Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Brand Lokal Ini Bikin Karpet dari Hasil Daur Ulang Sampah Kain Pashion

Posted by: 595 viewer

Brand Lokal Ini Bikin Karpet dari Hasil Daur Ulang Sampah Kain Pashion
Ilustrasi karpet/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sebuah perusahaan dengan merek lokal di Indonesia menghasilkan inovasi berupa produk karpet dari hasil daur ulang sampah kain fashion. 

"Kami telah memberikan 'nyawa tambahan' kepada sampah fesyen di Indonesia dengan menghasilkan karpet hasil daur ulang yang terinspirasi dari budaya, alam, dan seni rupa," kata Halim, pemilik PT Terang Cahaya Abadi Sejati sekaligus merek lokal Ostrich Carpet, melalui keterangan dikutip, Kamis (2/3/2023).

Menurut Halim lagi, industri fesyen merupakan industri yang paling banyak menghasilkan polusi di dunia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Maklum, seiring dengan kian berkembangnya zaman, kebanyakan pakaian-pakaian dibuat menggunakan material sintetis yang tidak mudah terurai agar dapat bersaing dari segi harga.

Di Indonesia sendiri, menurutnya lagi, Kota Bandung menjadi salah satu penghasil terbesar limbah sampah fesyen, karena Bandung terkenal sebagai pusat garmen terbesar di Indonesia.

Melihat hal tersebut, perusahaan keluarga yang bergerak di bidang nonwoven atau daur ulang tekstil sejak tahun 1989, kemudian mencoba untuk mendaur ulang sampah fesyen menjadi berbagai macam produk, salah satu produknya adalah karpet.

Proses menciptakannya, lanjut Halim, sampah kain digiling menjadi kapas, lalu kapas dari hasil gilingan sampah kain tersebut diproses menjadi kain yang disebut nonwoven. Kain tersebut digunakan untuk tahap percetakan motif karpet.

Selama ini pihaknya telah memproduksi karpet dengan berbagai varian motif, warna, dan harga yang sangat terjangkau untuk memberikan nuansa baru di dalam rumah.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Selain memberikan desain dengan pola yang menarik, kami juga berfokus supaya harga bisa sangat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat," ujarnya.

Walaupun menggunakan material daur ulang, kata dia, karpet yang dibuat didesain untuk bertahan dari generasi ke generasi. Untuk pemasaran, lanjutnya, tidak hanya di dalam negeri  namun  juga sudah merambah ke luar negeri.

"Kita bersyukur diberi peluang untuk ekspor, dimana penjualan terbanyak ke Timur Tengah. Jadi tidak hanya di Indonesia saja," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan RMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan RMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...