Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kecepatan Inovasi jadi Kunci Kebangkitan Brand

Posted by: 1439 viewer

Keahlian brand dalam mengubah tantangan menjadi peluang di tengah pandemi menjadi kunci kebangkitan brand di kala pandemi. Untuk mewujudkan ide inovasi pun dibutuhkan kecepatan dan momentum yang tepat agar sukses diterima oleh pasar. 

Kecepatan Inovasi jadi Kunci Kebangkitan Brand
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun telah mempercepat adopsi teknologi digital secara lebih masif. Kondisi tersebut menuntut perusahaan yang selama ini masih tertinggal dari digitalisasi dituntut untuk bergerak cepat mengejar ketertinggalan.

Tidak hanya itu, pandemi yang menghadirkan beragam tantangan ternyata juga membuka berbagai peluang yang bisa dioptimalkan. Kondisi tersebut pun dijadikan oleh perusahaan dan brand sebagai momentum untuk menghadirkan produk baru untuk bangkit dari pandemi.

Tri Raharjo, CEO Tras N Co mengatakan brand di Indonesia 2020-2021 melakukan berbagai upaya mengantisipasi dampak dari pandemi, walaupun kecepatan perubahan itu sangat cepat sekali. Menurutnya banyak sekali brand yang melakukan inovasi, baik dari sisi proses bisnis maupun dari produk yang dihasilkan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Adapun beberapa contoh inovasi yang dilahirkan oleh brand seperti produk AC dengan inovasi anti bacterial, atau air purifier anti bacterial, selain itu di layananan transportasi ada yang memakai alat untuk mematikan bakteri. Hal itu menunjukkan bahwa semua lini perusahaan melakukan adaptasi terhadap situasi pandemi dan mengubahkan menjadi peluang bisnis.

Sementara, dari sisi proses bisnis, beberapa inovasi yang dilakukan seperti menggunakan platform berbasis aplikasi sebagai kemudahan masyarakat dalam mendapatkan informasi juga melakukan berbagai aktifitas transaksi. Sedangkan untuk dari segi campaign antara offline dan online juga brand/perusahaan juga  memadukan kedua kegiatan tersebut.

“Sebagai contoh membangun public relation dengan agenda preskon, donasi, serta charity pun berbasis online. Ini tentu saja membawa hal baru di masa pandemi,” ungkap Tri Raharjo.

Namun untuk memastikan inovasi yang dilakukan berhasil, yang harus dilakukan oleh brand adalah memastikan kebutuhan dan keinginan konsumen. Itu melakukan spot analisis apapun yang sudah ada.

Berikutnya kecepatan mengeksekusi ide. Menurutnya ada dua hal penting yang harus dilakukan ketika mengeksekusi ide inovasi. Pertama kecepatan, dan kedua momentum. Ketika kecepatan  inovasi itu dilakukan dengan timing yang tepat, hal ini menjadi suatu kunci keberhasilan Ketika dilanda pandemi.  

IKLAN INFOBRAND.ID

“Tiba-tiba perusahaan dengan cepat tim RND menciptakan sebuah inovasi baru. kecepatan itu menurut saya sangat penting, akan tetapi untuk segi kualitas memang sangat bagus,” ungkap Tri Raharjo.

Ketiga, yang tidak kalah penting adalah, brand harus memikirkan secara kualitas produk yang mereka luncurkan. Terlebih produk tersebut dibuat secara masif, banyak kemampuan dari tim produksi harus dipikirkan secara matang.

Sampai suatu Ketika produk hasil inovasi tersebut di launching ke publik, brand melakukan campaign secara offline maupun online, tak hanya itu brand sendiri juga melakukan analisa market ketika hasil dari peluncuran sebuah produk tersebut sudah diluncurkan. Artinya brand tersebut betul-betul melakukan riset kepada user, apakah produk yang sudah launching tersebut sudah sesuai oleh keinginan konsumen.

“Tak hanya sampai disitu, di sisi distribusi penting juga, mereka juga harus memikirkan ke end customer seperti apa, sehingga langkah-langkah itu yang mereka lakukan,” tutup Tri Raharjo. (Alvin Ardian)

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...