Jum'at, 26 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

MAKERFEST Bersama Tokopedia Dorong Kreator Lokal Jadi Brand Nasional yang Mendunia

Posted by: 2320 viewer

MAKERFEST Bersama Tokopedia Dorong Kreator Lokal Jadi Brand Nasional yang Mendunia
MAKERFEST 2018 Tokopedia

Setelah diresmikan di Jakarta pada Maret lalu, Padang menjadi kota kedua yang disambangi MAKERFEST, sebuah gerakan independen untuk pemberdayaan kreator lokal.

MAKERFEST hadir untuk mencari, mengedukasi, menginspirasi, dan memberikan panggung offline & online bagi para kreator Indonesia untuk merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka, hingga bisa menjadi brand-brand masa depan Indonesia yang mendunia.

Chairman MAKERFEST 2018 William Tanuwijaya menjelaskan bahwa kelahiran MAKERFEST terinspirasi oleh hasil karya para kreator lokal di seluruh Indonesia. “Dalam perjalanan saya membangun Tokopedia, saya berkesempatan menyaksikan dengan dekat perjalanan banyak kreator Indonesia dengan visi dan misi, serta produk yang bagus, namun sayangnya banyak yang mentok hanya di level UMKM.”

IKLAN INFOBRAND.ID

William yakin bahwa sebenarnya dengan ekosistem yang tepat para kreator lokal dapat berkembang dari usaha kecil menjadi industri lalu dari industri menjadi brand-brand masa depan Indonesia yang mendunia.

“Untuk membangun ekosistem, MAKERFEST hadir menjadi panggung penghubung dari para pemangku kepentingan terkait dimana para maker, platform market place, logistik, perbankan, investor, dan pemerintah berkolaborasi mewujudkan cita-cita besar bersama,” tambah William.

Sumatera Barat menawarkan iklim usaha yang kondusif bagi perkembangan kreator lokal. Perdagangan dikenal sebagai ciri khas masyarakat Sumatera Barat, dan merupakan sektor terbesar dalam perekonomian, yakni mencapai 45,49 persen dari total usaha (Sensus Ekonomi Badan Pusat Statistik, 2016).

Usaha Mikro Kecil (UMK) menjadi usaha paling dominan di masyarakat, dengan kontribusi sebesar 98,60 persen terhadap total usaha, sangat dominan dibandingkan Usaha Menengah Besar (UMB) yang berjumlah 1,40 persen. Padang khususnya, memberikan sumbangan terbesar terhadap total usaha dan tenaga kerja sektor perdagangan di Sumatera Barat.

Anak muda menjadi target utama MAKERFEST. Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf menjelaskan bagaimana milenial bisa menjadi motor pertumbuhan kreator lokal Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Lebih dari 30 persen pengusaha ekonomi kreatif di Indonesia adalah generasi milenial. Sebagai populasi terbesar, anak muda Indonesia masih memiliki potensi besar untuk turut mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia. Melalui program seperti MAKERFEST, kami berharap ke depannya lebih banyak lagi pelaku bisnis kreatif Indonesia yang dapat memperluas skala usahanya, sehingga mampu memberikan dampak lebih besar terhadap lapangan pekerjaan dan kesejahteraan ekonomi, serta mampu memberikan inspirasi kepada generasi muda lainnya,” ungkap Triawan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...


Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang

Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecas...


Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail

Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen pe...