Sabtu, 27 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Melalui Inovasi Fintech, Tokopedia Ingin Dorong Inklusi Keuangan di Indonesia

Posted by: 2559 viewer

Melalui Inovasi Fintech, Tokopedia Ingin Dorong Inklusi Keuangan di Indonesia
Ilustrasi Kantor Tokopedia (Istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Sebagai salah satu marketplace ternama di Indonesia, Tokopedia seolah tak lelah untuk terus berinovasi, sesuai dengan misi utamanya guna mendorong pemerataan ekonomi di Indonesia melalui teknologi digital.

Sejak dua tahun lalu, platform e-commerce yang konsisten mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan ini telah mengembangkan dan menghadirkan produk-produk fintech (financial technology) yang menjadi salah satu inovasi terbarunya guna mendorong inklusi keuangan di Indonesia.

Produk fintech dihadirkan sebagai bagian dari upaya Tokopedia dalam mendorong pemerataan ekonomi melalui teknologi digital, dan sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan keuangan inklusif di Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Sebagai upaya dalam menghadirkan inovasi baru guna mencapai terwujudnya misi Tokopedia, kami sudah mulai mengembangkan dan menghadirkan produk-produk digital sejak tiga tahun lalu, dan produk-produk fintech sejak dua tahun lalu,” ujar AVP of Fintech Tokopedia, Samuel Sentana pada INFOBRAND.ID melalui surat elektronik, Kamis (18/4/2019).

Terkait dengan produk fintech, Samuel memberikan contoh. Misalnya seperti Tokopedia Reksa Dana yang diluncurkan pada bulan Maret tahun 2018 lalu. Dimana produk hasil kerjasama dengan Syailendra Capital ini telah menunjukkan animo masyarakat dan pertumbuhan yang positif. Bahkan per Januari 2019 lalu, jumlah transaksi Tokopedia Reksa Dana telah bertumbuh 15 kali lipat sejak pertama kali diluncurkan.

“Inovasi akan terus menjadi salah satu elemen penting untuk membawa Tokopedia selangkah lebih dekat dalam mewujudkan misi utama kami untuk mendorong pemerataan ekonomi di Indonesia melalui teknologi digital,” jelasnya.

Saat ini Tokopedia telah memiliki lebih dari 30 produk-produk digital dan lebih dari 6 layanan keuangan, termasuk pengajuan kartu kredit, pinjaman online, pinjaman modal, berbagai produk asuransi, Tokopedia Reksa Dana, dan Tokopedia Emas yang belum lama ini diperkenalkan.

Tokopedia Emas merupakan fitur jual-beli emas secara online yang telah bekerjasama dengan PT Pegadaian. Sistem yang dipergunakan dalam produk ini berada dibawah pengawasan Otoritas Jasa keuangan (OJK). Proses transaksinya pun relatif mudah, dimana nasabah cukup mengisi jumlah emas yang dibeli dalam bentuk satuan gram atau rupiah, serta melakukan proses pembayaran yang sudah tersedia di aplikasi Tokopedia tersebut.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Inovasi akan terus dikembangkan dan digulirkan dengan mindset fokus pada konsumen,” pungkasnya. [ded]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...


Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang

Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecas...


Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail

Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen pe...