Jakarta, INFOBRAND.ID- Menjadi perusahaan yang sehat tercermin dari pendapatan serta keuntungan yang dibukukan, serta bagaimana perusahaan terus berkembang. Memang, terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi laba perusahaan, salah satu faktor terpenting dan utama adalah keberadaan seorang pemimpinan yang menahkodai perusahaan.
Seperti salah satu nya adalah perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil menutup tahun buku 2022 dengan kinerja yang memuaskan melalui pertumbuhan positif baik dari sisi pendapatan, Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi (EBITDA), maupun laba bersih operasi. Perseroan membukukan pendapatan konsolidasian sebesar Rp147,31 triliun atau tumbuh sebesar 2,9% dibanding periode yang sama tahun lalu. EBITDA perseroan tercatat sebesar Rp78,99 triliun atau tumbuh 4,3% YoY dengan laba bersih operasi Rp25,86 triliun atau tumbuh 7,7% YoY.
Tak heran jika perusahaan ini mampu meraih penghargaan bergengsi yakni TOP Corporate Award 2023 yang di prakarsai oleh INFOBRAND.ID yang bekerja sama dengan lembaga riset TRAS N CO Indonesia yang dilakukan secara daring via zoom meeting, (2/08).
Sabri Rasyid, AVP External Communication at PT. Telkom Indonesia Tbk mengatakan “Telkom dapat menutup tahun 2022 dengan cukup baik, baik dari aspek kinerja keuangan maupun operasional. Pencapaian kinerja ini merupakan output dari fokus perusahaan dalam menjalankan strategi utama Five Bold Moves demi menciptakan nilai tambah serta pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan.”
Di tahun 2022, emiten berlogo TLKM ini berhasil mencatatkan pendapatan mencapai 147,3 triliun, dengan kontribusi digital business sebesar 81,9% dari total pendapatan. Segmen ini tumbuh positif 6,9% YoY mencapai Rp72,93 triliun dibanding periode yang sama di tahun 2021. Dari pendapatan yang diterima, perusahaan terbuka yang terdaftar di BEI pada tahun 1995 ini pun 2022 berhasil membukukan laba Rp27,68 triliun.
Sebagai upaya untuk membangun keunggulan perusahaan yang kompetitif pada domain bisnis Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Service, Telkom menginisiasi strategi utama Five Bold Moves. Strategi ini bertujuan untuk memperkuat posisi Perseroan sebagai perusahaan telekomunikasi digital telco kelas dunia, dengan tujuan jangka panjang untuk menciptakan nilai yang lebih tinggi bagi pemangku kepentingan.
Saat ini, Telkom berfokus pada inisiatif FMC (Fixed- Mobile Convergence), InfraCo, dan DC Co (Data Center) serta terus memperkuat fundamental untuk inisiatif B2B Digital IT Service Co dan DigiCo.
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia juga mengatakan, pertumbuhan kinerja keuangan yang konsisten hadir berkat strategi yang matang, visi yang jelas, dan kerja keras dari seluruh tim yang ada di suatu perusahaan.
“Selain itu, pencapaian suatu perusahaan juga disebabkan karena mereka berhasil memenangkan hati konsumen, yang kemudian memberi dampak positif terhadap citra dan reputasi sebuah Perusahaan.” jelasnya.
Hal inilah yang membuat pihaknya menyelenggarakan riset Index Data Riset Top Corporate Award 2023, yang dilakukan mulai April-Juni 2023. Dari riset tersebut, diketahui selama periode riset dilakukan Arpil – Juni 2023, terdapat 801 perusahaan terbuka (Tbk) yang terdaftar di bursa efek indonesia, dari jumlah itu sebanyak 738 perusahaan telah mempublikasikan laporan keuangannya untuk tahun buku 2022 dengan total akumulasi pendapatan seluruh perusahaan +-Rp5.100 triliun.