Ahad, 18 Agustus 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Mengenal Arti Brand & Branding

Posted by: 19-03-2018 07:30 WIB 4491 viewer

Mengenal Arti Brand & Branding
animasi brand

Brand dan Branding! Dua kata ini pastinya sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat saat ini. Pola kata nya terbilang hampir sama. Namun pada kenyataanya, terdapat perbedaan yang cukup signifikan terkait pengertian dari dua kata tersebut.

Menurut Kotler Amstrong dalam diktatnya yang dikeluarkan tahun 2009, brand atau merek adalah suatu nama, kata, simbol, tanda, atau desain, atau kombinasi dari semuanya yang mengidentifikasi pembuat atau penjual produk dan jasa tertentu.

Sementara menurut Essel R Dillavou, Merek adalah suatu lambang, simbol, tanda, perkataan atau susunan kata-kata di dalam bentuk suatu etiket yang dikutip dan dipakai oleh seseorang pengusaha atau distributor untuk menandakan barang-barang khususnya dan tidak ada orang lain mempunyai hak sah untuk memakainya, desain atau trade mark menunjukkan keaslian tetapi sekarang itu dipakai sebagai suatu mekanisme periklanan. 

Sehingga, bisa dikatakan bahwa merek atau brand itu ialah tanda atau sign untuk membedakan barang-barang atau jasa yang sejenis yang dihasilkan atau diperdagangkan seseorang atau kelompok orang atau badan hukum dengan barang-barang atau jasa yang sejenis yang dihasilkan oleh orang lain, yang memiliki daya pembeda maupun sebagai jaminan atas mutunya dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa. 

Sementara branding menurut Amalia E Maulana dalam tulisannya ialah suatu kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam proses membangun dan membesarkan brand atau merek.

Setelah kita memahami apa pengertian brand dan branding, maka langkah selanjutnya ialah mengetahui apa saja unsur yang terdapat dalam sebuah teknik branding.

Pertama yang paling penting ialah Merek atau brand. Ini merupakan poin penitng karena untuk melakukan branding tentunya harus ada sebuah merek atau brand terlebih dahulu yang akan dijadikan kegiatan komunikasi untuk membangun dan membesarkan merek tersebut.

Selanjutnya ialah logo. Logo bagi sebuah merek atau brand merupakan satu unsur yang penting karena logo inilah yang akan menjadi identitas dari sebuah merek dan juga menjadi daya tarik untuk memikat konsumen. Tipe logo disesuaikan dengan kebutuhan dan bentuknya bebas sesuai dengan keinginan si pemilik bisnis atau mencerminkan visi dan misi dari merekatau brand tersebut.

Ketiga ialah tampilan visual. Tampilan visual ini sangat penting karena untuk mencerminkan identitas perusahaan. Tampilan visual ini bisa diterapkan dalam desain seragam, desain produk, desain kemasan dan lain sebagainya.

Keempat ialah sebuah merek harus mempunyai seorang leader atau founder. Hal ini sangat penting karena tanpa adanya sosok leader atau founder dari sebuah merek maka merek tersebut akan sulit dikenal oleh konsumen. Pilihan keduanya, jika tidak ada tokoh leader atau founder maka bisa menggunakan mascot untuk mencerminkan identitas merek tersebut kepada konsumen.

Kelima ialah lagu atau nada. Sebuah merek atau brand juga bisa melakukan brandingnya dengan cara menampilkan lagu atau nada yang fungsinya menambah ciri khas dari merek tersebut untuk mendekatkan ke konsumen. Misalnya dengan membuat Jingle atau lagu tematik yang hanya sekadar icon bunyi atau nada.

Selanjutnya ada poin penting lagi untuk memajukan brand anda yakni dengan memperkenalkan brand anda melalui media massa yang mempunyai kompetensi di bidang brand dan branding. Salah satunya ialah INFOBRAND.ID. Media ini kami prakarsai untuk mengakomodir kebutuhan Public Relation brand-brand di Indonesia untuk diperkenalkan lebih luas lagi kepada konsumen.

Dari sisi nama, INFOBRAND.ID memiliki makna bahwa media ini akan memberitakan segala macam bentuk kegiatan dan aktivitas dari brand-brand anda untuk dipublikasikan di portal berita kami. Mengapa harus dipublikasikan di kami? Karena kami hadir sebagai jawaban atas kebutuhan akan perkembangan brand terkini, edukasi brand dan menampilkan informasi berbagai penghargaan akan pengakuan brand di Indonesia.

INFOBRAND.ID memiliki komunitas pelaku brand di Indonesia, baik komunitas Online maupun memfasilitasi berbagai kegiatan secara Offline untuk kegiatan membernya. Kami menyajikan berbagai konten, baik dalam format tulisan, gambar dan video. INFOBRAND.ID memiliki berbagai rubrikasi seputar brand seperti Brand Achievement, Brand Update, Brand Knowledge, Info Brand TV dan Brand Gallery. 

Itulah sekelumit tentang brand dan branding. Sekarang tinggal bagaimana anda untuk membangun sebuah brand dan menerapkan poin-poin tersebut untuk mengembangkan brand anda. Tentunya semakin anda intensif melakukan kegiatan tersebut maka besar kemungkinan merek anda akan dikenal luas oleh khalayak. Salam Brand!

 

Ramdhan Anugerah

Pemimpin Redaksi INFOBRAND.ID

 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Pentingnya Mengukur Kekuatan Brand di Era Digital

Pentingnya Mengukur Kekuatan Brand di Era Digital
Kehadiran teknologi digital telah merubah banyak hal, mulai dari cara kita berteman, berhubungan dengan orang lain hingga mengubah wajah dunia bisnis...


500 Brand Champions

500 Brand Champions
Satu dekade terakhir terjadi perubahan behaviour masyarakat atas akses perolehan informasi. Media digital belakangan ini menjadi source utama masyarak...


Pentingnya Branding di Era Digital

Pentingnya Branding di Era Digital
Trend dunia digital sudah mengubah prilaku konsumen dalam berbelanja. Pola belanja konvensional yang dulu terbangun seperti datang ke toko atau pusat...


Strategi Membangun Citra Brand Pada Media Digital

Strategi Membangun Citra Brand Pada Media Digital
Menurut survey yang dilakukan oleh “We Are Social” bekerjasama dengan Hootsuite, terhitung Januari 2018 pengguna internet di Indonesia men...