Kamis, 23 Januari 2025

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pizza Hut Jalin Kemitraan dengan 100 Petani Lokal

Posted by: 474 viewer

Pizza Hut Jalin Kemitraan dengan 100 Petani Lokal
Pizza Hut Indonesia

INFOBRAND.ID-Pizza Hut Indonesia kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung petani lokal. Melalui Program Pizza Hut Peduli 8P, salah satunya adalah inisiatif Peduli Petani, Pizza Hut Indonesia sejak tahun 2013 telah bermitra dengan lebih dari 100 petani lokal di 9 wilayah Indonesia, termasuk Bogor, Bandung, Bandung Barat, Kendal, Pasuruan, Bali, Boyolali, Tomohon, hingga Malino.

Boy Lukito, CEO Pizza Hut Indonesia, menyatakan, “Melalui Program Pizza Hut Peduli 8P, salah satunya adalah inisiatif Peduli Petanian saling menguntungkan dengan petani lokal, sekaligus meningkatkan taraf hidup pahlawan pangan bangsa. Melalui kolaborasi ini, kami tidak hanya mendukung petani tetapi juga berkontribusi pada keberlanjutan pangan berkualitas di Indonesia.”'

Survei Persepsi Petani 2024 mengungkap, 43,8 persen petani tidak mendapatkan permodalan yang layak dan 47 persen petani tidak mendapatkan akses lahan yang mencukupi. Hal ini selaras yang dirasakan oleh salah satu petani binaan Pizza Hut Indonesia, Dede Supria dari Kelompok Tani Pangrango di Megamendung, Puncak Bogor.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dede mengungkapkan bahwa tantangan utama yang dihadapi petani adalah modal dan pemasaran. Menurut Dede, harga pupuk dan benih sering kali tidak sebanding dengan harga jual di pasar.

Kehadiran Pizza Hut Indonesia memberikan solusi nyata atas masalah ini dengan menyediakan modal pertanian serta penyerapan hasil pertanian langsung ke restoran Pizza Hut Indonesia dengan harga yang stabil.

“Setelah kemitraan dengan Pizza Hut, kami dapat menjual lebih dari 80 ton pertahunnya dan penghasilan para petani terus meningkat," ungkap Dede.

Hingga kini, bahan-bahan seperti tomat, buncis, selada, dan paprika yang digunakan oleh Pizza Hut Indonesia berasal dari para petani binaan. Bahkan, 100% paprika yang digunakan di Pizza Hut Restaurant merupakan hasil dari program ini.

Untuk memastikan bahan-bahan yang digunakan memiliki kualitas tinggi, lahan pertanian dalam program kemitraan ini mencakup hampir 3 hektar di daerah dengan ketinggian 900–1300 meter di atas permukaan laut (MDPL), yang dilengkapi dengan total 80 greenhouses. Kondisi ini sangat ideal untuk menghasilkan sayuran segar yang kemudian dipasok ke berbagai gerai Pizza Hut Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Samsul Hadi, Konsultan Pertanian Pizza Hut Indonesia, menyampaikan bahwa program ini menerapkan Good Agricultural Practices (GAP) dan Good Handling Practices (GHP), yang mencakup dukungan menyeluruh seperti modal pertanian, penyediaan bibit benih terbaik, serta edukasi teknis terkait penanaman, pemeliharaan, pendistribusian, dan penyerapan hasil produksi lokal untuk Pizza Hut Indonesia.

"Inisiatif ini memberikan tiga manfaat utama: meningkatkan kesejahteraan petani, memastikan keamanan bahan berkualitas tinggi untuk Pizza Hut Indonesia, serta memperhatikan dampak lingkungan," ujar Samsul.

Dengan dukungan ini, petani lokal mampu mengoptimalkan produksi pertanian dan memastikan pasokan bahan segar berkualitas tinggi untuk Pizza Hut Restaurant, Pizza Hut Delivery, dan Pizza Hut Ristorante.

Inisiatif ini tidak hanya memperkuat ketahanan pangan nasional, tetapi juga memberikan dampak ekonomi positif dengan membuka lapangan pekerjaan bagi para petani, keluarga mereka, serta komunitas lokal seperti driver, pengepul, dan ibu-ibu di lingkungan pertanian.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Transformasi UMKM dan Digitalisasi Bisnis: Menyongsong Era Baru di 2025

Transformasi UMKM dan Digitalisasi Bisnis: Menyongsong Era Baru di 2025
INFOBRAND.ID – Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia terus bertransformasi seiring dengan pesatnya perkembangan tekno...


Sugiyanto Wibawa: Optimisme Pemulihan Sektor Retail Pasca-Pandemi di 5th Annual INFOBRAND SUMMIT 2025

Sugiyanto Wibawa: Optimisme Pemulihan Sektor Retail Pasca-Pandemi di 5th Annual INFOBRAND SUMMIT 2025
INFOBRAND.ID-Tahun 2024 menandai titik balik yang signifikan bagi industri retail dan ekonomi digital di Indonesia. Pasca-pandemi COVID-19, sektor ini...


Resto Jepang Tasa Group Buka Chanba Private Room Grill di Puri Kembangan

Resto Jepang Tasa Group Buka Chanba Private Room Grill di Puri Kembangan
INFOBRAND.ID-Tasa Group kembali melakukan ekspansi dengan membuka cabang restoran Chanba Private Room Grill ketiga di kawasan Puri Kembangan. Resmi di...


Chickin Indonesia Raih Pendanaan dari Bank DBS Indonesia

Chickin Indonesia Raih Pendanaan dari Bank DBS Indonesia
INFOBRAND.ID-Wujudkan komitmen dalam mendukung agenda pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan Indonesia, Bank DBS Indonesia dan Chickin mengumu...