Sabtu, 04 April 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Catat! Ini 10 Langkah Jadi Pengusaha Sukses Untuk Generasi Milenial

Posted by: 21-06-2019 14:35 WIB 1031 viewer

Catat! Ini 10 Langkah Jadi Pengusaha Sukses Untuk Generasi Milenial
Amanda Cole, Founder Sayurbox (Pengusaha Milenial Indonesia yang Masuk Daftar Berprestasi Forbes)

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Tak bisa dipungkiri kalau era digital telah melahirkan generasi milenial. Selain melek teknologi, mereka juga memiliki ide-ide yang cemerlang. Tak heran kalau saat ini banyak sekali generasi milenial yang menjadi pengusaha sukses dengan membangun perusahaan start-up.

Hal ini juga pernah disampaikan oleh CEO Bukalapak, Achmad Zaky seperti yang INFOBRAND.ID kutip dari Brilio.net. Menurutnya, hal yang penting saat ini ketika anak muda memiliki nilai entrepreneur dalam dirinya.

“Sekarang sudah banyak sekali (milenial) yang mau memulai usaha. Dan Indonesia membutuhkan perusahaan yang besar atau menengah, bukan perusahaan kecil,” jelasnya.

Menjadi pengusaha sukses sendiri merupakan impian semua orang. Meski banyak generasi milenial yang sukses mewujudkan mimpinya itu, tapi tak sedikit juga generasi milenial yang tak sanggup meraihnya.

Alasannya sederhana, merintis dan mengelola usaha sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Selain harus memiliki mental sekuat baja, ada hal penting lain yang harus dipersiapkan matang. Apa saja? Berikut 10 langkah jadi pengusaha sukses untuk generasi milenial yang dikutip dari berbagai sumber.

Cintai Apa yang Anda Lakukan

Passion adalah kunci dari bisnis yang akan terus berjalan. Jika Anda menjalankan suatu bisnis dengan setengah hati, maka presentase kegagalan bisnis akan  menjadi cukup besar. Dalam dunia bisnis, kita pasti akan berkali-kali jatuh, dan disaat itulah passion satu-satunya hal yang dapat membangkitkan kita kembali. Sebagai contoh, Abraham Lincoln gagal hampir dari semua usahanya sampai ia beranjak tua, tetapi ia tidak pernah menyerah. (Alton, 2015)

Lakukan Selangkah Demi Selangkah

Jangan menggunakan cara “all-in ” dalam suatu start-up business. Hal ini memiliki tingkat resiko yang terlalu tinggi. Belajarlah sedikit demi sedikit, mengambil resiko yang terkecil terlebih dahulu. Dari situ kita akan belajar bagaimana menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan sehingga kedepannya kita lebih teliti dalam memilih suatu keputusan.

Belajar dari Orang Lain

Entrepreneur yang sukses seringkali bekerja untuk orang lain sebelum ia mengeluarkan bisnisnya sendiri. Meluangkan waktu beberapa tahun bekerja dapat menambah pengalaman dan ilmu yang kelak akan dibutuhkan dalam bisnis kita.

Belajar Cara Untuk Bisa Mempromosikan Diri Anda

Kepercayaan diri sangatlah dibutuhkan oleh seorang entrepreneur. Janganlah malu untuk bertanya kepada sesama, belajarlah cara mempromosikan barang / jasa yang baik dan tidak terdengar seperti suatu “promosi” yang akan membuat klien tidak tertarik.

Berani Merealisasikan Bisnis Anda

Beranilah untuk mengambil “Action”. Sebuah ide saja tidak akan cukup dalam proses entrepreneurship. Kita harus berani untuk merealisasikannya. Tidak ada kata menunda-nunda. Buatlah sebuah action yang signifikan dalam setiap langkah yang Anda ambil.

Berpikir ‘Out of The Box’

Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa berpikir kreatif. Bisnis transportasi online misalnya, ia melihat peluang bagaimana bisnis ini nantinya menjadi solusi masyarakat urban. Nah, jadi biasakan untuk mengasah kemampuan berpikir menjadi lebih kreatif ya.

Siapkan Visi dan Misi yang Jelas

Hal terpenting saat akan memulai usaha adalah membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas dan inovasi bisnis di dalamnya, jangan lupa sertakan “Visi dan Misi” yang jelas usaha yang tengah Anda rintis.

Fokus Pada Satu Bisnis

Jangan terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua. Pastikan bisnis yang Anda kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Terus Belajar dan Jangan Cepat Puas

Setiap perjalanan bisnis pasti ada “naik dan turun”. Saat bisnis yang Anda kelola sedang di atas angin, jangan cepat puas. Gunakan momentum ini untuk semakin mengakselerasi bisnis. Begitupun pada saat bisnis Anda sedang lesu, jangan lantas putus asa. Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada pengusaha senior.

Tentukan Target Pasar

Seorang calon pengusaha yang sukses haruslah pandai menganalisa target pasar. Meski ia memiliki produk dengan kualitas terbaik, namun, jika ia tidak memiliki pasar yang tepat, maka penjualan produk yang dilakukan akan mengalami kesulitan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan maju terus generasi milenial Indonesia. [ded]


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Inovasi dan Adaptasi, Cara Ampuh Meningkatkan Sales Produk

Inovasi dan Adaptasi, Cara Ampuh Meningkatkan Sales Produk
Kesuksesan adalah adaptasi dengan perubahan yang ada dan terus melakukan inovasi, jika tidak bisa beradaptasi dan berinovasi maka sudah dipastikan mer...


Pentingnya Visioner Leader Untuk Menjadi Brand Champion

Pentingnya Visioner Leader Untuk Menjadi Brand Champion
Era digital merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari dan harus dihadapi para pelaku bisnis. Seperti halnya dalam ilmu perang terdapat ungkapan, &l...


Kunci Utama Branding . Understanding Customer

Kunci Utama Branding . Understanding Customer
Berbicara tentang branding, maka hal pertama yang menjadi sangat berpengaruh adalah kesadaran dari masyarakat sebagai konsumen dalam mengenali sebuah...


Added Value, Kunci Memenangkan Persaingan Global

Added Value, Kunci Memenangkan Persaingan Global
Persaingan global adalah keniscayaan yang tidak terelakkan. Oleh karenanya, menanamkan "nilai" ke dalam produk atau jasa untuk dapat menjawa...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index