JAKARTA, INFOBRAND.ID – Mastercard mengumumkan akan memperluas kemitraannya dengan Zoho. Kemitraan tersebut dilakukan untuk membantu para pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) agar bisa lebih berkembang.
Nantinya, dengan platform Zoho, Mastercard dapat menawarkan kepada pelanggan bisnis kecilnya berupa akses ke serangkaian alat pemasaran, akuntansi, dan CRM (Customer Relationship Manager) untuk mengotomatisasi dan mendigitalkan proses konvensional sehingga dapat menghemat waktu.
Zahir Khoja, wakil presiden eksekutif, Global Acceptance Mastercard mengatakan bahwa kemitraan ini dapat memberikan solusi dan skala pintar kedua perusahaan untuk secara mendasar untuk mengatasi beberapa tantangan yang dihadapi pemilik usaha kecil setiap harinya.
“Pengusaha ini mendorong penciptaan lapangan kerja, produktivitas, dan pertumbuhan secara global; sangat penting bahwa kita menemukan mitra dan mengembangkan solusi yang memungkinkan kita untuk membantu mereka berhasil,” ujar Zahir dalam keterangan resminya.
Hal senada disampaikan oleh Sridhar Vembu, CEO Zoho Corporation. Menurutnya, kemitraan tersebut telah menghubungkan antara bisnis kecil dengan aplikasi inovatif yang memungkinkan mereka untuk mengakses, mengelola, dan menganalisis informasi waktu nyata yang sangat penting bagi keberhasilan mereka.
“Bersama-sama, Zoho dan Mastercard menyederhanakan tanggung jawab sehari-hari para wirausahawan dan membantu bisnis mereka untuk tumbuh dan berkembang. Sebagai mitra, kami memulai misi bersama kami untuk mendorong ekonomi bisnis kecil global,” kata dia.
Sekadar informasi, saat ini UKM telah berhasil menyumbang 50 persen dari PDB dunia dan mempekerjakan hampir dua pertiga dari tenaga kerja global. Melalui lembaga keuangan Mastercard beserta mitra, usaha kecil sekarang akan memiliki akses ke berbagai solusi seperti perencanaan sumber daya perusahaan dan perangkat lunak keuangan, manajemen hubungan pelanggan dan solusi pemasaran. [ded]