Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

CSR Perusahaan Dorong Pencapaian SDGs Untuk Pembangunan Berkelanjutan

Posted by: 737 viewer

CSR Perusahaan Dorong Pencapaian SDGs Untuk Pembangunan Berkelanjutan
SDGs image

INFOBRAND.ID- Corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan punya kontribusi mendorong pencapaian sustainable development goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan pada 2030.

SDGs yang terdiri dari 17 tujuan penting ini merupakan tujuan global di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan diikuti oleh banyak negara di dunia. Sejumlah tujuan itu antara lain tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, air bersih dan sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau, industri, inovasi dan infrastruktur, penanganan perubahan iklim, dan kemitraan untuk mencapai tujuan. Setiap tahunnya setiap negara akan melaporkan pencapaian SDGs ke PBB.

Executive Director of Center for Entrepreneurship Change and Third Sector, Maria R Nindita Radyati mengatakan, sustainability atau keberlanjutan memiliki tujuan akhir pencapaian SDGs. Sementara prosesnya atau aktivitasnya adalah CSR itu sendiri.

IKLAN INFOBRAND.ID

Arah dari keberlanjutan ini, tambahnya, adalah memastikan generasi penerus di masa depan punya kemampuan untuk memenuhi kebutuhannya dan meneruskan kehidupan di masa mendatang. Dampak keberlanjutan itu kata dia, mencakup aspek alam, lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan kesejahteraan.

Founding Director of MM Sustainability Universitas Trisakti ini berpendapat, kegiatan CSR berkaitan erat dengan prestasi bisnis jika perusahaan melakukannya dengan cara yang benar. Oleh karena itu, target SGDs itu sangat bermanfaat bagi keberlanjutan bisnis tersebut.

Manfaat lainnya dari CSR adalah untuk mitigasi risiko bisnis perusahaan sehingga bisa mempertahankan keunggulan kompetitifnya dibandingkan dengan perusahaan lain.

"Kalau bisa menunjukkan kontribusi positif dari CSR itu maka bisa memberi image baik dan menaikkan harga saham perusahaan. Itulah cita-cita semua perusahaan terutama yang sudah go public," ucapnya.

Semua kegiatan industri tentu memiliki tujuan keberlanjutan yang berbeda satu sama lain. Sertifikasi keberlanjutannya pun berbeda-beda. Tidak hanya pertambangan, tetapi perbankan dan pariwisata juga bisa mempraktikkan upaya keberlanjutan untuk mencapai SGDs.

IKLAN INFOBRAND.ID

Wakil Ketua Komite CSR Kamar Dagang dan Industri ini juga berpandangan, CSR perusahaan sebaiknya tidak hanya untuk eksternal tetapi juga perlu menyentuh internal perusahaan.

Ia pun mengingatkan, sustainability tidak hanya terbatas pada konsep lingkungan tetapi juga terkait ekonomi. Salah satunya adalah bagaimana bisa membangun masyarakat sejahtera dalam konteks komunitas.

Misalnya, dalam bisnis pertambangan. Pemilik perusahaan bisa berkontribusi dalam pencapaian SDGs di tujuan energi bersih. Di sisi lain, ia juga bisa sambil berkontribusi menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar serta membuat kebutuhan air bersih dan sanitasi layak masyarakat sekitar terpenuhi.

Semua pendekatan yang dilakukan perusahaan dalam CSR untuk mencapai SDGs harus benar-benar holistik.

Ia menyebut, untuk mencapai SDGs pada 2030, perusahaan yang masih melakukan praktik bisnis yang merusak lingkungan hidup wajib memperbaiki lingkungan. Bahkan perusahaan itu perlu melakukan praktik bisnis berkelanjutan terhadap lingkungan. Selain bisa menaikkan nilai ekonomi bisnisnya, ia juga sekaligus melestarikan lingkungan hidup.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pemerintah pun perlu terlihat dalam sinergi itu sehingga bisa menerapkan penegakan hukum terhadap masyarakat yang melakukan perusakan lingkungan.

Sementara itu, perusahaan yang sudah mengacu pada standar global tentu sangat berkepentingan memastikan rantai bisnisnya berkelanjutan dan ramah lingkungan.

 

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...