Kenalkan Kekayaan Budaya Indonesia Lewat Kampanye “Rediscover Indonesia in Every Cup”
Posted by: Alvin Pratama | 07-02-2025 15:45 WIB | 516 views

INFOBRAND.ID-Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia memiliki kekayaan budaya yang tak terpisahkan dari tradisi kopi. Roemah Koffie, sebuah brand kopi lokal, mengambil langkah inovatif dengan mengusung campaign bertajuk “Rediscover Indonesia in Every Cup” pada 2025.
Melalui tema tersebut, Roemah Koffie mengajak masyarakat untuk menikmati kopi premium dari berbagai daerah sekaligus mengenal lebih dalam budaya lokal yang melatarbelakanginya melalui secangkir kopi.
CEO Roemah Koffie, Felix TJ, menegaskan bahwa kopi bukan sekadar minuman, melainkan juga simbol identitas budaya dan interaksi sosial. Bahkan bisa dikatakan kopi telah menjadi tradisi yang melekat.
“Mengapa kopi bisa se-melekat itu? Karena kopi mencerminkan sejarah panjang dalam mempertahankan hubungan sosial dan simbol identitas budaya masyarakat tertentu,” ujar Felix.
Dia pun menyebutkan bahwa kekayaan budaya di balik kopi-kopi Nusantara menjadi inspirasi utama produk-produk Roemah Koffie. Roemah Koffie menjelajahi berbagai daerah penghasil kopi terbaik, seperti Gayo di Aceh, Mandheling di Sumatra Utara, hingga Flores di Nusa Tenggara Timur. Setiap daerah tak hanya menawarkan kualitas kopi unggulan, tetapi juga cerita budaya yang kaya.
Di tanah Gayo, misalnya, kopi dianggap sebagai bagian dari perjalanan spiritual, di mana proses menanam dan memanen kopi sering kali dilakukan dengan doa dan keyakinan akan izin Tuhan. Karena itu beberapa petani hanya akan menanam atau memanen kopi jika merasa sudah mendapat izin dari Tuhan.
Melalui Roemah Koffie, Felix ingin memperkenalkan budaya Indonesia lewat produk-produk kopi yang dihasilkan. “Budaya-budaya yang unik inilah yang kami rasa perlu diangkat dan diperkenalkan kepada dunia,” tuturnya.
Selain budaya-budaya tersebut, masih banyak lagi budaya Nusantara yang masih melekat di masyarakatnya. Lagu menjadi salah satu media yang efektif dalam budaya tersebut secara turun-temurun. Untuk merayakan dan melestarikan budaya lokal, Roemah Koffie memberi nama biji kopinya berdasarkan lagu-lagu daerah Indonesia, seperti Rambadia dari Bener Meriah, Aceh; Cublak Suweng dari Temanggung, Jawa Tengah; Tondiku dari Lintong Nihuta, Sumatra Utara; Kembanglah Bungo dari Kerinci, Jambi; Anak Daro dari Kerinci, Jambi; Laruik Sanjo dari Kerinci Jambi; Jaranan dari Temanggung, Jawa Barat; Bubuy Bulan dari Mekarwangi, Jawa Barat; dan Bolelebo dari Flores, Nusa Tenggara Timur.
Felix menjelaskan, bahwa pemilihan nama ini bertujuan untuk mengangkat lagu-lagu tradisional yang memiliki makna mendalam, sekaligus membuat pengalaman minum kopi menjadi lebih berkesan. Tak hanya itu, kisah di balik lagu-lagu ini juga akan diperkenalkan melalui video animasi sebagai bagian dari kampanye.
Campaign ini menjadi cara unik Roemah Koffie untuk memadukan tradisi dan inovasi. Dengan tagline “Rediscover Indonesia in Every Cup”, Roemah Koffie mengemas pelestarian budaya dengan cara yang menyenangkan dan relevan bagi generasi muda.
“Budaya Nusantara kaya akan filosofi dan tradisi yang unik. Kami ingin mengangkatnya melalui kopi, sehingga setiap cangkir memiliki cerita,” tambah Felix.
Roemah Koffie juga sangat mempertimbangkan praktek keberlanjutan lingkungan di dalam produksinya. Salah satu caranya adalah dengan merilis kopi kapsul dengan kemasan biodegradable, yang artinya dapat terurai secara alami dan membantu mengurangi dampak negatif limbah terhadap lingkungan. Produk ini akan tersedia dalam kemasan box terbaru Roemah Koffie.
Selain itu, untuk dapat menjangkau lebih banyak customer dan menyajikan produknya yang khas, Roemah Koffie juga bersiap membuka beberapa outlet baru. Beberapa lokasi baru tersebut termasuk S8 Tower Gading Serpong yang akan dibuka pada pertengahan Februari 2025, serta outlet di Puri Indah Mall 2 Jakarta Barat, Gunawarman Jakarta Selatan, dan PIK 2 Jakarta Utara.
Baca berita lainnya di Google News