Sabtu, 27 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kolaborasi, Kementerian BUMN dan Tokopedia Luncurkan Rumah BUMN

Posted by: 802 viewer

Kolaborasi, Kementerian BUMN dan Tokopedia Luncurkan Rumah BUMN
Rumah BUMN/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Platform loka pasar Tokopedia dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan laman Rumah BUMN khusus untuk menampilkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan kementerian tersebut.

"Pemerintah menargetkan 30 juta pelaku UMKM bergabung dalam ekosistem digital pada tahun 2024 mendatang. Butuh kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan target tersebut," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya dikutip Jumat (16/6/2023).

Laman kurasi Rumah BUMN berisi produk-produk dari UMKM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Melalui kerja sama tersebut, UMKM binaan Kementerian BUMN bisa menjangkau pasar yang lebih besar.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Kami berharap, makin banyak pelaku UMKM yang go modern, go digital, go online dengan bergabung dan memanfaatkan panggung ini, dan di sisi lain, makin banyak masyarakat bangga buatan Indonesia," ujar menteri yang akrab di sapa Eto itu.

Sementara itu, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan pihaknya sebagai platform yang bisa diakses oleh masyarakat yang tinggal di 99 persen kecamatan di Indonesia, berupaya membantu pelaku UMKM menjadi pemeran utama dan semakin menjadi pilihan masyarakat.

"Salah satu caranya adalah berkolaborasi dengan Kementerian BUMN RI, meluncurkan ‘rumahnya UMKM Indonesia’ Rumah BUMN di platform Tokopedia," jelasnya.

Tokopedia mencatat pertumbuhan platform tersebut cenderung merata di berbagai wilayah di Indonesia.

Pada kuartal I 2023, Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), Natuna (Kepulauan Riau) dan Badung (Bali) adalah wilayah dengan kenaikan tertinggi untuk jumlah pelaku usaha. Kenaikan rata-rata jumlah pelaku usaha di wilayah-wilayah itu hampir 30 persen dibandingkan kuartal I 2022.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebelum Rumah BUMN, bentuk keberpihakan Tokopedia untuk produk lokal juga ditunjukkan melalui widget khusus Bangga Lokal untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Platform itu juga memiliki inisiatif Hyperlocal yang menggunakan teknologi geo-tagging supaya konsumen bisa mencari penjual terdekat.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...


Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang

Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecas...


Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail

Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen pe...