Pentingnya melakukan inovasi ditengah persaingan ketat saat ini, inovasi-inovasi baru tentunya sangat diperlukan secara masif oleh para pemilik brand/merek yang bergerak di bidang produk hingga jasa. Karena penting bagi sebuah Brand untuk memiliki sebuah diffrensiasi bisnis.
Ketua Umum Perhumas, Agung Laksamana mengatakan, “Inovasi untuk products penting terutama dalam kompetesi diera disrupsi ini. Saya juga perlu tambahkan bahwa differensiasi dan clear positioning juga kritikal dalam memahami segmentasi pasar,” pungkas Agung kepada INFOBRAND.ID.
Agung menilai inovasi-inovasi yang cocok untuk sebuah brand/merek di era digital saat ini ialah melakukan inovasi produk yang bisa dikolaborasikan dengan teknologi digital.
“Brand products harus memahami perubahan trends baik dalam consumer habits, technology, segmentasi, targeting serta positioning market saat ini,” tambahnya.
Banyak brand/merek mengeluarkan statement inovasi yang pertama di Indonesia , dan dinilai statement tersebut dapat mampu mendongkrak penjualan dari sebuah brand/merek. Namun, Agung memiliki pendapat yang sedikit berbeda.
“Perspektif saya hal ini sah sah saja, karena semua brand product ingin menunjukan bahwa brand produk mereka unggul, terdepan dan inovatif dipasar. Namun, tidak semua penggunaan kata inovasi relevan untuk semua brand products, konsumen juga ingin differensiasi yg berbeda misalnya nilai historis, values, atau keunggulan lokal seperti makanan daerah, hal ini sering kita lihat dalam tourism industry misalnya,” tegas Agung.
Lalu bagaimana menurut Ketua Umum Perhumas ini, inovasi seperti apa yang baik bagi sebuah brand/merek?
Agung pun menjawab, “Inovasi yang bisa memberi jawaban atas ekspektasi dan jawaban atas permasalahan customers,” tutup Agung.