Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Jelang Pemilu 2024, Ini Komitmen Google dan YouTube

Posted by: 501 viewer

Jelang Pemilu 2024, Ini Komitmen Google dan YouTube
Ilustrasi komitmen Google-Youtube dukung Pemilu 2024/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Google dan Youtube berkomitmen mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 yang damai dan bermartabat dengan menghubungkan masyarakat kepada informasi yang tepercaya serta mengedukasi publik agar terhindar dari misinformasi.

Direktur Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Google Indonesia Putri Alam mengatakan, sejalan dengan misi perusahaan yakni mengorganisir informasi di dunia agar dapat diakses oleh semua orang.

"Hari ini yang ingin kami lakukan adalah upaya-upaya Google dan YouTube dalam mendukung Pemilu damai 2024," kata dia di Jakarta kemarin.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut Putri lagi, dalam upaya untuk mewujudkan pemilu yang damai dan bermartabat , Google dan Youtube akan menjalankan sejumlah langkah.

Pertama, Google akan berusaha untuk melindungi pengguna dari konten yang berbahaya dan ilegal. Mereka akan menampilkan informasi otoritatif dan menerapkan kebijakan yang komprehensif untuk mengatasi timbulnya misinformasi.

Contohnya, ketika pengguna mencari informasi mengenai pemilu pada Google Search, Google akan mengedepankan informasi-informasi atau berita dari sumber-sumber tepercaya seperti dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Tak hanya Google, Youtube pun akan menampilkan video-video terkait pemilu seperti berita seputar pemilu maupun tayangan debat calon presiden dari sumber otoritatif yang kredibel dan tepercaya.

YouTube juga akan menindak tegas konten-konten yang melanggar, seperti perilaku yang merugikan orang lain, penggunaan teknologi deepfake, aktivitas penipuan atau scamming, dan peniruan identitas.

IKLAN INFOBRAND.ID

Apabila ditemukan konten semacam itu, YouTube akan mengambil tindakan untuk menekan potensi bahaya, baik dengan blokir, menghapus, atau membatasi konten tersebut.

"Upaya ini bertujuan untuk memastikan bahwa pengguna mendapatkan akses ke informasi yang akurat dan dapat dipercaya," ujarnya.

Adapun langkah kedua yang dilakukan adalah mengedukasi masyarakat agar terhindar dari misinformasi atau hoaks selama penyelenggaraan Pemilu 2024.

Pada kesempatan yang sama, Head of Brand and Reputation Marketing Google Indonesia Muriel Makarim mengatakan pihaknya menyadari pentingnya memberikan wawasan dan literasi kepada masyarakat untuk membuat keputusan yang matang berdasarkan informasi kredibel dan tepercaya.

Dalam upaya untuk mencapai tujuan tersebut, Google dan YouTube bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

IKLAN INFOBRAND.ID

Muriel menyebut terdapat dua aspek pendekatan utama yang dilakukan. Pertama, Google akan mengedukasi pengguna tentang cara mengidentifikasi dan mengevaluasi informasi yang ditemui.

Google Indonesia bekerja sama dengan Jigsaw, sebuah unit di internal Google yang berfokus pada penelitian tentang cara mengatasi misinformasi, khususnya dengan metode prebunking.

Prebunking adalah pendekatan yang membantu pengguna mendeteksi, memahami, dan mencegah taktik-taktik misinformasi. Dalam hal ini, ada tiga taktik yang sering digunakan, yakni merusak reputasi, memanipulasi gambar dan video, serta taktik memancing emosi.

Seiring dengan hal tersebut, Google Indonesia meluncurkan kampanye "Recheck Sebelum Kegocek" bekerja sama dengan KPU, Bawaslu, Cek Fakta, Safer Internet Lab, Vindes, dan mitra-mitra lainnya. Ini adalah kampanye yang terutama ditujukan kepada pemilih muda agar terhindar dari misinformasi maupun informasi palsu lainnya.

YouTube juga meluncurkan kampanye "Pause Dulu," yang mengajak pengguna untuk lebih bijak sebelum membagikan informasi, dengan mengevaluasi konten terlebih dulu, memeriksa kredibilitas sumber, dan berpikir sejenak sebelum membagikannya agar terhindar dari misinformasi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dengan berbagai langkah ini, diharapkan masyarakat Indonesia dapat lebih cerdas dan berhati-hati dalam menyikapi informasi selama periode Pemilu 2024.

"Walaupun kami sudah berusaha sedemikian rupa untuk menjaga keamanan pengguna seperti yang tadi sudah paparkan, pasti pelaku yang tidak bertanggung jawab akan selalu ada. Oleh karena itu kami percaya bahwa penting sekali untuk mempersiapkan pemilih untuk melawan misinformasi ini," kata Muriel.

Muriel juga menyampaikan bahwa organisasi filantropi Google, Google.org, memberikan hibah sebesar 2,5 juta dollar AS (sekitar Rp38 miliar) kepada Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) untuk meningkatkan cakupan program Tular Nalar.

Sementara itu, Program Manager Tular Nalar Mafindo Santi Indra Astuti menyatakan Tular Nalar yang dibentuk oleh Mafindo, Maarif Institute, dan Love Frankie pada tahun 2020, adalah program yang berfokus pada penyediaan sarana dan pembekalan literasi digital terhadap kelompok rentan seperti kaum muda dan lansia.

Program tersebut bertujuan membekali kelompok-kelompok itu dengan kemampuan untuk mengidentifikasi informasi yang keliru, hoaks, dan ujaran kebencian guna memastikan bahwa mereka dapat menjelajahi internet dengan aman dan terhindar dari hoaks dan penipuan digital.

"Kami akan memperluas jangkauan program Tular Nalar ke 38 provinsi secara lokal. Upaya yang diperluas tersebut akan meneruskan dan mengembangkan kerja keras kami terdahulu, yang bertujuan untuk menunjang penerima manfaat, terutama pemilih pemula dan lansia, dengan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...