Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Grab jalin kemitraan dengan Rexona melalui GrabGerak: Gerakan sosial sebagai bentuk kepedulian bagi penyandang disabilitas

Posted by: 2499 viewer

Grab jalin kemitraan dengan Rexona melalui GrabGerak: Gerakan sosial sebagai bentuk kepedulian bagi penyandang disabilitas
Grab Indonesia

Grab, layanan transportasi on-demand dan pembayaran mobile terkemuka di Asia Tenggara bersama dengan Rexona, merek deodoran yang percaya ketika semakin Anda bergerak, semakin banyak yang Anda bisa dapatkan dalam kehidupan, meluncurkan GrabGerak, sebuah solusi unik yang pertama kali disediakan untuk mendukung para penyandang  disabilitas untuk bergerak dan mendapatkan lebih banyak akses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain itu, Grab juga bermitra dengan Kitabisa.com untuk mendukung Difa Bike, layanan transportasi khusus penyandang disabilitas.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Program Perlindungan dan Layanan Sosial (PPLS) pada tahun 2012, terdapat 3.838.985 penyandang disabilitas yang tinggal di Indonesia[1]. Mereka menghadapi beragam isu mobilitas sehari-hari, seperti trotoar yang dipenuhi pedagang kaki lima, jembatan bagi pejalan kaki tanpa fasilitas elevator, bahkan area khusus penyandang disabilitas yang disalahgunakan oleh para pengemudi transportasi umum. Tak hanya itu, jika dibandingkan antara penyandang disabilitas dengan pemerintah, masyarakat termasuk organisasi sosial yang berfokus pada penyandang disabilitas dan keluarga mereka, kemampuan mereka untuk menangani dan memberikan perawatan memadai bagi penyandang disabilitas berada pada rasio yang mengkhawatirkan, yakni 101:1[2]. Dengan besarnya kesenjangan ini, sektor swasta diharapkan dapat berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan transportasi yang inklusif.

Rexona mengembangkan Gerak, sebuah aplikasi asisten mobilitas suara pertama bagi penyandang disabilitas di Indonesia. Melalui aplikasi mobile ini, hanya cukup dengan berbicara atau chatting, penyandang disabilitas dapat menemukan tempat-tempat ramah disabilitas terdekat dan dapat di antar ke tempat tersebut dengan memesan kendaraan GrabGerak khusus. Rexona percaya bahwa setiap orang harus dapat bergerak dengan bebas, termasuk saudara kita penyandang disabilitas. Sebagai bagian dari kampanye Movement for Movement, Rexona juga mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dan berkontribusi lebih banyak dengan berbagi informasi mengenai tempat-tempat ramah disabilitas melalui aplikasi Gerak.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Mobilitas dan aksesibilitas bukanlah sebuah keistimewaan, namun hak dasar setiap manusia. Kepercayaan inilah yang mendasari konsep dari inisiatif kami. Sebagai platform transportasi terkemuka di Asia Tenggara, inisiatif ini merupakan langkah alamiah bagi kami untuk menjangkau lebih jauh dari apa yang pasar lakukan. GrabGerak adalah proyek kerja sama kami dengan Rexona untuk mendukung para penyandang disabilitas dalam meraih aspirasi dan tujuan hidup mereka. Inisiatif ini merupakan proyek pertama kami untuk menggali lebih dalam semua demografi pelanggan kami dan melayani keragaman ini dengan lebih baik lagi.” ungkap Mediko Azwar, Marketing Director of Grab Indonesia.

 

Grab bekerja sama dengan Rexona melalui kampanye ‘Movement for Movement’ untuk mendukung mobilitas penyandang disabilitas melalui inisiatif berikut ini:

  • Layanan yang ramah bagi penyandang disabilitas: Grab juga memperkenalkan GrabGerak, layanan terbaru yang dirancang secara khusus bagi penyandang disabilitas dengan mengutamakan aspek keamanan dan kenyamanan.
  • Armada yang didedikasikan: Grab menyediakan 118 armada GrabCar dengan stiker khusus GrabGerak di Jabodetabek selama dalam tahap uji coba.
  • Mitra pengemudi yang telah mendapatkan sertifikasi: 118 mitra pengemudi GrabGerak telah melalui proses pelatihan khusus seputar kesetaraan dan layanan bagi penyandang disabilitas, serta pengetahuan mengenai keamanan mendasar yang dilakukan oleh Audisi. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan mereka dalam melayani penyandang disabilitas dengan bantuan khusus.
  • Kampanye bersama dengan Rexona: Kampanye dilakukan dalam aplikasi Gerak milik Rexona,aplikasi Grab dan media sosial kedua belah pihak untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap kampanye ‘Movement for Movement’.

Inisiatif untuk mendukung mobilitas penyandang disabilitas bukanlah sebuah komitmen sesaat bagi Grab. Pada awalnya, Grab memang hanya merupakan platform pemesanan kendaraan sederhana. Namun kini aplikasi Grab telah jauh berkembang dan menjadi semakin ramah bagi penyandang disabilitas. Saran dan masukan dari para penumpang telah menginspirasi Grab untuk mengembangkan aplikasinya agar dapat melayani semakin banyak pengguna. Para engineer dan designer perangkat lunak Grab telah bekerja tanpa lelah dalam mengembangkan beragam fitur baru bagi para penumpang – terutama bagi mereka yang berkebutuhan khusus.

Lebih jauh lagi, Grab juga bermitra dengan Kitabisa.com untuk menggalang donasi bagi Difa Bike, layanan transportasi khusus disabilitas di Yogyakarta. Pengguna layanan Grab dapat berpartisipasi untuk mewujudkan 10 buah sepeda motor 3 roda Difa Bike dengan cara:

IKLAN INFOBRAND.ID

  • Donasi langsung melalui Kitabisa.com melalui https://kitabisa.com/GrabGerakDifabike
  • Melakukan posting terkait dengan semangat gerakan Movement for Movement dan GrabGerak sebanyak-banyaknya dengan tag akun Instagram @grabid serta menggunakan tagar #GrabGerak. Grab akan mendonasikan sejumlah dana untuk sejumlah posting yang terkumpul selama periode penggalangan dana.
  • Menukarkan poin GrabRewards menjadi donasi mulai 250 poin dengan mengunjungi katalog GrabRewards pada aplikasi Grab (250 poin setara dengan donasi sebesar Rp5.000,-).

GrabGerak akan menjadi layanan baru yang tengah diuji coba di Jabodetabek, melengkapi layanan Grab yang telah tersedia saat ini, seperti GrabCar, GrabBike, GrabHitch (Nebeng), GrabTaxi, GrabFood, dan GrabExpress. Ke depannya, Grab akan terus bekerja sama dengan para mitra untuk meningkatkan layanannya dan memberikan sertifikasi ke lebih banyak mitra pengemudi. “Ini adalah awal bagi perusahaan kami untuk melayani seluruh demografi pelanggan di Asia Tenggara dengan sepenuhnya. Kami akan terus mencari peluang dan meningkatkan layanan kami sehingga semua orang, terlepas dari latar belakang dan kondisi fisiknya, dapat menikmati layanan transportasi terbaik dan meraih aspirasi hidupnya,” tutup Mediko.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Grab dan menjadi agen perubahan, khususnya bagi penyandang disabilitas. Di Unilever, kami percaya bahwa setiap brand sebaiknya memiliki tujuan yang baik (brand with purpose) sehingga mampu memberikan dampak yang baik bagi konsumen. Khususnya bagi Rexona, kami membantu masyarakat untuk semakin bergerak sehingga mampu mendapatkan lebih dalam kehidupan. Kampanye dan kemitraan inovatif dengan Grab memungkinkan kami untuk membantu kelompok masyarakat yang kurang mampu untuk bergerak, yaitu komunitas penyandang disabilitas. Kolaborasi yang diwujudkan lewat aplikasi GrabGerak ini membantu penyandang disabilitas tidak hanya dapat menemukan tempat-tempat yang ramah bagi penyandang disabilitas tetapi mereka juga dapat tiba di sana dengan mudah. Untuk itu, kami berharap hal ini dapat menginspirasi lebih banyak penyandang disabilitas untuk bergerak serta masyarakat luas untuk berkontribusi dalam gerakan ini. Kedepannya, kami memiliki lebih banyak inisiatif seperti Mapathons dan Hackathon di mana semua orang dapat berpartisipasi. Harapan kami adalah inisiatif ini menjadi gerakan sosial yang nyata,” tutur Ira Noviarti, VP Personal Care Unilever Indonesia.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...