Jum'at, 26 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Berguru Branding dari Boy Band Korea dan Ponsel Apple

Posted by: 2449 viewer

Berguru Branding dari Boy Band Korea dan Ponsel Apple
BTS dan Iphone

Merek atau brand produk tidak harus selalu terpaku pada logo identitas yang mewakili, tetapi juga bisa hadir dalam citra atau pesona yang unik.

Pelaku desain grafis dan pengamat brand Caroline Peni dalam keterangan tertulis seperti yang dilansir Antara, Rabu (24/7) menyebut bahwa merek merupakan identitas produk dan pembeda antara satu dengan yang lainnya. Perempuan Indonesia yang berdomisili di Amerika Serikat ini menganalogikan keunikan brand dengan grup K-pop BTS.

Grup Korea Selatan itu punya 3,3 miliar penggemar di seluruh dunia. Adapun, valuasi brand BTS sendiri mencapai US$45 miliar, serta mendapatkan sebutan di Twitter hingga 600.000 kali cuitan.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Tidak mengherankan kalau BTS adalah salah satu dari sedikit brand paling berpengaruh di dunia saat ini," katanya.

Caroline mengatakan loyalitas yang kuat dari para penggemar memegang penting dalam pembangunan merek BTS.

"Para believers BTS mempunyai daya kepemilikan yang kuat terhadap brand itu. Brand yang cenderung membuat fenomena heboh seperti itu lazim disebut sebagai cult brand," ujarnya.

Dia mengatakan tidak semua merek bisa disebut cult brand. Cult brand punya pemahaman sebagai ideologi yang tulen dan identitas yang otentik.

Dia berpendapat, salah satu faktor yang membuat BTS berhasil menorehkan citra mendalam pada penggemarnya adalah kesuksesan grup beranggotakan tujuh orang itu untuk keluar dari stereotipe grup K-pop. BTS juga mengangkat isu yang dekat bagi generasi muda saat ini.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Yang menarik dari BTS adalah keberanian mereka membawa tema yang fresh di dunia K-pop. Isu masalah kesehatan jiwa dan kepercayaan pada diri sangatlah relevan dan universal bagi generasi yang dibombardir oleh ekspektasi mustahil, kemajuan teknologi dan kelebihan informasi," ujar Caroline.

Para penggemar BTS yang berasal dari berbagai negara, agama, ras dan gender melihat citra tersebut sebagai cerminan diri mereka sendiri.

Loyalitas, lanjut Caroline, adalah salah satu pembeda utama cult brand dengan merek pada umumnya. BTS yang punya lebih dari 20 juta pengikut di Twitter menamakan penggemar mereka

"Dengan memberikan nama khusus dan logo identitas, loyalitas dibangun oleh para ARMY [sebutan untuk fans BTS] yang merasa menjadi satu keluarga," imbuhnya.

Loyalitas yang kuat, menurut Caroline, juga terlihat dari cult brand besar seperti Apple yang juga pengikut fanatiknya yang rela mengantri semalaman untuk mendapatkan iPhone seri terbaru.

IKLAN INFOBRAND.ID

Apple mempunyai nilai merek sebesar 278.9 miliar dolar AS. Apple pertama kali memperkenalkan Macintosh pada 1984 dengan konsep stylish dan mudah digunakan.

Macintosh membuat komputer terlihat lebih manusiawi. Ideologi itu yang membuat Apple menang dari IBM dengan perolehan 25% pangsa pasar setelah peluncurannya.

"Loyalitas konsumen yang kuat dan momentum yang tepat menjadikan Apple berani menjual produk selain komputer. Seperti iPod yang diluncurkan pada 2001. Sejak itu, Apple dipandang lebih dari penjual komputer. Dia juga menjual sebuah lifestyle. Konsumennya pun merambat ke pecinta musik," ujar Caroline.

Pada 2008, Apple berhasil meraih 48% pangsa pasar pengguna pemutar musik portable mengalahkan SONY yang terlebih dahulu hadir dengan Walkman.

"Apple berhasil membangun konsumen yang fanatik sejak kehadirannya tahun 1984 dan BTS menjadi contoh paling terkini sebuah cult brand yang berhasil mendunia hanya dalam jangka waktu lima tahun sejak kemunculannya. Cult brand adalah jenis merek yang paling berpengaruh,” terangnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Caroline mengatakan merek-merek yang ingin mengikuti jejak BTS atau Apple harus menunjukkan mereka punya visi dan ideologi yang jelas, membangun rasa kepemilikan konsumen terhadap merek tersebut serta membangun komunitas kuat agar pertukaran informasi dan pikiran bisa terlaksana.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...