Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ridwan Loemanto: Lingo Coffee, Dari Hobi Jadi Bisnis

Posted by: 4144 viewer

Ridwan Loemanto: Lingo Coffee, Dari Hobi Jadi Bisnis
Ridwan Loemanto, Owner CV Cipta Prima Abadi dengan merek produk Lingo Coffee

MEDAN, INFOBRAND.ID – Terkadang sebuah bisnis bisa berawal dari hobi si pemiliknya. Seperti halnya Lingo Coffee besutan Ridwan Loemanto asal Medan ini. Bisnis kopi yang baru dirintis sejak tahun lalu (2018) ini berawal dari sebuah kesenangan atau hobi pemiliknya dalam menikmati kopi, baik di rumah ataupun di coffee shop.

“Saya teringat awal ide ini disaat zaman lagi ngetrendnya buka café dan coffeeshop sambil ngobrol dengan teman terlintas untuk membuat brand kopi sendiri dengan nama Lingo Coffee,” kenang Ridwan dalam surat elektronik yang diterima INFOBRAND.ID beberapa waktu lalu.

Saat itu, kata dia, persaingan bisnis coffee shop di kota Medan sangat ketat. Sehingga dia mulai berpikir untuk menjual rasa yang berbeda dari merek lain dengan citarasa yang banyak disukai para pecinta kopi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Meski masih tergolong brand baru, tapi perusahaan yang bergerak di bidang Fast Moving Consumer Good (FMCG) produksi produk biji dan bubuk kopi premium asal Sumatera ini sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan sertifikasi Halal.

“Kami melayani dan supply ke café dan resto, pengembangan selanjutnya akan mengarah ke produk siap saji (ready to drink) langsung dari outlet Lingo Coffee Shop,” kata pria lulusan Product Designer di Australia ini.

Dalam pengembangan unit bisnisnya sendiri, Ridwan melanjutkan, pihaknya memanfaatkan media online seperti Instagram, Facebook dan Whatsapp Business dengan support offline dari sales door to door, tapi orientasi business to business.

Selain itu, brand kopi yang berada di bawah naungan CV Cipta Prima Abadi ini juga turut mendukung kegiatan yang diselenggarakan pihak swasta maupun pemerintah.  Bahkan bulan lalu saja, kata Ridwan, brand kopinya itu hadir untuk memenuhi undangan KJRI di Malaysia dan AEKI (Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia) untuk produk kopi Indonesia di acara PIHEC 2019 (Penang International Halal Expo Conference 2019).

Ridwan menargetkan, pihaknya akan membuka peluang kerjasama melalui jalur franchise coffee shop. Hal ini dilakukan untuk pengembangan produk dan pelayanan dari Lingo Coffee sendiri.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Dengan memanfaatkan perkembangan era digital, kami juga akan memasarkan produk ini sampai ke luar negeri. Karena kami melihat perindustrian produk kopi tetap akan berkembang dan berinovasi di masa yang akan datang,” tutup Ridwan. [ded]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Markette Hadirkan Gerai Pertama di Mal Kota Kasablanka

Markette Hadirkan Gerai Pertama di Mal Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Restoran kuliner Markette resmi meluncurkan gerai pertamanya di Mal Kota Kasablanka (Ground Floor, area Food Society), Jakarta...


OMG Luncurkan Matte Last Lip Cream dengan 18 Warna, Ini Kelebihannya

OMG Luncurkan Matte Last Lip Cream dengan 18 Warna, Ini Kelebihannya
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen lipstik lokal merek Oh My Glam (OMG) resmi meluncurkan OMG Matte Last Lip Cream yang tersedia dalam 18 warna (shades)...


Traveloka Hadirkan Flight Academy di KidZania

Traveloka Hadirkan Flight Academy di KidZania
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Traveloka secara resmi menghadirkan flight academy di KidZania Jakarta, untuk membawa pengalaman baru dari dunia penerbangan y...


Meluncur di Indonesia, Ini Banderol Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Meluncur di Indonesia, Ini Banderol Samsung Galaxy Tab S6 Lite
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Samsung Electronics Indonesia melengkapi jajaran tabletnya dengan meluncurkan produk terbaru, Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2024...