Senin, 29 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Era Digital, Dunia Public Relations Hadapi Tantangan yang Semakin Kompleks

Posted by: 3437 viewer

Era Digital, Dunia Public Relations Hadapi Tantangan yang Semakin Kompleks
Ilustrasi tantangan PR/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Adanya digitalisasi dan big data di berbagai sektor saat ini memang sangat membantu kinerja seorang public relations (PR) menjadi lebih cepat dan tepat. 

Meski begitu, seorang PR juga ditantang untuk terus meningkatkan dan mengasah kompetensi mereka agar mampu bersaing dengan PR yang lain.

Prita Kemal Gani, Founder Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Jakarta, mengatakan seorang PR harus mnghadapi tantangan di bawah ini untuk sukses.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pertama adalah tantangan globalisme, menurut Prita seorang PR harus memiliki jaringan luas secara global, memiliki kapabilitas global dan juga standar kompetensi global

Tantangan kedua menurut Prita adalah Growth-Hi-Tech, komunikasi internal sama pentingnya dengan komunikasi eksternal. 

Terkadang sebagai PR, yang dipikirkan hanyalah mengenai konsumen. Padahal, yang seharusnya diajak berkomunikasi terlebih dahulu adalah pihak internal. Komunikasi ini dapat dilakukan secara digital.

Ketiga, pendidikan. Menurut Prita menjadi PR harus kreatif dan inovatif. Itulah sebabnya PR harus menyukai seni. 

PR juga harus memiliki banyak imajinasi. Pasalnya, saat pers rilis tak hanya berbentuk tulisan tetapi juga dalam bentuk foto. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Oleh karena itu, seorang PR harus mampu memproduksi rilis dengan foto dan teknik editing yang baik. Boleh dibantu fotografer, namun PR lah yang tetap menjadi konseptornya.

Tantangan keempat adalah eekrutmen. Maklum saja, sekarang ini praktisi PR tak hanya berasal dari latar belakang ilmu komunikasi melainkan dari bidang-bidang ilmu lain.

Tantangan Kelima adalah Research. Menurut Prita tidak ada pekerjaan PR yang dilakukan tanpa riset. Sebab, tanpa riset seorang PR tidak dapat merespons isu yang tengah berkembang secara tepat.

Tantangan selanjutnya menurut Prita adalah etika dan profesionalisme, untuk hal ini seorang PR harus menjunjung tinggi etika dan profesionalisme. Salah satunya adalah memperhatikan penampilan, tepat waktu, akurat, akuntabel, dan berperilaku baik.

Kemudian, tantangan terakhir yakni reputasi PR. Saat ini CEO mulai sadar akan pentingnya kehadiran PR. Sebagai seorang PR harus memikirkan cara agar CEO menjadi populer. Pasalnya, peran CEO cukup besar dalam membangun reputasi.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


1700 Peserta Meriahkan Fun Walk 30 Tahun Dekkson

1700 Peserta Meriahkan Fun Walk 30 Tahun Dekkson
INFOBRAND.ID - Memperingati ulang tahun ke-30, Dekkson, merek terkemuka dan produsen kunci pintu berkualitas di Indonesia, menggelar Fun Walk dalam ke...


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...


Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang

Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecas...