Sabtu, 18 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Indonesia Siap Jadi Negara Digital di 2035, Strategi Kemenkominfo?

Posted by: 2119 viewer

Indonesia Siap Jadi Negara Digital di 2035, Strategi Kemenkominfo?
Menkominfo Johny G Plate menyampaikan paparan pada Internet Governance Forum 2019 di Berlin, Jerman, Senin (25/11/2019). (Humas Kemenkominfo)

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Indonesia siap menjadi negara digital pada tahun 2035. Begitulah yang disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate dalam sesi Digital Ministers Meeting pada Internet Governance Forum 2019 di Berlin, Jerman awal pekan ini.

Dia menyampaikan, target tersebut bisa tercapai dengan melakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi secara besar-besaran. “Pada 2024 nanti, daerah-daerah terpencil di seluruh kepulauan akan mendapat manfaat dari internet kecepatan tinggi 10 megabyte per detik. Pembangunan infrastruktur komunikasi dan informasi besar-besaran inilah yang akan menjadikan negara kami siap menjadi negara digital pada tahun 2035,” papar Johnny dalam keterangannya.

Menurut Johnny, proyeksi Indonesia menjadi negara digital semakin kuat mengingat selama ini Indonesia menjadi salah satu negara terbesar pengguna internet, terutama partisipasi di media sosial.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dikatakan olehnya, Indonesia merupakan negara kelima yang paling aktif secara digital di dunia. Indonesia menjadi pasar terbesar ke-4 untuk Facebook dan Instagram. Sekitar 40% dari penduduk Indonesia tercatat aktif sebagai pengguna Whatsapp.

“Dengan basis pengguna internet sebanyak 150 juta orang, Indonesia telah menjadi mesin digital Asia Tenggara,” kata dia.

Untuk mendukung misi menjadi negara digital Kemkominfo telah dan akan menyelenggarakan program-program keterampilan dan literasi digital demi mewujudkan ekosistem ekonomi digital yang kompetitif dalam skala nasional dan global.

Program-program tersebut antara lain adalah program Keterampilan Digital Dasar melalui Gerakan Digital Siberkreasi, dilanjutkan dengan program Keterampilan Digital Menengah melalui Digital Talent Scholarship, dan program Keterampilan Digital Lanjutan melalui Digital Leadership Academy.

Semua program tersebut melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan ekosistem, yaitu: perusahaan teknologi dan telekomunikasi, sekolah, lembaga pemerintah, dan komunitas lokal.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...