Kamis, 02 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

INFOBRAND TALK: 8 DIMENSI PERILAKU Masyarakat di Masa Covid-19

Posted by: 2718 viewer

INFOBRAND TALK: 8 DIMENSI PERILAKU Masyarakat di Masa Covid-19
Screenshot Amalia E Maulana via Zoom

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Setelah sukses dengan INFOBRAND TALK pertama pada 23 April 2020 lalu, TRAS N CO Indonesia dan INFOBRAND.ID kembali menghadirkan INFOBRAND TALK tahap dua pada Kamis (30/4) lalu dengan narasumber utama Brand Consultant dan Ethnographer Director ETNOMARK Consulting Amalia E. Maulana yang mengupas perihal “8 DIMENSI PERILAKU Masyarakat di Masa Covid-19”.

Baca juga: INFOBRAND Gelar BrandTalks Lewat Video Conference

Dalam acara yang digelar melalui video conference tersebut, Amalia mengatakan bahwa untuk menentukan delapan perilaku masyarakat di masa covid-19 ini, pihaknya telah meneliti sekitar 609 responden melalui metode survei secara daring selama satu pekan pada awal April 2020 lalu.

IKLAN INFOBRAND.ID

Adapun delapan perilaku yang diteliti adalah pengetahuan tentang Covid-19, Work from Home (WFH), donasi, berbagi pengetahuan, dampak bisnis/personal, berbelanja, karakter psikologis dan keseharian.

“Kita melakukan etnografi secara online. Kita masuk ke dalam kehidupan konsumen secara online. Kita melakukan penelusuran di dalam kehidupan konsumen di sosmed atau di Whatsapp,” kata Amalia.

Dari hasil survei didapati bila dalam pengetahuan tentang Covid-19, sebanyak 47 persen responden menyatakan diri sebagai orang yang awam saja. Hasil ini hanya unggul tipis dari mereka yang menyatakan diri sebagai mendadak pakar, yaitu sekitar 45 persen. Sementara untuk perilaku WFH, sebesar 71 persen responden menyatakan bekerja sebatas yang digariskan perusahaan.

Untuk perilaku donasi, sebesar 83 persen responden memilih dirinya sebagai kelompok ‘malaikat’. Ini sebanding dengan perilaku dampak bisnis/personal, karena 88 persen dari responden memilih sebagai kelompok yang menyatakan keikhlasannya berkorban dalam kondisi sulit ini. Untuk perilaku berbelanja, sebesar 78 persen responden menyatakan dirinya sebagai wakil keluarga dalam berbelanja.

“Hal menarik dari penelitian ini ditemukan pada hasil terkait perilaku karakter psikologis. Karena sebanyak 64 persen responden menyatakan dirinya sebagai orang yang optimis di tengah kondisi pandemi Covid-19. Sementara pada perilaku keseharian, 40 persen responden mengatakan mempunyai energi lebih untuk mengerjakan hobi, ibadah, olahraga atau sekedar bermedia sosial,” jelasnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Secara menyeluruh, lanjutnya, survei ini mendapati bahwa 70 persen dari keseluruhan responden berperilaku sosialisme dan berorientasi pada sesama. Masih ada 27 persen responden yang berperilaku positif tetapi masih berorientasi pada diri sendiri dan 3 persen cenderung egosentris.

“Survei ini selain bertujuan untuk memetakan sejauh mana gaya perilaku masyarakat Indonesia di kota besar di masa Pandemi Covid ini, juga membantu responden dalam mengukur gaya perilaku masing-masing,” tutup Amalia.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hadirkan Cooker Hood Inovatif, Fotile Peroleh Top Innovation Choice Award 2024 

Hadirkan Cooker Hood Inovatif, Fotile Peroleh Top Innovation Choice Award 2024 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan memasak di dalam rumah kadang kala sering menimbulkan masalah, salah satunya adalah uap yang terperangkap di dalam ru...


Primadona Giant POLYTRON Diganjar Top Innovation Choice Award 2024

Primadona Giant POLYTRON Diganjar Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Bukan rahasia lagi jika mencuci pakaian menjadi pekerjaan rutin yang melelahkan dan menyita waktu. Untuk membuatnya lebi...


Hadirkan CCTV Inovatif, Immersive Tech Sabet Top Innovation Choice Award 2024

Hadirkan CCTV Inovatif, Immersive Tech Sabet Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kehadiran CCTV sekarang ini telah menjadi kebutuhan, karena dengan keberadaan CCTV mampu meningkatkan keamanan rumah dan berba...


Inovasi Minuman Berkolagen, Flimbeauty Flimcol Raih Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Minuman Berkolagen, Flimbeauty Flimcol Raih Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produk minuman kesehatan Flimbeauty Flimcol berhasil memperoleh penghargaan di bidang inovasi dari media INFOBRAND.ID yang bek...