Kamis, 05 Desember 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ketua idEA Paparkan Cara Meningkatkan Transaksi Via E-Commerce di Seminar IBF 2023

Posted by: 1598 viewer

Ketua idEA Paparkan Cara Meningkatkan Transaksi Via E-Commerce di Seminar IBF 2023
Bima Laga memaparkan Seminar nya di Acara INFOBRAND Forum 2023

JAKARTA, INFOBRAND.ID- Menghadirkan tema "Strategy To Grow During The Threat of Recession”, INFOBRAND FORUM (IBF) kembali hadir menyajikan tema-tema paling update terkait perkembangan brand dan bisnis serta ekonomi secara menyeluruh yang akan dipresentasikan oleh narasumber-narasumber berkompeten di bidang ekonomi, marketing, brand, bisnis, inovasi, komunikasi, CSR,  dan digital.

Salah satu narasumber yang hadir di INFOBRAND Forum ini adalah Bima Laga, Ketua iDea yang membawakan topik “How to Increase Transactions in the Marketplace”.  

Menurut Bima Laga angka pertumbuhan E-Commerce di Indonesia di bulan September 2022 mencapai Rp 227 Tiliun dan closing di bulan desember Rp 401 Triliun yang berbelanja online ke top 5 e-commerce.  Data tersebut didapat dari platform e-commerce yang disetorkan ke Bank Indonesia. Volume transaksi nya mencapai 1,74 juta dan transaksi uang elektronik nya Rp 185 triliun.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Jadi makin banyak orang yang berbelanja online itu menggunakan uang elektronik,” ujar Bima.

Di iDEa  sendiri tiap tahunnya memiliki event tahunan. Diantara nya HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional) dan iDEa bekerja sama dengan Nielsen untuk data riset. Menurut data riset yang dikeluarkan iDea Harbolnas di 2022 menyentuh angka Rp 22 triliun dalam 1 hari all produk.

“Penjualan saat HARBOLNAS masih di dominasi fashion, kemudian di susul sport, cloth, kosmetik dan personal care,” paparnya.

Bima menambahkan perilaku konsumen belanja online kategori terbanyak selama harbolnas adalah free ongkir dan diskon. Promo gratis ongkir menjadi pilihan utama keputusan terbesar konsumen diikuti diskon. Menurutnya customer kalau di iming-imingi diskon akan  mejadi trigger pada event Harbolnas.

Ia juga memberikan tips untuk layanan kebutuhan dari berbelanja digital bagi brand-brand ingin terjun di marketplace, pertama adalah harga menurutnya hal yang satu ini sangat sensitif, kedua adalah  service juga mempengaruhi dalam penjualan, pasalnya ini sangat vital sehingga mendatangkan crowded nya pembeli dari sebuah layanan ini. Ketiga adalah promosi & diskon ini saling berkaitan dan tak bisa di lepaskan dalam menjual produk di platform marketplace.

IKLAN INFOBRAND.ID

Saat ini social commerce meningkat dengan aktivitas live shopping, dibandingkan dengan tahun 2021 jauh lebih meningkat di 2022. Hal ini di buktiman oleh Bima yang menghadiri salah satu brand skin care yang memenagkan penghargaan Rekor MURI dengan penjualan live shopping selama 10 hari berturut-turut non stop.

“Untuk meningkatkan e-commerce banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan melakukan create produk/jasa, meningkatkan loyalty dan repeat order, kemudian promosi khusus untuk pengiriman di luar pulau jawa, karena customer di luar Pulau Jawa ini terkendala dengan harga ongkos kirim,” jelasnya.

Terakhir Bima menambahkan untuk brand-brand dapat menghadirkan produk yang akan di launching melalui e-commerce. Sehingga dengan demikian customer akan menanti-nanti produk yang terbaru. Sehingga dengan demikian demand customer akan membludak seiring dengan munculnya produk terbaru dari suatu brand tersebut, cara ini terbukti ciamik dan sustain secara penjualan.

 

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Starvo dan Wobn Teken 400 Lebih Kerja Sama dalam Internasional PNE Expo

Starvo dan Wobn Teken 400 Lebih Kerja Sama dalam Internasional PNE Expo
INFOBRAND.ID - Dua perusahaan lokal teknologi yakni PT Starvo Global Energi dan PT Wobn Technology Indonesia mencatat, masing-masing lebih dari dari p...


Beeme Luncurkan Hair Lotion Anak, 100 Persen Berbahan Herbal

Beeme Luncurkan Hair Lotion Anak, 100 Persen Berbahan Herbal
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Beeme belum lama ini meluncurkan produk inovatif terbarunya, Beeme Daily Nourishing Hair Lotion, untuk perawatan rambut anak y...


Inovasi Anlene Habbatussauda: Lawan Osteoporosis dan Tingkatkan Imunitas

Inovasi Anlene Habbatussauda: Lawan Osteoporosis dan Tingkatkan Imunitas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Osteoporosis menjadi salah satu tantangan kesehatan yang serius di Indonesia. Data menunjukkan bahwa satu dari tiga wanita Ind...


Givaudan Perfume: Pemimpin Inovasi Wewangian Global dengan Teknologi AI & Komitmen Keberlanjutan di Indonesia

Givaudan Perfume: Pemimpin Inovasi Wewangian Global dengan Teknologi AI & Komitmen Keberlanjutan di Indonesia
INFOBRAND.ID-Givaudan Perfume memiliki akar sejarah yang panjang sejak berdirinya pada tahun 1768 melalui dedikasi Antoine Chiris dalam mengubah kecin...