Ahad, 12 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Mendorong Pertumbuhan UMKM di EKOMANDO Gelar Virtual Expo

Posted by: 1553 viewer

Mendorong Pertumbuhan UMKM di EKOMANDO Gelar Virtual Expo
Pengrajin suvenir dari bahan limbah bambu menjadi kerajinan yang menembus pasar dunia.

JAKARTA - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dipandang sebagai bagian dari penggerak ekonomi yang mampu bertahan dalam berbagai situasi sulit termasuk krisis. Buktinya UMKM menjadi satu-satunya sektor yang tidak terpukul akibat krisis. Di masa pandemi codiv-19, yang menghadapkan Indonesia pada jurang resesi, UMKM juga dipandang sebagai salah satu penolong.

Guna mendorong bangkitnya UMKM  PT. Sukses Mulya Pratama (SMP) menggandeng strategic partners Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI), EKOMANDO Production dan Invex, menggelar “Indonesia Digital Trade Show in Conjunction With Indonesia Local Brands Expo 2020” dengan tema “Connect Your Business With Digital Solution”.

Eko Hendro Purnomo S.Sos, owner dari EKOMANDO Production mengatakan, event ini adalah event virtual expo interactive 3D pertama di Indonesia yang diisi dari berbagai macam industri dan pameran hasil karya anak bangsa secara virtual. Diharapkan dapat mendukung Gerakan bangga buatan Indonesia dan menjadikan momentum kebangkitan para pengusaha lokal dan UMKM seluruh Indonesia dalam masa Pandemi Covid-19.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Harapan besar dari event ini agar bisa menjadi sebuah wadah bagi para UMKM untuk bangkit Kembali serta memiliki konstribusi nyata dalam membantu meningkatkan perdagangan dan roda perekonomian Indonesia Tercinta,” ujar Eko.

ASENSI (Asosiasi Lisensi Indonesia) juga mendukung penuh diadakannya event tersebut. Susanty Widjaya, Ketua ASENSI mengatakan, ASENSI tidak bisa bergerak sendirian, oleh karena itu, pihaknya menggandeng sejumlah pihak, baik itu pemerintah maupun swasta. Selain itu juga menggandeng para pengusaha merek lokal Indonesia khususnya para pelaku UMKM di seluruh Indonesia, agar bisa tetap berjualan untuk mendapatkan cash in, dan tetap semangat untuk bisa berdagang melalui platform digital (go digital).

“Harapannya dengan adanya pameran virtual Indonesia Digital Trade Show in conjunction with Indonesia Local Brands Expo yang menggunakan basic website dan mudah diakses di seluruh Indonesia ini membuat para pengusaha lokal Indonesia dan pelaku UMKM Indonesia bangkit dan memiliki semangat untuk semakin maju serta membantu dalam pemulihan ekonomi Indonesia, ujar Susanty Widjaya.

Virtual expo “Indonesia Digital Trade Show 2020 ” in Conjunction With “Indonesia Local Brands Expo 2020” akan digelar pada tanggal 20 November – 7 Desember 2020. Baik pemerintah maupun swasta juga turut mendorong pelaksanaan acara ini agar para pengusaha lokal dan UMKM di seluruh Indonesia bisa menembus pasar digital (go digital) dan sebagai jembatan dalam mempercepat digitalisasi produk-produk UMKM di seluruh kota di Indonesia.

Banyak agenda yang tersaji di pameran virtual ini antara lain : Virtual Exhibition, Virtual Business Matching, Virtual Workshop, Virtual Talkshow & Conference, Virtual Awarding, Virtual Sport & Hobbies, Virtual Tourism, Virtual Street Food dan Virtual Fashion Show, Virtual Entertainment.

IKLAN INFOBRAND.ID

Untuk pengunjung virtual expo ini, S.R Nopit Cahyani, Direktur PT. Sukses Mulya Pratama mengatakan pihaknya menargetkan sekitar 200 ribu pengunjung serta melibatkan 375 Pengusaha Lokal dan UMKM di seluruh Indonesia. Seluruh program acara ini dapat diakses secara “FREE” (tidak dikenakan biaya).

“Akan ada banyak kegiatan dan agenda menarik sepanjang gelaran virtual expo ini, yang bisa menambah keseruan sepanjang acara, antara lain Virtual Gowes & Run Virtual Challenge dan juga CoCo Share (Cooking, Coaching & Sharing),” ujar Nopit.

Sementara untuk target transaksinya sendiri, Nopit menyebut angka 25.000.000.000,-dari total keseluruhan transaksi sepanjang pameran. Target tersebut dinilai realistis, karena ada taste yang berbeda jika dibandingkan dengan pameran offline. Dia optimis virtual expo ini bisa berjalan dengan sukses.

Dukungan serupa untuk penyelanggaraan event ini juga datang dari sejumlah Kementerian seperti Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan Dinas Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Memasuki Tahun Ke- 3 di Indonesia, AIRSCREAM UK Hadir di JIVE Expo 2024

Memasuki Tahun Ke- 3 di Indonesia, AIRSCREAM UK Hadir di JIVE Expo 2024
INFOBRAND.ID-Jakarta – AIRSCREAM UK dengan bangga mengumumkan ekspansi dan pertumbuhan bisnis mereka di pasar rokok elektrik di seluruh negeri....


Bantu Korban Banjir Sulsel, Pupuk Indonesia Salurkan 80 Ton Beras

Bantu Korban Banjir Sulsel, Pupuk Indonesia Salurkan 80 Ton Beras
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir bandang dan longsor akibat cuaca ekstrem yang te...


Kolaborasi, The Stones Hotel-TMMIN Hadirkan Shuttle Ramah Lingkungan

Kolaborasi, The Stones Hotel-TMMIN Hadirkan Shuttle Ramah Lingkungan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Legian Bali, Autograph Collection bersama dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi menjalin kolaborasi dal...


Fuso Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024

Fuso Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC)...