Selasa, 23 Juli 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

CEO Alvara Research: Milennial Indonesia Tidak Boleh Hanya Jadi Obyek, Milennial Harus Jadi Subyek

Posted by: 21-08-2018 15:33 WIB 453 viewer

CEO Alvara Research: Milennial Indonesia Tidak Boleh Hanya Jadi Obyek, Milennial Harus Jadi Subyek
Hasanuddin Ali CEO & Founder Alvara Research Center

Keluarkan sebuah karya buku yang berjudul Millennial Nusantara, Hasanuddin Ali selaku penulis dan CEO and Founder Alvara Research Center pun juga keluarkan hasil riset mengenai 9 Perilaku Milenial Indonesia.

Riset tersebut pun dilakukan Hasanuddin karena ketertarikannya untuk mempelajari generasi milennial sejak 2012 ketika dirinya membaca sensus penduduk yang dilakukan BPS tahun 2010 yang menunjukkan bahwa piramida penduduk Indonesia akan didominasi oleh penduduk dengan usia muda, dan diprediksikan akan mencapai puncaknya tahun 2025-2030.

Adapun 9 point perilaku milennial Indonesia yang Hasanuddin tuliskan dalam riset yang ia lakukan ialah:

1.Kecanduan Internet

2.Mudah berpaling ke lain hati

3.Dompet tipis

4.Kerja cepat, kerja cerdas

5.Bisa apa saja

6.Liburan kapan saja, dimana saja

7. Cuek dengan politik

8.Suka berbagi

9.Tidak harus memiliki

Riset-riset tersebut diatas dikatakan Hasanuddin selain menggunakan data dari BPS, dirinya juga mempelajari berbagai riset terkait milennial diberbagai negara terutama di Amerika Serikat.

“Kami banyak mengambil rujukan dari riset yang dilakukan oleh Pew Research Center yang banyak melakukan riset milennial berbagai negara,” tambah Hasanuddin.

Masih jarangnya di Indonesia orang yang melakukan riset terkait milennial pada saat itu membuat sulitnya mendapatkan referensi tentang generasi milennial di Indonesia lah yang di ceritakan Hasanuddin merupakan sebuah kesulitan yang dirinya alami saat lakukan proses riset tersebut.

Jika ditengok di beberapa point hasil riset diatas, ada yang menyatakan bahwa milennial mampu untuk liburan kapan saja dan dimana saja tapi dipoint berikutnya juga dituliskan jika kaum milennial memiliki dompet tipis, tentu point diatas mengundang pertanyaan bagaimana bisa milennial yang memiliki dompet tipis bisa liburan kapan saja dan dimana saja.

Hassanudin pun menjelaskan yang dimaksud point tersebut ialah, “Saat ini liburan bagi milennial sudah menjadi keharusan, 1 dari 3 milennial di Indonesia melakukan liburan setiap tahun, hal ini tercermin dari setiap kali terjadi long weekend, tempat-tempat wisata ramai dikunjungi oleh wisata.”

sementara untuk pengertian dompet tipis sendiri, Hasanuddin menjelaskan bahwa, “ Yang dimaksud dengan dompet tipis adalah tidak berarti milennial Indonesia tak memiliki uang, mereka punya uang tapi tidak dalam bentuk tunai, mereka lakukan transaksi secara cashless, baik menggunakan kartu (debit, kartu kredit, e-money) ataupun menggunakan aplikasi fintech.”

Berikutnya lebih dalam lagi, pada point diatas tedapat juga point yang mengatakan bahwa generasi milennial cuek dengan politik, padahal seperti diketahui saat ini di akun akun social media banyak ditemukan postingan-postingan berbau politik dan direspon banyak juga oleh para generasi milennial yang terlihat dalam kolom komen. 

Hasanuddin pun terangkan maksud dari point tersebut, “Mereka memang riuh di social media soal politik tapi masih kalah dengan tiga topik lain yakni olahraga, musik, dan film. Dari survei yang kita lakukan banyak milennial yang masuk kategori pemilih apatis dan mengambang, jumlah lebih besar dibanding generasi-generasi yang lebih tua.”

Adanya hasil riset tersebut, pria yang mengenyam pendidikan statistika ITS Surabaya ini berharap agar generasi milennial tidak boleh hanya menjadi obyek, milennial Indonesia harus menjadi subyek, harus menjadi penggerak utama arus perubahan di Indonesia, sehingga mereka akan menjadi generasi emas yang akan menentukan wajah indonesia di tahun 2025-2030.

lebih lanjut mengenai hasil riset dapat dicek link dibawah ini:

9 Perilaku Milennial Indonesia   


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Tips Memilih Klinik Kecantikan yang Aman dan Terpercaya

Tips Memilih Klinik Kecantikan yang Aman dan Terpercaya
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Klinik kecantikan menjadi salah satu tempat favorit kaum hawa untuk memanjakan tubuh mereka agar tetap terlihat cantik d...


Pentingnya Memanfaatkan Kekuatan Cerita Untuk Branding

Pentingnya Memanfaatkan Kekuatan Cerita Untuk Branding
SURABAYA, INFOBRAND.ID - Metode bercerita atau story telling merupakan metode yang cukup efektif dalam menarik perhatian audiens. Dimana melalui sebua...


Gancar Premananto: Pameran Bisa Digunakan Untuk Membangun Merek

Gancar Premananto: Pameran Bisa Digunakan Untuk Membangun Merek
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA mengatakan bahwa suatu...


Catat! Ini 10 Langkah Jadi Pengusaha Sukses Untuk Generasi Milenial

Catat! Ini 10 Langkah Jadi Pengusaha Sukses Untuk Generasi Milenial
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Tak bisa dipungkiri kalau era digital telah melahirkan generasi milenial. Selain melek teknologi, mereka juga memiliki i...