Selasa, 30 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Belanja Iklan TV Capai Rp4,4 triliun di Minggu Pertama Ramadhan

Posted by: 1925 viewer

Belanja Iklan TV Capai Rp4,4 triliun di Minggu Pertama Ramadhan
Belanja iklan TV.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Aktivitas tetap di rumah selama bulan Ramadhan di masa Pandemi Covid-19 mendorong meningkatnya penonton TV. Kondisi itu membawa berkah tersendiri bagi industri TV, yang meraup belanja iklan mencapai Rp4,4 triliun di minggu pertama Ramadhan 2021.

Pertumbuhan ini disebabkan oleh sejumlah faktor, antara lain kenaikan jumlah pemirsa di jam Sahur (02: 00 - 05: 59), buka puasa, dan juga setelah Shalat Tarawih. Penyebab kenaikan pemirsa televisi adalah juga karena kenaikan jumlah penonton dari kelas sosial Middle dan Lower, masing-masing sebesar 14% dan 17%.

Cerli Wirsal, Direktur Nielsen Media mengungkapkan, selama bulan Ramadhan konsumen tetap haus akan informasi dan hiburan, sebagai pengisi waktu mereka, dimana kebanyakan masih beraktivitas di rumah. Demikian Studi terbaru dari Nielsen, Special Ramadan Survey, yang dilakukan di 11 kota besar di Indonesia, pada periode 14 - 21 April 2021.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Khususnya untuk TV, kami mencatat kelas Middle - Lower mengkonsumsi TV lebih banyak dibandingkan kelas Upper. Ini kemungkinan disebabkan kelas Upper memiliki akses yang lebih banyak ke sumber informasi dan hiburan lain,” jelas Cerli.

Sejalan dengan kenaikan jumlah pemirsa TV, menurutnya angka belanja iklan TV juga menunjukkan pola yang meningkat. Belanja iklan TV naik sebesar 14% dibandingkan satu minggu sebelum bulan Ramadhan. Dimana angka belanja iklan di minggu pertama Ramadhan tahun ini dapat mencapai lebih dari Rp 4,4 triliun, sementara pada pekan pertama Ramadhan tahun 2020 lalu, belanja iklan hanya mencapai Rp 1,889 tirliun.

“Pemilik merek, terutama dari kategori Online Service, sangat menggunakan momen ini, dimana mereka menaikkan belanja iklannya hampir lebih dari dua kali lipat,” jelasnya.

Sejumlah temuan menarik lainnya dijumpai pada studi ini. Pertama, berbelanja secara online naik secara signifikan dan menjadi cara paling besar yang dilakukan oleh konsumen untuk membeli kebutuhan sehari-hari, selama masa Ramadhan. Mereka tetap melakukan belanja di toko (secara offline), namun mereka lebih memilih toko modern dibandingkan yang tradisional.

Kedua, walau pemerintah sudah mengeluarkan larangan mudik di awal April, sekitar 30% dari responden tetap menjawab akan melakukan perjalanan liburan. Sedangkan 59% menyatakan mereka tidak akan melakukan perjalanan mudik. Dibandingkan tahun lalu, jumlah orang yang menyatakan akan melakukan perjalanan mudik semakin besar. Sepertinya banyak konsumen yang mempercepat perjalanan mudiknya, karena kebanyakan aktivitas juga masih dilakukan secara online.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Ketiga, ramadhan tahun ini, konsumen memprioritaskan dana mereka untuk membeli makanan, minuman, bahkan memberi sedekah,” tutup Cerli.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Setelah kembali dari liburan panjang, kebutuhan akan penyimpanan bahan makanan yang luas menjadi sangat terasa. Seringkali set...


Halal Bihalal, JNE Kembali Gelar Content Competition 2024

Halal Bihalal, JNE Kembali Gelar Content Competition 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia, JNE hari ini menggelar Halal Bihalal bersama media di Rampstar Kitchen, Jl....


Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru

Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru
INFOBRAND.ID-Franchise & License Expo Indonesia, FLEI EXPO 2024 edisi ke-22 akan kembali digelar pada 10-12 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran, Hall D2,...


Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar

Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar
INFOBRAND.ID-Semifinal dan Final Tekiro Mechanic Competition 2024 untuk para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Pulau&...