Selasa, 21 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Aplikasi Duta Suporter Indonesia, Rayakan Semangat Asian Games 2018 Secara Digital

Posted by: 2259 viewer

Aplikasi Duta Suporter Indonesia, Rayakan Semangat Asian Games 2018 Secara Digital
Tim Pengembang Aplikasi Duta Suporter Indonesia, Enda Nasution, memaparkan mekanisme pemilihan 68 Duta Suporter dari 34 Provinsi se-Indonesia

Setelah soft-launching di depan media nasional dan internasional di Jakabaring, Palembang, pada Sabtu lalu, Kementerian Kominfo didukung oleh INASGOC secara resmi meluncurkan Kompetisi dan Aplikasi Duta Suporter Indonesia (DSI) di Hotel Millenium Jakarta, Selasa (10/07/2018). Aplikasi yang digagas Menteri Rudiantara itu ditujukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Indonesia dalam Asian Games 2018 yang akan berlangsung pada 18 Agustus s.d. 2 September 2018.

Menteri Rudiantara menjelaskan melalui aplikasi ini masyarakat Indonesia dapat ikut merasakan semangat Asian Games 2018 secara digital. “Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kemkominfo untuk mendukung Asian Games 2018, Kompetisi dan Aplikasi Duta Suporter Indonesia ini ditujukan untuk melibatkan dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut memiliki Asian Games 2018 secara digital. Mari jadikan momen Asian Games 2018 ini untuk kembali membangun rasa persatuan dan rasa memiliki kita sebagai bangsa, melalui pertukaran informasi dan interaksi antar daerah. Teknologi digital adalah salah satu alat yang kita miliki untuk melakukan itu.”

Dalam Acara Peluncuran Resmi Aplikasi DSI tersebut Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Rosarita Niken Widyastuti menegaskan Asian Games 2018 harus dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. “Asian Games bukan hanya milik masyarakat di Jakarta, Palembang saja, atau di tempat-tempat yang digunakan sebagai tempat pertandingan cabang olah raga. Asian Games milik seluruh masyarakat Indonesia, baik native digital atau yang sering disebut sebagai anak-anak millennial, maupun generasi lainnya. Aplikasi ini berkat kerja bersama tim, didukung penuh oleh INASGOC. Terima kasih terutama untuk Mas Enda (Enda Nasution – pengembang aplikasi, red.) dan tim yang sudah mewujudkan gagasan ini,” katanya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Melalui aplikasi berbasis Android ini, masyarakat diberi kesempatan untuk mengikuti kompetisi menjadi Duta Suporter dari 34 provinsi di Indonesia. Kompetisi berlangsung selama sebulan penuh, dari 07 Juli hingga 07 Agustus 2018. Sebanyak 68 Duta Suporter terpilih nantinya akan diundang ke Jakarta untuk menghadiri rangkaian Asian Games 2018, mulai dari mengikuti upacara pembukaan (opening ceremony) hingga menonton berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan.

Selama masa kompetisi, para kandidat duta akan mendapatkan tugas-tugas yang berhubungan dengan Asian Games dan provinsi yang ia wakili, seperti membuat tulisan singkat seperti menjelaskan alasan kandidat tertarik menyaksikan acara pembukaan Asian Games secara langsung, maupun tugas untuk menggungah foto dan video. Para kandidat ini akan dipilih melalui sistem voting, di mana akan dipilih dua duta suporter dengan vote terbanyak dari tiap provinsi, dengan kriteria masing-masing satu perempuan dan satu laki-laki.

Enda Nasution sebagai pengembang aplikasi ini menjelaskan bahwa sejak soft-launching pada 07 Juli kemarin, tercatat 10 ribu kandidat telah mendaftar. “Kita ingin suporter Indonesia jadi suporter yang sportif, bijak, dan aktif. Hingga saat ini tercatat sudah ada 10 ribu pendaftar, dengan tingkat exposure mencapai 3 juta orang. Jadi sudah ada 3 juta orang Indonesia yang tahu tentang aplikasi ini. Aplikasi ini berbasis Android, namun untuk iOS ada versi webnya,” jelas Enda.

Sementara itu bagi para kandidat yang telah mendaftar namun belum terpilih menjadi Duta Suporter, mendapat kesempatan untuk mengikuti kuis harian yang ada di aplikasi. Setiap harinya pukul 21.00 akan diundi 10 pemenang yang akan mendapat merchandise Asian Games. Selain kompetisi untuk menjadi Duta Suporter, aplikasi ini juga menyediakan berita-berita dan program promosi dari Kementerian Kominfo tentang Asian Games 2018.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand

Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menghadapi Generasi Z (Gen Z), yang dikenal sebagai digital natives, menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi berbagai b...


Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON

Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital saat ini, kebutuhan akan hiburan di rumah semakin menjadi prioritas bagi banyak individu. Dengan perkembangan t...


Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z

Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Salah satu mobil listri andalan Wuling, yakni Air EV menjadi mobil listrik favorit generasi Z dan berhasil meraih penghargaan...


Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif

Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen ban global untuk lini on-road dan off-road, BFGoodrich Indonesia baru-baru ini meluncurkan kolaborasi dengan brand fe...