Selasa, 21 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Bikin Bangga! 21 UMKM Indonesia Ikut Pameran Terbesar se-Asia di Jepang

Posted by: 1599 viewer

Bikin Bangga! 21 UMKM Indonesia Ikut Pameran Terbesar se-Asia di Jepang
The Foodex in Kansai 2021

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Di era pandemi seperti saat ini tentunya banyak sekali  halhal penting yang bisa membanggakan Indonesia, salah satunya yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan, dengan komitmen untuk terus mengepakkan kinerja ekspornya. Sebanyak 35 perusahaan Indonesia, 21 di antaranya Usaha Mikro Kecil dan Menengah diboyong ke Jepang untuk mengikuti pameran terbesar se-Asia yaitu The 13th Hoteres Japan & The Foodex in Kansai di Jepang. Pameran ini akan berlangsung pada 14–16 Juli 2021 di Intex Osaka, Kansai, Jepang.

Selain Indonesia, pameran ini diikuti sejumlah negara seperti Kanada, Prancis, Spanyol, Jepang, serta 106 importir produk mamin dari negara-negara di kawasan Asia.

“Partisipasi Indonesia terutama UMKM di The Foodex in Kansai 2021 menunjukkan eksistensi produk mamin Indonesia yang berkualitas tinggi dan berorientasi ekspor sehingga mampu bersaing dan memanfaatkan peluang pasar di Negeri Sakura, khususnya di tengah pandemi Covid19,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurutnya, di tengah pandemi seperti sekarang, keikutsertaan UMKM ekspor sangat membanggakan. Produk-produk UMKM berhasil mendapatkan berbagai persyararan buyer sehingga memudahkan produk UMKM menembus pasar global di negara lainnya.

Pameran The Foodex in Kansai 2021 merupakan ajang diversifikasi produk mamin Indonesia ke wilayah Barat Jepang. Setelah absen pada 2020 lalu, kini pada tahun 2021 untuk kedua kalinya Indonesia dapat menyasar wilayah barat Jepang sekaligus menghadirkan produk mamin potensial.

“Diharapkan keikutsertaan di ajang The Foodex in Kansai 2021 ini dapat menjadikan produk mamin Indonesia semakin dikenal di Asia, khususnya pasar Jepang dan mancanegara,” imbuh Didi.

Perusahaan Indonesia mempromosikan produk-produknya di Paviliun Indonesia yang berkonsep Etalase Makanan Minuman Kemasan Indonesia. Produk-produk Indonesia yang ditampilkan yaitu keripik tempe, keripik nangka, keripik ikan, produk madu, produk kopi, mi godog instan, mi goreng instan, teh tarik, tepung mocaf (singkong), ikan asin, crispy salad, kacang mete, permen kopi, wafer/biscuit, selai coklat, minuman herbal, minuman sari kelapa, bumbu instan, jeli/nata de coco, kari ayam kemasan, dan tempe.

Konjen RI untuk Osaka Diana E.S. Sutikno menjelaskan seluruh eksportir yang berpartisipasi telah memenuhi persyaratan dari buyer Jepang yaitu memiliki produk-produk yang sudah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM “Jepang menerapkan standar yang sangat ketat dalam hal keamanan pangan. Bila perusahaan Indonesia berhasil menembus pasar Jepang, peluang ekspor ke negara lain juga akan terbuka lebar,” jelasnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Berdasarkan data dari ITC Trademap, nilai ekspor produk makanan olahan asal Indonesia ke Jepang pada 2020 sebesar USD 643.77 juta atau naik 15,14 persen pada periode yang sama tahun 2019. Ekspor produk makanan olahan Indonesia ke Jepang berada di urutan ke-10 dan masih sangat berpotensi untuk terus ditingkatkan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai ekspor makanan olahan Indonesia ke Jepang selama lima tahun terakhir (2016—2020) yang tumbuh 8,72 persen.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand

Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menghadapi Generasi Z (Gen Z), yang dikenal sebagai digital natives, menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi berbagai b...


Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON

Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital saat ini, kebutuhan akan hiburan di rumah semakin menjadi prioritas bagi banyak individu. Dengan perkembangan t...


Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z

Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Salah satu mobil listri andalan Wuling, yakni Air EV menjadi mobil listrik favorit generasi Z dan berhasil meraih penghargaan...


Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif

Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen ban global untuk lini on-road dan off-road, BFGoodrich Indonesia baru-baru ini meluncurkan kolaborasi dengan brand fe...