bilamana menjual produk-produk berkualitas. Brand preference adalah soal kecenderungan pelanggan dalam memilih suatu merek di atas merek lainnya dalam membeli suatu produk.

Brand equity bisa terus ter-develop sepanjang waktu, tergantung pada bagaimana progres dari hubungan antara pelanggan dan merek. Jadi, brand equity akan terus berubah (tapi tidak jauh dari nilai-nilai dasarnya), mengikuti tahapan merek dalam melalui brand awareness, brand association, hingga brand loyalty.

Sedangkan brand preference mencerminkan brand equity yang positif (meski besarannya juga bisa berubah-ubah sepanjang waktu, asal tetap positif).

Sementara brand equity membicarakan tentang nilai dari suatu merek, sehingga dikatakan bernilai positif bilamana menjual produk-produk berkualitas. Brand preference adalah soal kecenderungan pelanggan dalam memilih suatu merek di atas merek lainnya dalam membeli suatu produk.

IKLAN INFOBRAND.ID

Brand equity bisa terus ter-develop sepanjang waktu, tergantung pada bagaimana progres dari hubungan antara pelanggan dan merek. Jadi, brand equity akan terus berubah (tapi tidak jauh dari nilai-nilai dasarnya), mengikuti tahapan merek dalam melalui brand awareness, brand association, hingga brand loyalty.

Sedangkan brand preference mencerminkan brand equity yang positif (meski besarannya juga bisa berubah-ubah sepanjang waktu, asal tetap positif).

  • Faktor-faktor dari brand preference yakni:
  1. Brand awareness, sejauh mana kesadaran pelanggan mengenai suatu merek.
  2. Brand advocacy, seberapa jauh pelanggan mau mempromosikan produk atau merek kita secara cuma-cuma.
  3. Brand loyalty, seberapa setia pelanggan terhadap merek kita.
  4. Brand equity, seberapa positif merek dipandang oleh pelanggan.
  5. Brand engagement, seberapa jauh pelanggan mau terlibat dalam hubungan dengan merek.
  6. Brand identity, seberapa kuat brand identity merek di mata pelanggan.
  7. Brand image, seberapa kuat citra merek tertanam dalam alam bawah sadar pelanggan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Soal Investasi Apple di Indonesia, Menkominfo: Sinyalnya Masih Positif

Soal Investasi Apple di Indonesia, Menkominfo: Sinyalnya Masih Positif
INFOBRAND.ID - Perusahaan teknologi global Apple yang digadang-gadang bakal berinvestasi di Tanah Air, dikatakan Menteri Komunikasi dan Informatika (M...


Inovasi Body Mask, Iswhite Sabet Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Body Mask, Iswhite Sabet Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memiliki kulit tubuh yang cerah, kencang dan segar menjadi dambaan setiap wanita yang ingin tampil lebih menawan. Untuk mendap...


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan RMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan RMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...