JAKARTA, INFOBRAND.ID - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta menggandeng Tokopedia untuk menjual produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai pendorong pemulihan ekonomi masyarakat dari dampak pandemi.
“Ini untuk menghargai dan mendukung karya kreatif anak bangsa,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko di Jakarta, Senin (30/8/2021).
Onny menjelaskan produk yang dijual di lapak daring Tokopedia itu merupakan produk UMKM peserta ekspo daring Jakarta Kreatif Festival (JakreatiFest) 2021.
Periode penjualan produk tersebut berlangsung hingga 7 September 2021 dan dapat diakses melalui aplikasi Tokopedia pada kategori Bangga Buatan Indonesia JaKreatFest.
Sementara ragam produknya, mulai dari makanan dan minuman, kerajinan seperti tas, busana, hingga kebutuhan protokol kesehatan seperti masker motif batik atau tenun.
Diketahui, BI Jakarta mengadakan JaKreatiFest 30-31 Agustus 2021 dengan mengakomodasi sekitar 138 pelaku UMKM di Jakarta untuk mendukung kebangkitan pelaku usaha mencermati sinyal pemulihan ekonomi dari pandemi.
Dalam dua hari itu, rencananya diadakan sejumlah agenda di antaranya webinar, lokakarya soal pengembangan UMKM dan syariah, peragaan busana, musik, perfilman, wisata dan ekonomi kreatif lainnya.
Jika pelaksanaan sebelumnya, menekankan UMKM sektor kuliner dan fesyen, pada ajang kali ini juga diramaikan dengan UMKM atau ekonomi kreatif lain seperti musik hingga animasi sehingga diharapkan menyentuh kalangan milenial.
"Dampaknya kami harap mendukung percepatan pemulihan ekonomi di sektor terkait program Bangga Buatan Indonesia, mendorong berkembangnya sektor utama dan kami dukung ekonomi syariah," tandasnya.