Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Hingga Awal 2024, Nasabah Pegadaian Didominasi Wanita Produktif

Posted by: 952 viewer

Hingga Awal 2024, Nasabah Pegadaian Didominasi Wanita Produktif
Pegadaian/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Pegadaian mencatat jumlah nasabahnya mencapai 25 juta hingga awal 2024, dengan persentase 65 persen di antaranya merupakan wanita berusia produktif.

“Saat ini sudah sampai 25 juta sampai awal 2024. Sebanyak 65 persen merupakan wanita,” kata Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan di Jakarta, kemarin.

Menurutnya lagi, sebagian besar pinjaman di Pegadaian digunakan untuk keperluan produktif, yang mencapai 94 persen hingga tahun 2023. Menurutnya meskipun jumlah gadai kecil, namun rata-rata digunakan untuk produktif.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Pinjaman di Pegadaian agak unik, karena orang datang ke Pegadaian itu untuk produktif. Jadi, kami 90 persen lebih itu untuk kredit produktif. Dalam arti meskipun gadainya hanya Rp5 juta atau Rp4 juta, tetapi memang untuk produktif,” ujarnya.

Damar menambahkan, nasabah Pegadaian mayoritas berusia di bawah 45 tahun atau mencapai 63 persen. Hal tersebut, kata Damar, menunjukkan bahwa banyak dari nasabah Pegadaian kredit produktif.

“Sedangkan 82 persen pinjaman gadai. Semua produk kami ada cuma bedanya dengan perbankan itu cuma satu yaitu kita tidak terima tabungan uang, tetapi tabungan emas kami terima,” jelasnya.

Damar melanjutkan, Outstanding Loan (OSL) Pegadaian hingga tahun 2023 mencapai Rp67,6 triliun. Data tersebut meningkat bila dibanding tahun 2022 tercatat Rp59,1 triliun.

Selain itu, lanjut Damar, kualitas pembiayaan Pegadaian pun dinilai semakin sehat dengan adanya penurunan NPL yang signifikan dari sebelumnya 1,2 persen di 2022 menjadi 0,85 persen di 2023.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah menambahkan bahwa pihaknya memiliki strategi untuk meningkatkan jumlah nasabah di tahun 2024.

Menurut Elvi, selain menggaet masyarakat kalangan menengah, pihaknya akan melakukan ekspansi menyasar nasabah prioritas dan privat dengan memaksimalkan bekerja sama yang telah dibangun bersama BRI grup.

“Kita juga menyalurkan program pemerintah kredit usaha rakyat (KUR), ini sebagai pintu masuk. Kemarin di tahun 2023 pertumbuhannya nasabah baru sampai dengan 30 persen sehingga ini menjadi channel untuk menambah jumlah nasabah,” paparnya.

Dikatakan Elvi lagi, pihaknya juga memiliki beragam layanan baru terutama untuk menyasar kaum milenial untuk menjadi nasabah baru di Pegadaian.

“Di sisi yang lain kami juga menyiapkan segmen baru terutama untuk milenial, bagaimana mengajak milenial untuk melak investasi,” tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand

Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menghadapi Generasi Z (Gen Z), yang dikenal sebagai digital natives, menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi berbagai b...


Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON

Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital saat ini, kebutuhan akan hiburan di rumah semakin menjadi prioritas bagi banyak individu. Dengan perkembangan t...


Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z

Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Salah satu mobil listri andalan Wuling, yakni Air EV menjadi mobil listrik favorit generasi Z dan berhasil meraih penghargaan...


Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif

Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen ban global untuk lini on-road dan off-road, BFGoodrich Indonesia baru-baru ini meluncurkan kolaborasi dengan brand fe...