Selasa, 30 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kalbe Farma Torehkan Penjualan Bersih 5,015 Miliar Di Triwulan Pertama 2018

Posted by: 4374 viewer

Kalbe Farma Torehkan Penjualan Bersih 5,015 Miliar Di Triwulan Pertama 2018
Kalbe Farma

PT Kalbe Farma Tbk dan entitas anak (“Kalbe” atau “Perseroan”) hari ini mengumumkan penjualan bersih sebesar Rp 5.015 miliar untuk triwulan pertama 2018, meningkat sebesar 2,4% dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 4.898 miliar.

“Dalam kondisi makro ekonomi yang belum menunjukkan pemulihan, kami memfokuskan pada upaya mempertahankan pangsa pasar dan pengendalian biaya. Berbagai strategi jangka panjang seperti pengembangan kapasitas dan peluncuran produk akan tetap dijalankan. Didukung optimisme akan perbaikan kondisi makroekonomi Indonesia, kami percaya kinerja Perseroan akan tumbuh sejalan dengan pemulihan pasar.” kata Bernadus Karmin Winata, Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan Kalbe dalam siaran persnya.

Perseroan membukukan penjualan bersih sebesar Rp 5.015 miliar di triwulan pertama tahun 2017 atau mencatat pertumbuhan sebesar 2,4%. Pertumbuhan penjualan terutama didukung oleh meningkatnya pertumbuhan volume penjualan pada sebagian divisi usaha, kecuali pada segmen produk kesehatan yang masih relatif stagnan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Laba kotor mencapai Rp 2.428 miliar di triwulan pertama tahun 2018, stabil dibandingkan Rp 2.411 miliar pada tahun 2017. Rasio laba kotor terhadap penjualan menurun menjadi 48,4% dari 49,2% pada periode yang sama tahun sebelumnya. Hal ini terutama merupakan dampak pelemahan nilai tukar Rupiah. Untuk mempertahankan marjin ke depan, Perseroan akan menggabungkan strategi pengelolaan portofolio produk dan peningkatan efisiensi operasional.

Laba usaha pada triwulan pertama tahun 2018 meningkat sebesar 1,7% dengan rasio laba usaha mencapai 15,6%, stabil dibandingkan 15,7% pada periode yang sama pada tahun sebelumnya. Perseroan Perseroan akan terus mengendalikan biaya  pemasaran dan meningkatkan efektivitasnya, sambil memonitor biaya-biaya operasional lainnya untuk mempertahankan tingkat laba operasional.

Laba bersih mencapai Rp 589 miliar di triwulan pertama tahun 2018, stabil dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Pertumbuhan laba bersih yang lebih rendah dibandingkan pertumbuhan penjualan bersih terutama disebabkan oleh penurunan marjin laba kotor.

Dengan mempertimbangkan situasi makro ekonomi serta kondisi kompetisi, Perseroan mempertahankan target pertumbuhan penjualan bersih tahun 2018 sebesar 7%-9% dengan proyeksi pertumbuhan laba bersih pada kisaran yang sama. Target marjin laba operasional ditetapkan stabil pada tingkat 14,5% - 15,5%. Perseroan juga mempersiapkan anggaran belanja modal sebesar Rp 1,0 – 1,5 triliun yang akan digunakan untuk perluasan kapasitas produksi dan distribusi. Rasio pembagian dividen ditingkatkan pada kisaran 45% - 55%, dengan memperhatikan ketersediaan dana dan kebutuhan pendanaan internal.

Sekilas Kalbe

IKLAN INFOBRAND.ID

PT Kalbe Farma Tbk (“Kalbe”) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam; divisi obat resep (Cefspan, Brainact, Broadced, dll); divisi produk kesehatan yang menangani obat bebas (Promag, Mixagrip, Komix, Woods, Fatigon, dll) dan minuman energi dan siap saji (Hydro Coco, Extra Joss), divisi nutrisi (ChilKid, Prenagen, Diabetasol, dll); dan divisi distribusi. Kalbe kini memiliki lebih dari 35 anak perusahaan and 12 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan sekitar 17.000 karyawan, yang tersebar di 74 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Setelah kembali dari liburan panjang, kebutuhan akan penyimpanan bahan makanan yang luas menjadi sangat terasa. Seringkali set...


Halal Bihalal, JNE Kembali Gelar Content Competition 2024

Halal Bihalal, JNE Kembali Gelar Content Competition 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia, JNE hari ini menggelar Halal Bihalal bersama media di Rampstar Kitchen, Jl....


Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru

Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru
INFOBRAND.ID-Franchise & License Expo Indonesia, FLEI EXPO 2024 edisi ke-22 akan kembali digelar pada 10-12 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran, Hall D2,...


Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar

Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar
INFOBRAND.ID-Semifinal dan Final Tekiro Mechanic Competition 2024 untuk para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Pulau&...


Error
Whoops, looks like something went wrong.