Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

E-shopaholics: Kunci Utama Pertumbuhan E-Commerce di Indonesia

Posted by: 995 viewer

E-shopaholics: Kunci Utama Pertumbuhan E-Commerce di Indonesia
Ninja-Xpress dan Geopost telah merilis hasil riset

Hasil riset terbaru “Suara UKM Negeri Vol 3” yang dilakukan oleh Ninja Xpress dan Geopost mengungkapkan fakta menarik tentang tren belanja online di Indonesia. Dalam studi ini, ditemukan bahwa 43% total pembelian e-commerce di Indonesia berasal dari 14% pembeli yang rajin berbelanja online, yang dikenal sebagai e-shopaholics (10/07/23).

Riset ini melibatkan lebih dari 1.500 pembeli online dan wawancara mendalam dengan lebih dari 65 e-shopaholics untuk memahami perilaku dan kecenderungan pembelanja online di Tanah Air. Hasilnya menunjukkan bahwa e-shopaholics memiliki peran krusial dalam pertumbuhan e-commerce di Indonesia.

Pada tahun 2022, 86% pengguna internet di Asia Tenggara merupakan e-shoppers, dengan 74% dari mereka berada di Indonesia. Lebih menarik lagi, 14% e-shopaholics di Indonesia bertanggung jawab atas 43% total pembelian e-commerce, menunjukkan kontribusi signifikan dari kelompok pembeli yang rajin berbelanja online.

IKLAN INFOBRAND.ID

Para e-shopaholics ini umumnya merupakan pengguna awal belanja online di Indonesia. Sejarah belanja online dimulai pada tahun 1999 dengan pendirian Kaskus oleh Andrew Darwis, diikuti oleh hadirnya platform Bhinneka.com. Dalam dua dekade terakhir, e-commerce berkembang pesat di Indonesia dengan munculnya berbagai platform dan inovasi, termasuk kemudahan pembayaran digital dan program loyalitas. E-shopaholics menjadi ahli dalam menjelajahi ekosistem e-commerce dan memiliki standar yang tinggi dalam semua tahap pembelian.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress, menjelaskan bahwa riset “Suara UKM Negeri Vol 3” ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang e-shopaholics dan membantu mempersiapkan UKM Indonesia menghadapi masa depan e-commerce yang lebih maju.

Hasil riset ini juga mengungkapkan empat ciri khas e-shopaholics, yaitu pengaruh media sosial dan influencer dalam keputusan pembelian (impressionable), keterlibatan tinggi dalam riset produk dan membaca ulasan (invested), keahlian dalam menggunakan berbagai platform dan kategori produk (savvy), serta standar yang tinggi dalam setiap tahap pembelian (loyal).

Melalui riset ini, Ninja Xpress juga menegaskan komitmennya untuk mendukung bisnis UKM di Indonesia dengan solusi pengiriman tanpa kerumitan. Mereka menyediakan layanan creative business solutions, seperti foto dan video produk, endorsement, dan live selling di berbagai platform, serta alat manajemen pesanan online Sellercraft untuk memastikan bisnis UKM dapat terus berkembang.

Dengan adanya e-shopaholics yang aktif dan berkontribusi besar dalam e-commerce, diharapkan industri ini dapat terus tumbuh dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi perekonomian Indonesia.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Resmi Beroperasi, Ini Harga dan Cara Berlangganan Starlink

Resmi Beroperasi, Ini Harga dan Cara Berlangganan Starlink
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Penyedia jasa internet berbasis satelit, Starlink, dipastikan beroperasi di Indonesia setelah sang pemilik, Elon Musk meresmik...


Inovasi Lulur Tanpa Bilas Pertama Di Indonesia dari Beautetox, Seperti Apa?

Inovasi Lulur Tanpa Bilas Pertama Di Indonesia dari Beautetox, Seperti Apa?
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di tengah maraknya produk kecantikan konvensional, inovasi lulur tanpa bilas dari Beautetox menjadi terobosan yang menarik per...


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...