Jum'at, 26 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

COVID-19 Jadi Kesempatan Bio Farma Untuk Ekspansi Bisnis

Posted by: 1957 viewer

COVID-19 Jadi Kesempatan Bio Farma Untuk Ekspansi Bisnis
Ilustrasi (Istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bagi banyak perusahaan Pandemi COVID-19 dinilai sebagai ancaman mematikan bagi bisnis mereka. Banyak perusahaan berjatuhan karena ditinggalkan konsumen yang tidak bisa lagi ke luar rumah. Sektor pariwisata, hotel, resto, mal, hingga konser musik misalnya, kehilangan konsumen sehingga banyak yang kolaps karena tak lagi mampu meraup omset.

Namun Bio Farma melihat gonjang-ganjing krisis COVID-19 dari sudut pandang yang berbeda. "Kami justru melihat bencana pandemi ini sebagai golden opportunity untuk mempercepat ekspansi perusahaan," kata Sri Harsi Teteki, Direktur Marketing, Riset, dan Pengembangan Bio Farma di gelaran Indonesia Brand Forum 2020, Senin (30/6) lalu.

Menurutnya, begitu banyak inisiatif, bisnis, dan produk baru yang dikembangkan Bio Farma menyusul datangnya pandemi sejak awal Maret lalu.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Tentu saja prioritas utama kami adalah mengembangkan vaksin COVID-19 yang saat ini ditunggu-tunggu oleh segenap masyarakat Indonesia, namun di samping itu banyak produk-produk lain yang kami kembangkan," ujar Teki.

Beberapa inisiatif yang sudah dan sedang dikembangkan adalah produksi RT-PCR hasil kolaborasi dalam Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC19).  Selain itu, Bio Farma juga mengembangkan Mobile Laboratorium Biosafety Level 3 (Mobile Lab BSL-3).

"Kita membutuhkan ribuan Mobile Labs COVID-19 untuk melayani ratusan juta rakyat Indonesia, jadi potensi pasarnya luar biasa besar," tambahnya.

Terkait inovasi di masa pandemi, sebelumnya Bio Farma juga telah menyiapkan lima skenario inovasi. Di samping inovasi-inovasi di atas, perusahaan BUMN yang telah berusia 130 tahun ini juga membuat Terapi Plasma Konvalesen, Virus Transfer  Media (VTM), hingga jaringan klinik vaksin Immunicare.

"Di kenormalan baru vaksin akan menjadi basic needs masyarakat, tak hanya untuk anak-anak namun juga untuk orang dewasa. Sekali lagi ini adalah potensi pasar yang amat besar," katanya optimis. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut Teki, bencana Pandemi justru menjadi peluang luar biasa yang dimanfaatkan oleh Bio Farma untuk melakukan ekspansi produk dan bisnis. "Kami riding the wave, memanfaatkan gonjang-ganjing COVID-19," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...