Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Gandeng ELSA Speak, PLN Optimalkan Kemampuan Bahasa Inggris Para Karyawan

Posted by: 396 viewer

Gandeng ELSA Speak, PLN Optimalkan Kemampuan Bahasa Inggris Para Karyawan
PLN English Community/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT PLN (Persero) bekerja sama dengan ELSA Speak dalam mengoptimalkan kemampuan bahasa Inggris para karyawan melalui “PLN English Community”, sebagai program yang didukung ELSA Speak dengan menggunakan AI.

Dikutip dari siaran persnya, Senin (13/11/2023), program ini tidak hanya menekankan pembelajaran mandiri, tetapi juga mengutamakan interaksi dan kolaborasi antar karyawan melalui platform virtual. 

Dengan bantuan AI dari ELSA Speak, program ini dapat mengidentifikasi kebutuhan setiap individu dan menyusun kurikulum yang disesuaikan pribadi masing-masing peserta.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dampak positifnya pun cepat dirasakan para karyawan terutama dalam menghadapi situasi pekerjaan dan bisnis sehari-hari, seperti saat presentasi, berbicara di depan umum, dan pendelegasian tugas.

Adanya PLN English Community ini juga menjadi bagian penting dari upaya PLN untuk menjadi perusahaan go global, dengan target 30 persen karyawan perusahaan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik.

"PLN English Community merupakan implementasi langkah strategis kami dalam memberi pelatihan bahasa Inggris berbasis teknologi kepada SDM perusahaan secara efektif. Pelatihan dilakukan melalui metode blended learning di mana ELSA Speak memadukan teknologi dan tenaga pengajar native,” kata Country Manager ELSA Indonesia Yasser Muhammad Syaiful.

Dengan metode pembelajaran tersebut, para peserta memiliki fleksibilitas untuk belajar kapan saja dan di manapun mereka berada.

Tidak hanya itu, para peserta juga diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk terlibat dalam diskusi dan interaksi rutin bersama tutor native sebanyak satu kali dalam seminggu.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pendekatan blended learning ini terbukti efektif dan sesuai dengan kebutuhan para profesional di BUMN yang memiliki dinamika kerja tinggi dan tetap suka berdiskusi. Dengan demikian, peserta mempunyai ruang belajar bersama tutor yang praktis, menyenangkan, dan mampu mempertahankan motivasi karyawan agar tetap terlibat hingga akhir pembelajaran.

Dengan adanya peningkatan keterampilan individu yang terlibat dalam program ini, diharapkan akan tercipta lebih banyak peluang kolaborasi internasional yang dapat memperluas jangkauan visi PLN untuk mendunia. Targetnya, perusahaan dapat mencapai Return On Investment (ROI) yang signifikan dan memberikan dampak positif yang nyata di berbagai sektor.

Manfaat lain dari PLN English Community ini juga memberi persiapan bagi karyawan untuk mengikuti event kompetisi tahunan PLN English Olympiad (PEO) yang diadakan oleh PT PLN Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PLN Pusdiklat). Kompetisi yang berlangsung pada Oktober 2023 ini mengusung tema "Unleashing Energy and Beyond".

Pelaksanaan lomba terbagi dalam dua kategori, yaitu debat ala Asian Parliamentary Style untuk kategori kelompok, dan PLN Talks untuk kategori individu. 

Dalam seleksi PEO, digunakan ELSA Speech Analyzer untuk mendeteksi kesalahan dalam pengucapan dalam bahasa Inggris berdasarkan lima kriteria penilaian, yaitu pengucapan, intonasi, kelancaran berbicara, tata bahasa, dan kosa kata.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kompetisi diikuti oleh 39 unit dan anak perusahaan dari seluruh Indonesia dengan total 264 peserta. Setelah melalui proses seleksi ketat, 45 tim dan 10 peserta individu berhasil melaju ke babak semifinal yang diadakan di PLN Taman Mini Indonesia Indah. 

Kemudian babak final diselenggarakan di Kantor PT PLN (Persero) Pusat, Jakarta Selatan, dengan diikuti oleh 6 tim dan 5 peserta individu.

Keberhasilan program PLN English Community dan PEO 2023 ini menandai pencapaian luar biasa para karyawan dalam menguasai bahasa asing secara global, serta diharapkan menjadi langkah penting bagi perseroan dalam upaya ekspansi dan mendunia.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...