Senin, 25 Maret 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Tribunnews.com Berhasil Membangun Perspektif Lokal

Posted by: 13-03-2019 16:45 WIB 32 viewer

Tribunnews.com Berhasil Membangun Perspektif Lokal
Direktur PT Tribun Digital Online, Dahlan Dani

Tribunnews.com bertengger di ranking teratas versi Alexa Internet Inc. Prestasi ini diraih dengan perencanaan matang sebuah berita online dengan perspektif Indonesia yang terdiri dari 17.509 pulau, 1340 kelompok etnik. Bagi tribunnews.com,  fenomena itu bukan sekedar banyaknya pulau dan etnik, melainkan menyimpan sejumlah persoalan, baik buruk, benar salah.

Media-media di Indonesia selalu menangkap bahwa Indonesia merupakan satu value. Itu ada benarnya, tapi tidak menyentuh substansi. “Dengan sudut pandang itu, kita membuat kolam-kolam panggung Tribun buat ekspresi lokal itu tadi,” ungkap Dahlan Dahi, Direktur PT Tribun Digital Online (Tribunnews.com).

Tribunnews.com punya data dari Google Analytics tentang apa yang hangat dibicarakan di masing-masing daerah, khususnya di network tribunnews.com. Dengan data ini dapat diketahui apa yang populer di masing-masing daerah.

Menurut Dahlan,  kekuatan brand Tribun bukan di perspektif nasionalnya, tapi di network yang tersebar di lebih dari 20 kota di Indonesia. “Dan network itu adalah perspektif. Karena editor di masing-masing daerah memposting berita tentang daerahnya. Tapi  editor lokal juga bisa memposting berita nasional. Makanya tagline Tribunnews.com adalah Nasional Great, Lokal Persfektif,”papar Vice President Entertainment News KG Media ini.

Apakah strategi ini yang membuat tribunnews.com menjadi Top of Mind? “Kami belum membuat survey brand. Tapi itu hanya pendekatan kita dalam mengelola konten,” jelasnya.

Tak pelak, kekuatan perspektif lokal ini  membuat tribunnews.com berada di peringkat pertama saat ini. Bayangkan, pembaca unik (unique user)  Tribunnews.com  mencapai 136 juta per bulan. Itu yang menjelaskan kenapa Tribun berada pada ranking teratas versi Alexa. Sedangkan pengunjung per hari saat ini mencapai 12 juta untuk seluruh jaringan tribunnews.com.

Menurutnya, semua orang bisa membuat  website berita. Tribun, misalnya meng-empower local perspective. Di dalam local perspective, ada local community, ada lokal politisi dan sebagainya.

Ia menambahkan, reporter-reporter tribunnews.com itu biasa bekerja di suratkabar Tribun di daerah. Persoalannya bagaimana reporter tersebut memberi distribusi berita untuk Tribun online? “Sebetulnya tidak susah, karena game play-nya ada di pihak manajemen. Nah, itu transfromasi, membuat berita untuk suratkabar dan sekaligus membuat berita untuk online. Permasalahan terbesar soal organisasi adalah masalah habit,” katanya serius.

Dahlan mengungkap  rahasia bagaimana di awal transformasi Tribun menuju digital. “Pada 2010, semua reporter Tribun dibekali BlackBarry untuk bisa menulis berita di lapangan. Kemudian PC (personal computer) di kantor  dihilangkan. Di sinilah pentingnya leadership Sebab, kehadiran tribunnews.com berangkat dari suratkabar, sehingga harus menyesuaikan habit baru era digital ini,”.

Pada saat itu Key Performance Indicator (KPI) reporter dari tiga berita menjadi 10 berita perhari. Awalnya protes kecil. Tapi setelah diberi penjelasan akhirnya proses ini berjalan baik. []


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Tribunnews.com Berhasil Membangun Perspektif Lokal

Tribunnews.com Berhasil Membangun Perspektif Lokal
Tribunnews.com bertengger di ranking teratas versi Alexa Internet Inc. Prestasi ini diraih dengan perencanaan matang sebuah berita online dengan persp...


Konsisten Membangun Trust

Konsisten Membangun Trust
Pengembangan platform (mobile, app dan desktop) menjadi mutlak untuk  menciptakan user experience berbelanja yang menyenangkan. Kedua, memberikan...


85 Juta Pengunjung Tokopedia Dongkrak Exposure Brand

85 Juta Pengunjung Tokopedia Dongkrak Exposure Brand
Sinergi terus dilakukan Tokopedia dengan berbagai perusahaan untuk kemudahan konsumen di tanah air. Sekitar 85 juta orang berkunjung  setiap bula...


Bukalapak.com, Muda, Kreatif & Humble

Bukalapak.com, Muda, Kreatif & Humble
Diakui Achmad Zaky, CEO Bukalapak, bahwa ia ingin brand yang  dilahirkan identik dengan dirinya yang mewakili sosok muda yang kreatif dan humble....