Selasa, 07 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

4 Tahun Hadir di Indonesia, Berikut Perjalanan OVO dan Kontribusinya Untuk Pelanggan

Posted by: 1868 viewer

4 Tahun Hadir di Indonesia, Berikut Perjalanan OVO dan Kontribusinya Untuk Pelanggan
Foto dari OVO

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Sebagai platform pembayaran digital, sejak hadir pada 25 September 2017 lalu, OVO  bersama para pemangku kepentingan dan karyawan telah berkolaborasi dalam membantu meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia melalui akselerasi transformasi pembayaran digital. Semangat transformasi ini pula yang OVO hadirkan pada  Hari Ulang Tahun  (HUT)-nya yang ke-4, yakni #BertransformasiBersamaOVO4Tahun.

Kendati masih terbilang belia, empat tahun, OVO  sudah berhasil “unjuk gigi” dengan sederet prestasi. Antara lain, hanya dalam kurun waktu dua tahun, OVO telah dinobatkan sebagai financial technology (fintech) unicorn pertama pada 2019. Bahkan, merujuk Studi Perilaku Penggunaan Pembayaran Digital dan Layanan Keuangan di Indonesia, yang dirilis Kadence International Indonesia pada 2021, OVO menjadi platform pembayaran digital yang paling banyak digunakan, dengan mayoritas berada di usia produktif.

Meraih sederet prestasi tentu saja bukan perkara mudah. Mengingat, sejumlah tantangan harus dihadapi OVO. Mulai dari mengubah perilaku konsumen Indonesia yang telah terbiasa dengan transaksi tunai menjadi non tunai atau cashless, hingga mencuri perhatian konsumen di tengah pertarungan sengit para pemain dompet digital lainnya. Lantaran, kompetitor seperti Gopay, DANA, Linkaja, ShopeePay, dan paling anyar Blu juga masif merangsek pasar.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dijelaskan Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra, “Sejak awal, OVO mengadopsi prinsip open ecosystem dan model terintegrasi untuk menciptakan lanskap pembayaran digital dan layanan keuangan yang inklusif. Hal ini menjadi bagian terpenting dari transformasi pembayaran digital yang dijalankan oleh OVO, sehingga mampu membuka akses luas bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk berbagai penggunaan, diimbangi dengan kemudahan dan keamanan akses dalam bertransaksi digital.”

Lebih jauh ia menjelaskan, selama empat tahun perjalanannya, kehadiran transformasi pembayaran digital OVO telah menjadi penghubung bagi beragam layanan keuangan yang komprehensif dan multi bidang, baik transaksi online maupun offline. 

“Tidak hanya menjadi penghubung transaksi digital seperti transportasi, pemesanan makanan, dan belanja online, tetapi layanan OVO saat ini telah berkembang mencakup asuransi, investasi, hingga pinjaman,” urai Karaniya, pada kesempatan konferensi pers yang digelar OVO pada hari ini (28/9), secara virtual.

Sejatinya, transformasi OVO selama empat tahun ini dapat dilihat dari berbagai inovasi layanan yang senantiasa dihadirkan. Ditambahkan Harumi Supit, Head of Corporate Communication OVO, pada layanan pembayaran online dan offline, layanan OVO meliputi merchant, makanan, eCommerce, donasi, utilitas, edukasi, pulsa hingga gaming.

Sementara itu, pada layanan keuangan, OVO memiliki layanan OVO Invest, OVO Proteksi, OVO Modal Usaha, serta OVO for Business yang merupakan layanan khusus untuk korporasi.Layanan yang dihadirkan OVO senantiasa disambut positif oleh pasar. "Terbukti, setelah tiga bulan diluncurkan, layanan OVO Invest sudah meraih 450 ribu pengguna," ungkap Harumi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Diterangkan Harumi, di tahun ini, OVO juga berhasil memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap para pelaku UMKM di Indonesia. Merujuk studi CORE Indonesia, sebanyak 70% UMKM mengalami peningkatan transaksi harian setelah bergabung dengan OVO. Bahkan, 82% mitra OVO terbantu oleh ekosistem OVO di tengah pandemi. Sementara itu, 84% UMKM menyatakan terbantu oleh aplikasi OVO di tengah pandemi. Studi lainnya, Survey Mandiri Institute pada kuartal kedua 2021 menyebutkan bahwa UMKM yang menggunakan alat pembayaran digital, 72%-nya memilih OVO.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Melalui ONEX BSS, KYMCO Buka Peluang Kerja Sama Penyediaan Layanan Penukaran Baterai

Melalui ONEX BSS, KYMCO Buka Peluang Kerja Sama Penyediaan Layanan Penukaran Baterai
INFOBRAND.ID, JAKARTA - KYMCO membuka peluang kerja sama dalam penyediaan layanan penukaran maupun penyewaan baterai untuk kendaraan listrik bagi pela...


Pantang Menyerah, BNI Apresiasi Semangat Tim Thomas dan Uber Indonesia

Pantang Menyerah, BNI Apresiasi Semangat Tim Thomas dan Uber Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi mengapresiasi semangat pantang menyerah yang telah ditunj...


Perkenalkan LISSA, Solusi AI Berkelanjutan dari Lenovo

Perkenalkan LISSA, Solusi AI Berkelanjutan dari Lenovo
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Lenovo membuka awal Mei 2024 dengan mengenalkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) bernama LISSA sebagai solu...


Sunra Mulai Pembangunan Pabrik Sepeda Motor Listrik Terbesar di Jateng

Sunra Mulai Pembangunan Pabrik Sepeda Motor Listrik Terbesar di Jateng
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Sunra Asia Pasific Hi-Tech (Sunra Indonesia) membangun pabrik sepeda motor listrik terbesar di Kawasan Industri Kendal, Jaw...