Di dunia digital, keterampilan sebuah perusahaan untuk mengolah konten Public Relation (PR) nya benar-benar diuji. PR tidak lagi membicarakan mengenai siaran berita, tetapi juga membuat, mengolah dan membangun relasi dengan para netizen. Dengan kata lain, inovasi dan kreativitas menjadi sangat penting dalam menciptakan image positif di mata netizen.
Atas dasar itulah, TRAS N CO Indonesia sebagai sebuah perusahaan riset memandang penting melakukan sebuah riset digital untuk mengamati perusahaan-perusahaan yang telah berhasil menjalankan aktivitas dan strategi digital PR-nya melalui Indonesia TOP Digital PR Index. Yakni sebuah cara faktual untuk merekam keberhasilan mereka membangun komunikasi, engagement dan image di mata netizen.
“Strategi PR yang kreatif dan inovatif akan membawa perusahaan lebih dikenal publik dengan persepsi dan citra positif di tengah akselerasi sosial media dan digital media yang begitu dinamis,” kata Tri Raharjo, Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia.
Dan bagi perusahaan yang telah berhasil membangun komunikasi dengan menggunakan media digital serta menjalin engagement dengan para netizen untuk menciptakan persepsi positif terhadap produk dan perusahaanya, TRAS N CO Indonesia mengapresiasinya dengan penghargaan INDONESIA TOP DIGITAL PUBLIC RELATION AWARD (ITDPA) 2018.
“Penghargaan ini sebagai apresiasi kepada perusahaan yang telah berhasil memanfaatkan Digital PR dalam membangun image perusahaan. Disamping itu, sebagai bukti keberhasilan atas kinerja Digital PR dalam menciptakan iklim yang kompetitif di dunia PR,” tambah Tri Raharjo.
Metodologi Penilaian yang dilakukan untuk menentukan siapa peraih INDONESIA TOP DIGITAL PR AWARD 2018, TRAS N CO Indonesia telah melakukan survei terhadap lebih dari 350 brand di 50 kategori bisnis melalui Indonesia TOP Digital PR Index pada bulan Oktober hingga Desember 2017 dengan menggunakan tiga parameter penilaian: Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect dan Digital Mention Aspect.
Digital Media Aspect, merupakan pengukuran banyaknya pemberitaan media digital terhadap suatu brand atau perusahaan yang tercapture melalui google.co.id dengan tools “News” sepanjang 1 tahun terakhir. Social Engagement Aspect pengukuran menggunakan sosial media terpopuler Facebook untuk mengukur intensitas komunikasi dua arah yang terjadi antara perusahaan dengan fans atau followersnya. Dan Digital Mention Aspect mengukur banyaknya penyebutan atau mention yang diulakukan oleh netizen di setiap status maupun postingan mereka melalui dua media sosial Facebook & Instagram.
Adapun yang telah berhasil mendapatkan penghargaan INDONESIA TOP DIGITAL PR AWARD (ITDPA) 2018 ialah, Fastron, GS Astra, JNE, SHARP, Rucika, Tata Motors, KFC, Citilink, Tiket.com, My Baby, Pegadaian, Era Real Estate, Paramount Land, BRI, Vinilon, Lenovo, BRI, BNI Syariah, Sanken, Lois, Breadlife, McDonald’s, dan TIKI.
Sumber : www.wartaekonomi.co.id