Sabtu, 25 Mei 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Persiapan Peluncuran Satelit Merah Putih

Posted by: 06-08-2018 12:49 WIB 297 viewer

Persiapan Peluncuran Satelit Merah Putih
Abdus Somad Arief, Direktur Wholesale & International Service PT Telkom Indonesia

Hari H peluncuran Satelit Merah Putih sudah semakin dekat. Direncanakan tanggal 7 Agustus 2018 pukul 01.18 waktu Florida atau pukul 12.18 WIB tepat akan dilakukan lift-off atau peluncuran.

Apa saja sih yang dilakukan dalam rangka persiapan peluncuran satelit?
Yang sibuk kali ini bukan pembuat satelit tetapi perusahaan peluncur, dalam hal ini Space-X. Kenapa? Karena Satelit Merahputih sendiri sudah tuntas produksinya oleh Space System Loral (SSL) di Palo Alto AS.
Satelit Merahputih sudah "nongkrong" di markas Space-X di Cape Canaveral, Florida AS sejak awal Juli 2018 yang lalu.

Satelit Merahputih dikirim dari California ke Florida sejauh hampir 4700 km dengan menggunakan truk khusus, baik ukurannya maupun pengkondisiannya. Bisa dibayangkan, membawa satelit dengan bobot 5,8 ton dan harus dikondisikan mulai dari temperatur, kebersihan, minimum benturan, dlsb. Diperlukan waktu hampir 2 minggu untuk perjalanan itu.

Seminggu setelah satelit Merahputih sampai di Space-X dimulailah launch campaign, persiapan untuk launch-nya. Sementara itu Satelit Merahputih duduk manis di clean room Space-X menunggu diluncurkan.

Hari-hari menjelang peluncuran ini semua disibukkan dengan testing dan mating (menggabungan satelit dan peluncur).

Pada Kamis 2 Agustus 2018 yang lalu telah dilakukan rangkaian static fire test terhadap roket stage-1 dan stage-2. Test ini bertujuan untuk menguji bekerjanya engine roket-roket peluncur tersebut, kesiapan tim, environment, dll.

Static fire test dilakukan tanpa ada Satelit Merahputih di atasnya. Jadi hanya ada pesawat peluncur saja yang terdiri atas roket stage-1 dan stage-2. Metoda ini berbeda dengan kasus meledak dan terbakarnya Falcon-9 yang juga memusnahkan satelit milik Facebook tahun lalu. Pada waktu itu dilakukan static fire test dengan satelit Facebook terpasang di Falcon-9 dan test tersebut gagal sehingga terjadilah insiden itu.

Static test dilakukan dengan cara menyalakan roket peluncur selama 4 detik dengan benar-benar mengikuti prosedur launcing yang sebenarnya kemudian dimatikan lagi. Alhamdulillah semua test sudah dilakukan dan berjalan lancar dan sukses.

CTO Telkom Indonesia, pak Zulhelfi Abidin sebagai pejabat yang duduk di kursi CLD atau Customer Launch Director, dalam static fire test ini bertugas melakukan konfirmasi untuk GO/ NO GO dengan mengikuti petunjuk dari Space-X. Beliau juga yang akan bertugas melakukan konfirmasi pada saat peluncuran "beneran"nya nanti. Stress nggak? Ya lumayan. Beberapa pejabat Telkom sebelumnya juga pernah duduk di "kursi panas" itu.

Hari Jumat 3 Agustus 2018 akan dilakukan persiapan untuk mating yaitu mengintegrasikan roket stage-1, stage-2 dan fairing yang di dalamnya terpasang Satelit Merahputih. Di Space-X mating dilakukan dengan posisi pesawat "tidur" atau horisontal sehingga lebih hemat ruang. Kalau di Ariane-5 mating ini dilakukan dalam keadaan posisi pesawat berdiri vertikal sehingga diperlukan "hanggar" yang tinggi sekali.dan costly.

Selanjutnya hari Sabtu kemarin telah dilakukan mating itu sendiri, baik secara elektrik maupun fisik. Semua juga berjalan lancar, dan hari ini, Minggu waktu Florida akan dilaksanakan Launch Readiness Review. Setelah review itu selesai dan bila tidak ada kelainan maka praktis Satelit sudah siap diluncurkan. Tinggal menunggu jadwal sesuai dengan yang telah direncanakan.

Terdapat jeda waktu lebih kurang 1 hari menuju tanggal 7 Agustus sengaja oleh Space-X dikosongkan sebagai margin bila masih ada yang harus dilakukan.

Begitulah berita terakhir persiapan peluncuran Satelit Merahputih.

Memimpin dan memonitor proses disain, pembangunan, peluncuran, pengoperasian sebuah satelit termasuk perjuangan pengurusan slot orbit dll merupakan pengalaman yang luar biasa. Alhamdulillah saya berkesempatan mendapatkannya.

Satelit Merahputih menjadi pengalaman kedua saya setelah misi Satelit Telkom3S dapat kita selesaikan dengan baik tahun 2016. Saat ini Telkom3S sudah beroperasi dengan sangat baik. Kapasitas yang tersedia boleh dikatakan sudah terisi semua.

Alhamdulillah untuk Satelit Merahputih proses peluncurannya dilanjutkan oleh pak Zulhelfi Abidin yang juga sudah berpengalaman dengan BRISat. Saya InsyaAllah turut menyaksikannya secara langsung di Florida.

Mari kita doakan semua berjalan lancar, tidak ada masalah yang berarti dan Satelit Merahputih segera beroperasi, menunaikan tugasnya di 108°BT dengan baik demi kejayaan Indonesia, kejayaan Telkom Indonesia.

Aamiiin YRA

Florida, 5 Agustus 2018

Abdus Somad Arief

Direktur Director of Wholesale & International Service PT Telkom Indonesia


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Rahasia Agar Tetap Fokus Berkendara Selama Puasa

Rahasia Agar Tetap Fokus Berkendara Selama Puasa
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Menjalani aktivitas di tengah ibadah puasa menjadi tantangan besar bagi umat muslim di seluruh dunia. Terutama bagi mere...


Membangun Rencana Transformasi Bisnis Digital

Membangun Rencana Transformasi Bisnis Digital
INFOBRAND.ID - Penyesalan terbesar di dunia investor Silicon Valley adalah melewati kesempatan menanamkan modal di bisnis Facebook diawal pengembangan...


4 Cara Nikmati Liburan Keluarga Saat Ramadhan ala OYO Hotel

4 Cara Nikmati Liburan Keluarga Saat Ramadhan ala OYO Hotel
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Berpuasa bukanlah suatu halangan untuk bisa menikmati liburan. Apalagi, puasa tahun ini bertepatan dengan musim libur se...


6 Faktor Utama Agar Brand Bisa Tumbuh di Pasar Kompetitif

6 Faktor Utama Agar Brand Bisa Tumbuh di Pasar Kompetitif
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pada tahun 2018 lalu, perekonomian di Indonesia berkinerja cukup baik. Begitu juga dengan pasar FMCG (Fast Moving Consum...